Si Komandan, ATM Beras Kementerian Pertanian untuk Terdampak Covid-19

Berita Kawasan

Si Komandan, ATM Beras Kementerian Pertanian di Masa Pandemi

Kementerian Pertanian (Kementan) dan TNI AD meluncurkan ATM Beras Si Komandan bagi warga terdampak COVID-19. ATM Beras ini telah diletakkan di berbagai lokasi di daerah Jabodetabek, salah satunya di Kemayoran. Wakil Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Irwandi mengapresiasi langkah Kementan untuk membantu warga dengan cara ini.

"Ini sangat bagus yah, dalam satu bulan bisa 30kg beras yang akan didapatkan masyarakat. Saya berharap program ini bisa berjalan dengan baik. Ini merupakan program yang perlu kita dukung," ungkap Irwandi usai menghadiri peluncuran Si Komandan seperti dikutip dari pusat.jakarta.go.id (27/4/2020).

Menurutnya, dengan adanya Si Komandan ini pembagian bantuan bagi warga akibat mewabahnya COVID-19. jadi lebih praktis. Apalagi dalam satu hari pembagian beras gratis ini bisa untuk 1.000 orang.

Si Komandan, ATM Beras Kementerian Pertanian untuk Terdampak Covid-19

Walaupun begitu, Irwandi menyebutkan, harus ada peraturan untuk tata cara pengambilan beras agar warga tidak berkumpul saat mengambil beras gratis di ATM Si Komandan, mungkin salah satu caranya dengan menempatkan Si Komandan di tiap RT.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menerangkan, ATM Si Komandan ini merupakan program bantuan beras gratis bagi masyarakat. Penerima bantuan dapat mengambil beras sebanyak 1,5 kg per orang dari ATM yang tersebar di 12 Kodim yang ada di DKI Jakarta.

"Ini adalah sebuah bentuk panggilan bahwa kami hadir di tengah-tengah situasi yang sedang dihadapi bangsa ini. Apalagi, pandemi COVID-19.-19 telah menyerang seluruh dunia," sebut Syahrul.

[Baca Juga: Warga Terdampak COVID-19 Terima Bantuan dari Pemprov DIY]

Mesin ini menyediakan 1,5 ton beras yang dialokasikan untuk 1.000 orang per harinya. Kementan pun menyebutkan sudah suap mempersiapkan kebutuhan beras hingga dua bulan ke depan. Disebutkan pula, masyarakat juga bisa memperoleh beras gratis dengan kartu yang disediakan Bank Negara Indonesia (BNI).

Untuk mendapatkan kartu tersebut, warga bisa mendatangi Kodim terdekat dan mengecek apakah dirinya terdata sebagai penerima. Saat ini, mesin Si Komandan baru ditempatkan di 10 titik Kodim, yaitu

  1. Kodim 0501/Jakpus
  2. Kodim 0502/Jakut,
  3. Kodim 0503/Jakbar
  4. Kodim 0504/Jaksel
  5. Kodim 0505/Jaktim
  6. Kodim 0506/Tangerang
  7. Kodim 0509/Kab Bekasi
  8. Kodim 0508/Depok
  9. Kodim 0606/Kota Bogor
  10. Kodim 0621/Kab Bogor

Ke depannya, diharapkan mesin bida ditempatkan di 317 Kodim. Jika anggaran Kementan mencukupi, maka pihaknya berencana memperbanyak unit ATM tersebut supaya bisa mencakup 34 provinsi di Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021.jpg

Berita Kawasan

Wali Kota Risma Terus Genjot Perampungan Stadion Piala Dunia U-20 2021

10 August 2020, 14:00

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Risma menggelar sidak demi memasikan rampungnya stadion yang nanti jadi venue Piala Dunia U-20 2021 sesuai jadwal.

Sejarah dan Makna 5 Lomba Agustusan Sebagai Bentuk Perayaan Kemerdekaan

Berita Kawasan

Sejarah dan Makna 4 Lomba Agustusan, Bentuk Perayaan Kemerdekaan

10 August 2020, 13:03

Setelah intensitas perang kemerdekaan menurun dan Ibu Kota kembali dipindah ke Jakarta, perayaan kemerdekaan pun berlangsung meriah dengan mengadakan banyak lomba Agustusan.

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

Kesehatan

Obesitas Kala Pandemi Bisa Diatasi Setelah Ditemukan Penyebabnya

10 August 2020, 12:05

Orang dengan COVID-19 yang kelebihan berat badan atau obesitas memiliki peningkatan risiko komplikasi serius dan kematian.

Agustusan dengan 5 Film Drama Komedi Indonesia di Netflix

Hobi dan Hiburan

Agustusan dengan 5 Film Drama Komedi Indonesia di Netflix

09 August 2020, 19:00

Penasaran apa saja film komedi Indonesia yang bisa memeriahkan Agustusan Anda? Yuk simak daftarnya yang telah disusun PingPoint.co.id.


Comments


Please Login to leave a comment.