Si Komandan, ATM Beras Kementerian Pertanian untuk Terdampak Covid-19

Berita Kawasan

Si Komandan, ATM Beras Kementerian Pertanian di Masa Pandemi

Kementerian Pertanian (Kementan) dan TNI AD meluncurkan ATM Beras Si Komandan bagi warga terdampak COVID-19. ATM Beras ini telah diletakkan di berbagai lokasi di daerah Jabodetabek, salah satunya di Kemayoran. Wakil Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus) Irwandi mengapresiasi langkah Kementan untuk membantu warga dengan cara ini.

"Ini sangat bagus yah, dalam satu bulan bisa 30kg beras yang akan didapatkan masyarakat. Saya berharap program ini bisa berjalan dengan baik. Ini merupakan program yang perlu kita dukung," ungkap Irwandi usai menghadiri peluncuran Si Komandan seperti dikutip dari pusat.jakarta.go.id (27/4/2020).

Menurutnya, dengan adanya Si Komandan ini pembagian bantuan bagi warga akibat mewabahnya COVID-19. jadi lebih praktis. Apalagi dalam satu hari pembagian beras gratis ini bisa untuk 1.000 orang.

Si Komandan, ATM Beras Kementerian Pertanian untuk Terdampak Covid-19

Walaupun begitu, Irwandi menyebutkan, harus ada peraturan untuk tata cara pengambilan beras agar warga tidak berkumpul saat mengambil beras gratis di ATM Si Komandan, mungkin salah satu caranya dengan menempatkan Si Komandan di tiap RT.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menerangkan, ATM Si Komandan ini merupakan program bantuan beras gratis bagi masyarakat. Penerima bantuan dapat mengambil beras sebanyak 1,5 kg per orang dari ATM yang tersebar di 12 Kodim yang ada di DKI Jakarta.

"Ini adalah sebuah bentuk panggilan bahwa kami hadir di tengah-tengah situasi yang sedang dihadapi bangsa ini. Apalagi, pandemi COVID-19.-19 telah menyerang seluruh dunia," sebut Syahrul.

[Baca Juga: Warga Terdampak COVID-19 Terima Bantuan dari Pemprov DIY]

Mesin ini menyediakan 1,5 ton beras yang dialokasikan untuk 1.000 orang per harinya. Kementan pun menyebutkan sudah suap mempersiapkan kebutuhan beras hingga dua bulan ke depan. Disebutkan pula, masyarakat juga bisa memperoleh beras gratis dengan kartu yang disediakan Bank Negara Indonesia (BNI).

Untuk mendapatkan kartu tersebut, warga bisa mendatangi Kodim terdekat dan mengecek apakah dirinya terdata sebagai penerima. Saat ini, mesin Si Komandan baru ditempatkan di 10 titik Kodim, yaitu

  1. Kodim 0501/Jakpus
  2. Kodim 0502/Jakut,
  3. Kodim 0503/Jakbar
  4. Kodim 0504/Jaksel
  5. Kodim 0505/Jaktim
  6. Kodim 0506/Tangerang
  7. Kodim 0509/Kab Bekasi
  8. Kodim 0508/Depok
  9. Kodim 0606/Kota Bogor
  10. Kodim 0621/Kab Bogor

Ke depannya, diharapkan mesin bida ditempatkan di 317 Kodim. Jika anggaran Kementan mencukupi, maka pihaknya berencana memperbanyak unit ATM tersebut supaya bisa mencakup 34 provinsi di Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung 2.jpg

Kuliner

Mencicipi Kelezatan Iga Bakar si Jangkung di Bandung

07 December 2021, 18:02

Iga Bakar si Jangkung bisa dijadikan pilihan kuliner saat akan berkunjung ke Kota Bandung. Rasa yang ditawarkan begitu gurih dan lezat, apalagi sangat cocok disantap saat panas.

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara.jpg

Berita Kawasan

Banjir Rob Bayangin Warganya, Ini yang Dilakukan Pemkot Jakarta Utara

07 December 2021, 17:35

Dari mulai pompa hingga mengerahkan petugas untuk membersihkan sampah yang diakibatkan banjir rob menjadi bagian upaya Pemkot Jakarta Utara untuk tangani situasi ini.

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

Bisnis

Sabun Nature DK Sabun Mandi Pas Untuk Kulit Dengan Bahan Alami

07 December 2021, 17:05

Sabun Nature DK bisa dipakai untuk wajah dan tubuh. Fungsinya menutrisi dan membersihkan kulit kita jadi lebih mulus sehat dan wangi.

padepokan talangOK4.jpg

Pendidikan

Lama Mangkrak, Padepokan Silat Gunung Talang akan Dibangun Kembali

07 December 2021, 16:34

“Harapannya tahun depan terealisasi, dan lahan aset Pemkot Semarang ini bisa dimanfaatkan untuk sarana latihan para atlet, khususnya olahraga silat untuk mengasah kemampuan, sehingga berprestasi di ajang event olahraga.”


Comments


Please Login to leave a comment.