Siaga Bencana, Pemkot Tangsel Resmian Rumah Tahan Gempa

Properti dan Solusi

Siaga Bencana, Pemkot Tangsel Resmian Rumah Tahan Gempa

Tangerang Selatan merupakah salah satu lokasi yang berbatasan dengan daerah rawan gempa. Sehingga, diperlukan fasilitas untuk melindungi masyarakat dari hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, Pemerintah Kota Tangerang bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) meresmikan Rumah Komposit Tahan Gempa, di kelurahan Keranggan, kecamatan Setu pada Rabu, 16 Juni 2021.

Hal itu merupakan ikhtiar dari pemkot Tangerang demi menjaga keselamatan masyarakat yang ada di kota Tangerang Selatan. Pada peresmian bangunan rumah Kosmosit tersebut, turut hadir jajaran Petinggi BPPT dan Wali Kota Tangerang Selatan Benyamin Davnie.

Siaga Bencana, Pemkot Tangsel Resmian Rumah Tahan Gempa

Dikutip dari tangerangselatankota.go.id (17/6/2021), Benyamin menyampaikan bahwa saat ini Indonesia sedang menghadapi bencana non alam berupa pandemi COVID-19. "Setelah mengalami penurunan, saat ini, Indonesia mengalami kenaikan secara masif, termasuk kota Tangerang Selatan," ujar Benyamin.

Selain itu, ia juga menambahkan bahwa dari data yang didapatkan, bulan Mei lalu, Pemkot mencatat setidaknya ada 37 kematian yang diakibatkan dari COVID-19, sementara per bulan Juni ini, terdapat 47 kematian yang dari COVID-19 ini, artinya naik sebanyak 10 kematian akibat Covid di Tangsel," ujar Benyamin.

[Baca Juga: Negeri Seribu Gempa, Ini Mitigasi Bencana Gempa Bumi yang Perlu Diketahui Masyarakat]

Dalam menanggulangi bencana alam dan non alam, Pemerintah Kota Tangerang Selatan terus berupaya memberikan fasilitas publik yang mumpuni. Salah satunya yaitu dengan cara bekerja sama dengan BPPT pada saat ini.

Pada kesempatan yang sama, Kepala BPPT juga menjelaskan, pihaknya akan terus melahirkan produk-produk baru yang dapat bermanfaat untuk kehidupan sehari-hari dengan memanfaatkan perkembangan teknologi saat ini. Rumah Kosmosit ini telah dirancang melalui kajian dan penelitian. Dengan tujuan meminimalkan cedera bagi para penghuninya jika terjadi gempa.

Siaga Bencana, Pemkot Tangsel Resmian Rumah Tahan Gempa

Selain itu, ia juga menjelaskan bahwa bangunan rumah tersebut terbuat dari baja ringan anti karat. Sehingga nantinya dapat menjadi acuan bagi masyarakat kota Tangerang Selatan dalam membangun rumah. Tak hanya itu, model bangunan ini pun dinilai cukup aman dan kokoh untuk sebuah rumah nantinya.

Sebagai informasi tambahan, BPPT juga memberikan hibah berupa Mobil Lab BSL-2 yang dimanfaatkan untuk mendeteksi penyebaran COVID-19 untuk Tangsel.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.