Siap Dibuka untuk Pedagang Non-Pangan, Pasar Koja Baru Terapkan Hal Ini .jpg

Berita Kawasan

Siap Dibuka untuk Non-Pangan, Pasar Koja Baru Terapkan Hal Ini

Dengan melonggarnya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB DKI Jakarta, sudah semakin banyak tempat usaha yang mulai kembali dibuka untuk publik dengan aturan protokol kesehatan. Salah satunya adalah pasar yang sudah boleh memberikan izin para pedagang non-pangan berjualan kembali. Untuk di Jakarta Utara, pekan depan pedagang non-pangan sudah mulai diizinkan menggelar lapaknya di Pasar Koja Baru, sehingga pihak kelurahan serta pengelola pasar pun mengambil langkah demi mencegah kemungkinan penularan COVID-19.

Siap Dibuka untuk Pedagang Non-Pangan, Pasar Koja Baru Terapkan Hal Ini.jpg

Pengelola Pasar Koja Baru berencana untuk menerapkan kebijakan sistem ganjil genap untuk para pedagang non-pangan yang akan membuka lapaknya pada tanggal 15 Juni 2020. Berdasarkan kebijakan ini maka pedagang harus menyesuaikan nomor kios mereka dengan tanggal. Contohnya adalah pembukaan hari pertamanya yang jatuh di tanggal 15 sehingga pedagang non-pangan yang boleh berjualan adalah yang kiosnya memiliki nomor ganjil.

“Saya sudah buat surat edarannya dan besok akan ditempel di setiap kios tentang pengaturan jadwal operasional kios yang menggunakan sistem ganjil genap sesuai Pergub dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi,” jelas Manager Area 14 Pasar Koja Baru Ersityarni, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (11/6/2020).

[Baca Juga: Tegaskan PSBB, Pemkot Jakarta Utara Siap Tindak Pengusaha dan Ojol]

Pihak pengelola Pasar Koja Baru juga sudah mengatur kebijakan untuk pedagang non-pangan yang memiliki kios lebih dari satu. Menurut Estriyani, pemilik kios akan diberikan pilihan kios mana yang akan dibuka terlebih dahulu. Hal ini disebut penting demi memberikan jarak waktu pembukaan antara masing-masing kios.

“Dengan sistem ganjil genap ini saya minta kerja samanya dengan pedagang untuk mematuhi aturan tersebut dan ikut monitor kiri dan kanannya,” tuturnya. Pihak pengelola sendiri menegaskan, kebijakan ganjil genap ini mengikat dan harus diikuti, bahkan akan ada sanksi yang siap dijatuhkan jika dilanggar. Sanksi itu bisa berupa teguran sampai penutupan kios jika memang kebijakan ini tak diikuti secara berulang.

[Baca Juga: Tiga Lokasi di Jakarta Utara Ini Jadi Tempat Jaring Pelanggar PSBB]

Selain kebijakan ganjil genap, pihak Kelurahan Tugu Utara juga sudah mengambil langkah persiapan jelang pembukaan kios non-pangan. Dengan pihak kelurahan yang melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area Pasar Koja Baru dan Pasar Lontar demi pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

“Ini sebagai langkah antisipasi menjelang dibukanya kembali pasar non-pangan pada 15 Juni mendatang. Saya imbau kepada semua yang berada di area pasar untuk tetap menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak fisik,” pungkas Lurah tugu Utara Handayani.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.