Siap Dibuka untuk Pedagang Non-Pangan, Pasar Koja Baru Terapkan Hal Ini .jpg

Berita Kawasan

Siap Dibuka untuk Non-Pangan, Pasar Koja Baru Terapkan Hal Ini

Dengan melonggarnya Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB DKI Jakarta, sudah semakin banyak tempat usaha yang mulai kembali dibuka untuk publik dengan aturan protokol kesehatan. Salah satunya adalah pasar yang sudah boleh memberikan izin para pedagang non-pangan berjualan kembali. Untuk di Jakarta Utara, pekan depan pedagang non-pangan sudah mulai diizinkan menggelar lapaknya di Pasar Koja Baru, sehingga pihak kelurahan serta pengelola pasar pun mengambil langkah demi mencegah kemungkinan penularan COVID-19.

Siap Dibuka untuk Pedagang Non-Pangan, Pasar Koja Baru Terapkan Hal Ini.jpg

Pengelola Pasar Koja Baru berencana untuk menerapkan kebijakan sistem ganjil genap untuk para pedagang non-pangan yang akan membuka lapaknya pada tanggal 15 Juni 2020. Berdasarkan kebijakan ini maka pedagang harus menyesuaikan nomor kios mereka dengan tanggal. Contohnya adalah pembukaan hari pertamanya yang jatuh di tanggal 15 sehingga pedagang non-pangan yang boleh berjualan adalah yang kiosnya memiliki nomor ganjil.

“Saya sudah buat surat edarannya dan besok akan ditempel di setiap kios tentang pengaturan jadwal operasional kios yang menggunakan sistem ganjil genap sesuai Pergub dalam Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi,” jelas Manager Area 14 Pasar Koja Baru Ersityarni, sebagaimana dikutip dari utara.jakarta.go.id (11/6/2020).

[Baca Juga: Tegaskan PSBB, Pemkot Jakarta Utara Siap Tindak Pengusaha dan Ojol]

Pihak pengelola Pasar Koja Baru juga sudah mengatur kebijakan untuk pedagang non-pangan yang memiliki kios lebih dari satu. Menurut Estriyani, pemilik kios akan diberikan pilihan kios mana yang akan dibuka terlebih dahulu. Hal ini disebut penting demi memberikan jarak waktu pembukaan antara masing-masing kios.

“Dengan sistem ganjil genap ini saya minta kerja samanya dengan pedagang untuk mematuhi aturan tersebut dan ikut monitor kiri dan kanannya,” tuturnya. Pihak pengelola sendiri menegaskan, kebijakan ganjil genap ini mengikat dan harus diikuti, bahkan akan ada sanksi yang siap dijatuhkan jika dilanggar. Sanksi itu bisa berupa teguran sampai penutupan kios jika memang kebijakan ini tak diikuti secara berulang.

[Baca Juga: Tiga Lokasi di Jakarta Utara Ini Jadi Tempat Jaring Pelanggar PSBB]

Selain kebijakan ganjil genap, pihak Kelurahan Tugu Utara juga sudah mengambil langkah persiapan jelang pembukaan kios non-pangan. Dengan pihak kelurahan yang melakukan penyemprotan disinfektan di seluruh area Pasar Koja Baru dan Pasar Lontar demi pencegahan penyebaran virus SARS-CoV-2 penyebab COVID-19.

“Ini sebagai langkah antisipasi menjelang dibukanya kembali pasar non-pangan pada 15 Juni mendatang. Saya imbau kepada semua yang berada di area pasar untuk tetap menggunakan masker, cuci tangan pakai sabun, dan menjaga jarak fisik,” pungkas Lurah tugu Utara Handayani.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.