Siap Lakoni UTBK SBMPTN Rajin Berlatih dan Dapatkan 4 Manfaatnya

Pendidikan

Siap Lakoni UTBK SBMPTN? Rajin Berlatih dan Dapatkan 4 Manfaatnya

Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) memastikan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) 2020 tetap akan dilaksanakan meski jadwalnya diubah karena dampak pandemi COVID-19. Menurut surat edaran resmi LTMPT Nomor 11/SE.LTMPT/2020 yang diterbitkan pada 6 April lalu, Jadwal pendaftaran UTBK dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2020 berubah.

Demikian pula jadwal pengumuman SBMPTN 2020. Adapun jadwal UTBK dan SBMPTN 2020 yang terbaru adalah sebagai berikut:

  1. Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dilaksanakan pada tanggal 2-20 Juni 2020
  2. Pelaksanaan UTBK 2020 berlangsung pada 5-12 Juli 2020
  3. Pengumuman SBMPTN 2020 dilaksanakan pada 25 Juli 2020.

Siap Lakoni UTBK SBMPTN Rajin Berlatih dan Dapatkan 4 Manfaatnya

Lantas bagaimana persiapannya Pointers yang punye keinginan tinggi untuk bisa kuliah di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) ? tentunya, mengingat UTBK makin dekat maka persiapan harus makin matang seiring ujian yang udah mau di depan mata ya, Pointers.

Selain mengikuti bimbingan belajar atau les, rajin berlatih atau try out juga tidak kalah penting untuk dijalani agar persiapan menghadapi UTBK semakin matang, sehingga peluang untuk menjadi mahasiswa/i PTN pun makin besar.

[Baca Juga: Ikut SBMPTN 2019, Ini Syarat dan Pendaftarannya]

Dihimpun dari berbagai sumber, PingPoint.co.id, merangkum 4 manfaat rajin berlatih sebelum UTBK. Begini jabarannya:

1) Sarana Evaluasi Diri

Dengan sering berlatih, maka para pelajar yang hendak menjalani UTBK jadi lebih tahu letak kelemahan diri dan bisa memperbaiki. Tujuan dari melakukan try out atau berlatih itu bukan ajang unjuk gigi melainkan sarana buat evaluasi, sejauh mana kesiapan pelajar tersebut sampai saat ini.

Selain itu, dengan rajin berlatih atau ikut try out, maka calon peserta UTBK jadi memahami topik atau bidang mata pelajaran mana yang masih terbilang lemah, sehingga bisa lebih fokus belajar lebih banyak untuk menutupi kelemahan itu.

2) Pintar Atur Waktu

Salah satu ciri yang peserta atau pelajar yang rajin mengikuti latihan atau try out terlihat dari bagaimana peserta itu memanfaatkan waktu ujian yang sangat terbatas dengan optimal. Sebaliknya jika malas latihan, pastinya akan kesulitan atur waktu karena belum terbiasa.

Dengan rajin berlatih tentunya pelajar atau peserta UTBK tersebut dapat dipastikan bisa menemukan banyak insights dalam hal time management. Selanjutnya, pun akan lebih hati-hati memanfaatkan waktu, jadi seluruh topik materi bisa dikerjakan secara optimal.

[Baca Juga: Jelang SBMPTN, Begini Cara Atasi Perbedaan Pilihan Anak dan Orangtua]

3) Melatih Mental dan Konsentrasi

Latihan atau try out itu prinsipnya seperti simulator ujian. Semakin sering menjalani latihan atau mengikuti try out maka pelajar atau calon peserta UTBK akan punya daya fokus dan konsentrasi yang terlatih saat mengerjakan soal UTBK yang sulit. Mental pun juga jadi terbiasa dengan situasi tersebut.

4) Lebih Realistis

Rajin berlatih pun bisa membuka daya pikir juga meningkatkan rasa kesadaran diri. Karena latihan atau try out adalah alat refleksi terhadap target jurusan dan universitas yang diinginkan. Tanpa bermaksud untuk mengecilkan cita-cita tinggi yang berharap bisa masuk ke jurusan dan universitas favorit, tapi, menetapkan target yang realistis sesuai dengan kemampuan juga penting dan salah satu faktor yang menentukan kesuksesan saat pengumuman SBMPTN nanti.

Read More

Artikel Lainnya

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video .jpg

Berita Kawasan

Hari Ulang Tahun Kota Bogor Dirayakan Via Konferensi Video

06 June 2020, 13:00

Di ulang tahun ke 538, Hari Jadi Bogor dirayakan dengan sederhana tak seperti biasanya karena terselenggara di tengah pandemi.

berjalan tertib, begini prosedur rapid test di sukolilo2.jpg

Berita Kawasan

Berjalan Tertib, Begini Prosedur Rapid Test di Sukolilo

06 June 2020, 12:00

Sepekan sudah uji cepat dan uji swab dilakukan di penjuru Surabaya. Pelaksanaan relatif berlangsung tertib, seperti yang terjadi di kawasan Terminal Keputih Sukolilo.

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli .jpg

Berita Kawasan

Kota Bekasi Perpanjang PSBB Kembali Hingga 2 Juli

06 June 2020, 11:00

Sembari menjalankan masa new normal, Kota Bekasi kembali memperpanjang masa PSBB selama 28 hari

Begini Caranya Atasi Wajah Berminyak Secara Alami Lidah Buaya

Berita Kawasan

Baru! Kota Malang Ciptakan Kampung Aloe vera di Masa Pandemi COVID-19

06 June 2020, 10:46

Kampung Aloe vera diinisiasi Pertamina Fuel Terminal Malang melalui Program Coorporate Social Responsibility (CSR) yang bekerja sama dengan Universitas Muhammadiyah Malang (UMM)


Comments


Please Login to leave a comment.