Siap PSBB, Kota Batu Bakal Tutup Akses Jalan Dewi Sartika

Berita Kawasan

Siap PSBB, Kota Batu Bakal Tutup Akses Jalan Dewi Sartika

Jalan Dewi Sartika Kota Batu, Malang akan ditutup. Jalan Dewi Sartika atau depan pasar akan ditutup total mulai pukul 03.00 hingga 06.00. Upaya penutupan yang segera akan diterapkan Pemkot Batu itu guna memaksimalkan physical distancing. Penutupan akses jalan tersebut nantinya akan memperluas area pedagang yang berjualan. Karena selama COVID-19 para pedagang tidak menjaga jarak saat berjualan.

Melansir laman malang-post.com (30/04/2020), Pemkot Batu bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Pasar melakukan rapat koordinasi untuk mencari bagaimana langkah terbaik dalam penataan pedagang agar berjarak. "Ketika jalan ditutup, bisa digunakan pedagang untuk berjualan. Pemberlakuan ini khusus untuk pasar pagi, semua demi pencegahan COVID-19 berjalan maksimal," ujar Wali Kota Batu Dewanti Rumpoko.

Siap PSBB, Kota Batu Bakal Tutup Akses Jalan Dewi Sartika

Upaya penutupan akses jalan tersebut segera terealisasi setelah penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) dilakukan di Malang. Terkait PSBB, Kepala tiga daerah di Malang Raya, Kota/Kabupaten Malang dan Kota Batu telah menyepakatinya, tapi masih menunggu pengawalan Gubernur Jatim ke Kemenkes.

"Meski sebetulnya belum ada pemberlakuan PSBB, Kota Batu sudah terlebih dahulu memberlakukan. Misal penutupan tempat wisata dan hotel, membatasi salat Jumat di Masjid. Itu luar biasa," urai Dewanti.

[Baca Juga: Hentikan Penyebaran COVID-19, HIPAKAD di Kota Malang Bagikan APD]

Dewanti mengungkapkan pihaknya mendukung pemberlakukan PSBB karena ada dasar hukum yang jelas. Sehingga ketika nanti ada pelanggaran bisa menerapkan sanksi tegas. "Selama ini masih sebatas imbauan. Intinya PSBB untuk penerapan sanksi lebih tegas karena ada dasar hukumnya," imbuhnya.

Meski nanti Kota Batu tidak masuk kategori PSBB, hal tersebut bukan jadi masalah. Pihaknya tetap sepakat dengan dua daerah lainnya agar pencegahan COVID-19 bisa maksimal.
Sementara itu, Sekretaris Pasar Pagi, Deni Tri Hariyono menyampaikan, pedagang akan diajak rapat untuk membicarakan rencana physical distancing bersama UPT Pasar.

"Jika diberlakukan itu bukan masalah. Selama pedagang masih bisa berjualan. Karena untuk pasar pagi ada 995 pedagang yang berjualan mencari nafkah," pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.