Akhir Tahun, Cibinong Punya Kebun Raya Baru

Berita Kawasan

Siap-siap, Akhir Tahun Nanti Cibinong Punya Kebun Raya Baru

Cibinong, Kabupaten Bogor sebentar lagi akan memiliki Kebun Raya. Hal itu setelah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Pemerintah Kabupaten Bogor sedang gencar-gencarnya menyiapkan infrastruktur dan fasilitas sebagai penunjang Kebun Raya Cibinong.

Rencananya, Kebun Raya Cibinong ini akan dibuka pada akhir tahun ini atau sekitar bulan November 2020. Sebab menurut Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, saat ini kebun raya Cibibnong masih dalam tahap penataan, di antaranya infrastruktur jalan, fasilitas umum, dan penanaman tumbuhan langka di area seluas sekitar 60 hektare. "Kita sih pengennya November ini bisa dibuka, ya paling lambat akhir tahun ini," kata Tri.

[Baca Juga: Percaya Mitos? Kunjungi Kebun Raya Bogor]

Yang membedakan Kebun Raya Cibinong dengan Kebun Raya Bogor ada di berbagai fasilitasnya. Di Kebun Raya Cibinong, nantinya akan dibangun fasilitas greenhouse raksasa. Di samping sarana rekreasi yang sehat, pengunjung juga bisa melihat para peneliti di LIPI yang sedang penelitian.

"Nanti terintegrasi dengan eduwisata. Kan disini banyak tempat risetnya, jadi terintegrasi dan belum ada di tempat lain. Pengunjung bisa melihat langsung para peneliti di LIPI sedang meneliti spesimen," jelas Tri.

Akhir Tahun, Cibinong Punya Kebun Raya Baru

Kebun Raya seluas 60 hektare ini juga berfungsi sebagai tempat koleksi, pemeliharaan, penangkaran berbagai jenis tumbuhan dalam rangka membentuk dan mengembangkan habitat baru serta pelestarian jenis tumbuhan di Indonesia.

Tri berharap, kehadiran Kebun Raya Cibinong mampu melengkapi keanekaragaman hayati yang tak dimiliki Kebun Raya Bogor.

Untuk diketahui, Kebun Raya Cibinong menjadi kebun botani ke-6 yang dikelola LIPI. Selain Kebun Raya Cibinong, Lipi juga mengelola Kebun Raya Bogor, kemudian berkembang pula Kebun Pegunungan Cibodas dan Bedugul Bali, serta Kebun Dataran Rendah Kering Purwodadi.

[Baca Juga: Kenapa Berkebun dapat Membuat Relaks?]

Selain itu, LIPI juga telah mengembangkan Kebun Botani Puspiptek Serpong, sebuah kawasan kebun botani yang menyatu dengan kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong.

Sesuai arahan dari Bupati Bogor, Ade Yasin, rencananya Kebun Raya Cibinong akan diberi nama Cibinong Science Center Botanical Garden (CSC-BG). Kebun botani ini juga akan melengkapi daftar destinasi wisata Kabupaten Bogor sebagai The City of Sport and Tourism.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.