Akhir Tahun, Cibinong Punya Kebun Raya Baru

Berita Kawasan

Siap-siap, Akhir Tahun Nanti Cibinong Punya Kebun Raya Baru

Cibinong, Kabupaten Bogor sebentar lagi akan memiliki Kebun Raya. Hal itu setelah Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) bersama Pemerintah Kabupaten Bogor sedang gencar-gencarnya menyiapkan infrastruktur dan fasilitas sebagai penunjang Kebun Raya Cibinong.

Rencananya, Kebun Raya Cibinong ini akan dibuka pada akhir tahun ini atau sekitar bulan November 2020. Sebab menurut Kepala LIPI Laksana Tri Handoko, saat ini kebun raya Cibibnong masih dalam tahap penataan, di antaranya infrastruktur jalan, fasilitas umum, dan penanaman tumbuhan langka di area seluas sekitar 60 hektare. "Kita sih pengennya November ini bisa dibuka, ya paling lambat akhir tahun ini," kata Tri.

[Baca Juga: Percaya Mitos? Kunjungi Kebun Raya Bogor]

Yang membedakan Kebun Raya Cibinong dengan Kebun Raya Bogor ada di berbagai fasilitasnya. Di Kebun Raya Cibinong, nantinya akan dibangun fasilitas greenhouse raksasa. Di samping sarana rekreasi yang sehat, pengunjung juga bisa melihat para peneliti di LIPI yang sedang penelitian.

"Nanti terintegrasi dengan eduwisata. Kan disini banyak tempat risetnya, jadi terintegrasi dan belum ada di tempat lain. Pengunjung bisa melihat langsung para peneliti di LIPI sedang meneliti spesimen," jelas Tri.

Akhir Tahun, Cibinong Punya Kebun Raya Baru

Kebun Raya seluas 60 hektare ini juga berfungsi sebagai tempat koleksi, pemeliharaan, penangkaran berbagai jenis tumbuhan dalam rangka membentuk dan mengembangkan habitat baru serta pelestarian jenis tumbuhan di Indonesia.

Tri berharap, kehadiran Kebun Raya Cibinong mampu melengkapi keanekaragaman hayati yang tak dimiliki Kebun Raya Bogor.

Untuk diketahui, Kebun Raya Cibinong menjadi kebun botani ke-6 yang dikelola LIPI. Selain Kebun Raya Cibinong, Lipi juga mengelola Kebun Raya Bogor, kemudian berkembang pula Kebun Pegunungan Cibodas dan Bedugul Bali, serta Kebun Dataran Rendah Kering Purwodadi.

[Baca Juga: Kenapa Berkebun dapat Membuat Relaks?]

Selain itu, LIPI juga telah mengembangkan Kebun Botani Puspiptek Serpong, sebuah kawasan kebun botani yang menyatu dengan kawasan Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Puspiptek) Serpong.

Sesuai arahan dari Bupati Bogor, Ade Yasin, rencananya Kebun Raya Cibinong akan diberi nama Cibinong Science Center Botanical Garden (CSC-BG). Kebun botani ini juga akan melengkapi daftar destinasi wisata Kabupaten Bogor sebagai The City of Sport and Tourism.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.