Siapkan 5 Kamera, Kabupaten Bekasi Makin Serius Garap E-Tilang

Berita Kawasan

Siap-Siap, Kabupaten Bekasi Terapkan E-Tilang Pertengan Maret 2021

Bagi pengemudi sepeda motor dan mobil di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat tidak bisa lagi sembarang ketika berkendara, pasalnya Kepolisian Resor Metro Bekasi mulai menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) atau E-Tilang pada pertengahan Maret 2021.

Lokasi E-Tilang akan ditempatkan di empat titik di wilayah Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, yaitu di Perempatan Polres Metro Bekasi, Jalan KH Dewantara, Simpang Sentra Grosir Cikarang (SGC) Jalan RE Martadinata, Perempatan EJIP, dan Perempatan jalur menuju Komplek Perkantoran Pemerintah Kabupaten Bekasi.

Siapkan 5 Kamera, Kabupaten Bekasi Makin Serius Garap E-Tilang

Untuk tahap pertama saat ini Kepolisian bersama Pemerintah Kabupaten Bekasi telah memasang beberapa kamera E-TLE di perempatan Jalan RE Martadinata tepatnya depan perempatan SGC. ”Lokasi itu jadi titik sentral arus lalu lintas kendaraan, sehingga dijadikan awal penerapan sebelum nanti diterapkan di titik lain,” kata Kepala Satuan Lalulintas Polres Metro Bekasi, AKBP Ojo Ruslan dalam keterangan yang diterima PingPoint.co,id (6/3/2021).

Tambah Ojo, penerapan E-Tilang dalam rangka menjalankan program Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yaitu terkait dengan penegakan hukum yang transparan di bidang lalu lintas yang akan dimulai pada pertengahan Maret 2021.

[Baca Juga: Siapkan 5 Kamera, Kabupaten Bekasi Makin Serius Garap E-Tilang]

Adapun sejumlah pelanggaran yang dapat direkam seperti pelanggaran marka jalan, penggunaan saat mengemudi dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan sabuk pengaman. “Saat ini kami masih melakukan sosialisasi tilang elektronik tersebut,” katanya.

Sementara itu Pemerintah Kabupaten Bekasi mendukung upaya Polres Metro Bekasi menerapkan tilang elektronik untuk para pengendara yang melanggar aturan lalu-lintas.

Sekretaris Dinas Komunikasi Informatika Persandian dan Statistik (Diskominfosantik) Kabupaten Bekasi, Ade Komarudin mengatakan, sebanyak 10 unit CCTV yang sudah dilengkapi dengan teknologi intelligent video analytic yang langsung dipantau oleh pihak kepolisian. “Kami mendukung dan supporting. Terlebih, untuk e- tilang ini keterkaitannya dengan smart city. Program ini merupakan kerja sama antara pihak kepolisian dan Diskominfo. Untuk pengadaan alat, ada di kita. Sistem sendiri, langsung dari pihak Polres,” katanya.

[Baca Juga: Bisakah Sistem E-Tilang Tingkatkan Etika Berkendara Warga Jakarta?]

Nantinya kamera pengawas akan beroperasi selama 24 jam penuh, para pengemudi sepeda motor ataupun mobil yang ketahuan melanggar akan terekam CCTV, dimana bukti pelanggaran akan dikirimkan ke alamat pemilik kendaraan.

Sementara penyelesaian tilang akan dibayarkan melalui Bank yang telah ditunjuk Pemerintah, apabila denda tidak dibayar maka pajak kendaraan akan diblokir oleh Kepolisian.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.