Siap-Siap, LRT Akan Melintas Hingga Ke Bogor

Berita Kawasan

Siap-Siap, LRT Akan Melintas Hingga Ke Bogor!

Proyek Lintas Rel Terpadu Jabodebek atau disingkat LRT Jabodebek adalah sebuah sistem angkutan cepat dengan kereta api ringan yang disebut lintas raya terpadu (LRT) yang telah beroperasi di daerah Kelapa Gading hingga Rawamangun. Bukan hanya beroperasi di Ibu Kota, LRT juga rencananya akan menghubungkan Jakarta dengan daerah di sekitarnya.

Siap-Siap, LRT Akan Melintas Hingga Ke Bogor

Pemerintah merencanakan untuk terus mengembangkan LRT ke daerah penyangga. Pada tahap pertama, terdapat tiga lintasan, yakni lintas Cawang-Cibubur sebesar 86,2 persen, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 58,3 persen, dan lintas Cawang-Bekasi Timur sebesar 60,5 persen. Tiga lintasan yang masuk dalam tahap pertama akan ditargetkan selesai pada tahun 2021.

Melansir dari ayobogor.com (12/11/2019) Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan, pembangunan LRT tahap kedua akan dilakukan hingga Bogor dan diperkirakan, pembangunan jalur LRT relatif lebih cepat lantaran tidak menggunakan jalan layang.

[Baca Juga: Akhir Oktober 2019, LRT Cawang-Cibubur Mulai Beroperasi]

PT Adhi Karya Persero Tbk, pengembang LRT Jabodebek siap mengeksekusi proyek LRT tahap dua yang membentang 25 KM dari Cibubur-Sentul-Bogor seperti dikutip dari cnbcindonesia.com. Luhut pun optimistis proyek LRT dapat beroperasi pada tahun 2021. Sebab, pada tahun ini pengembang beserta PT Kereta Api Indonesia sudah mulai melakukan proses uji coba.

Luhut menyebutkan, dirinya sangat bekerja keras untuk proyek LRT karena proyek ini merupakan buah karya anak lokal yang mengedepankan konten lokal. Dirinya menyebutkan, yang membuat LRT adalah Inka di Madiun serta otaknya dibuat LEN kerja sama dengan Spanyol.

Siap-Siap, LRT Akan Melintas Hingga Ke Bogor

"Kita harus bangga jadi orang Indonesia. Karena, kita selalu dininabobokan dengan hanya ekspor material raw, sekarang kita sudah mulai bicara hilirisasi," kata Luhut.

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto menyebutkan, pihaknya siap menjalankan LRT tahap kedua. Namun saat ini, kedua LRT yang menghubungkan Cibubur-Bogor masih dalam proses desain. "Tinggal nanti instruksi pemerintah kapan mulai, kami siap menjalankan," kata Budi.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terus Kaji Persiapan Proyek LRT]

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan mnegenai penyesuaian tarif LRT agar dibuat terjangkau. Awalnya, direncanakan tarif LRT berada pada kisaran Rp12.000, namun menurutnya angka tersebut masih bisa diturunkan.

"Tarif sementara perhitungannya Rp12.000, tapi nanti kita melakukan suatu justifikasi menjelang operasional," kata Budi Karya. Budi menjelaskan, tarif ditentukan dari berbagai aspek yang jadi bahan pertimbangan, misalnya dari asumsi jumlah penumpang.


Read More

Artikel Lainnya

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022.jpg

Kesehatan

Kota Tangerang Sukses Turunkan Jumlah Kasus Stunting di Tahun 2022

26 January 2023, 11:25

Pemkot Tangerang baru-baru ini mengungkap data yang menunjukan bahwa pihaknya telah berhasil secara perlahan menurunkan jumlah kasus stunting di wilayahnya.


Comments


Please Login to leave a comment.