Siap-Siap, LRT Akan Melintas Hingga Ke Bogor

Berita Kawasan

Siap-Siap, LRT Akan Melintas Hingga Ke Bogor!

Proyek Lintas Rel Terpadu Jabodebek atau disingkat LRT Jabodebek adalah sebuah sistem angkutan cepat dengan kereta api ringan yang disebut lintas raya terpadu (LRT) yang telah beroperasi di daerah Kelapa Gading hingga Rawamangun. Bukan hanya beroperasi di Ibu Kota, LRT juga rencananya akan menghubungkan Jakarta dengan daerah di sekitarnya.

Siap-Siap, LRT Akan Melintas Hingga Ke Bogor

Pemerintah merencanakan untuk terus mengembangkan LRT ke daerah penyangga. Pada tahap pertama, terdapat tiga lintasan, yakni lintas Cawang-Cibubur sebesar 86,2 persen, lintas Cawang-Kuningan-Dukuh Atas sebesar 58,3 persen, dan lintas Cawang-Bekasi Timur sebesar 60,5 persen. Tiga lintasan yang masuk dalam tahap pertama akan ditargetkan selesai pada tahun 2021.

Melansir dari ayobogor.com (12/11/2019) Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyebutkan, pembangunan LRT tahap kedua akan dilakukan hingga Bogor dan diperkirakan, pembangunan jalur LRT relatif lebih cepat lantaran tidak menggunakan jalan layang.

[Baca Juga: Akhir Oktober 2019, LRT Cawang-Cibubur Mulai Beroperasi]

PT Adhi Karya Persero Tbk, pengembang LRT Jabodebek siap mengeksekusi proyek LRT tahap dua yang membentang 25 KM dari Cibubur-Sentul-Bogor seperti dikutip dari cnbcindonesia.com. Luhut pun optimistis proyek LRT dapat beroperasi pada tahun 2021. Sebab, pada tahun ini pengembang beserta PT Kereta Api Indonesia sudah mulai melakukan proses uji coba.

Luhut menyebutkan, dirinya sangat bekerja keras untuk proyek LRT karena proyek ini merupakan buah karya anak lokal yang mengedepankan konten lokal. Dirinya menyebutkan, yang membuat LRT adalah Inka di Madiun serta otaknya dibuat LEN kerja sama dengan Spanyol.

Siap-Siap, LRT Akan Melintas Hingga Ke Bogor

"Kita harus bangga jadi orang Indonesia. Karena, kita selalu dininabobokan dengan hanya ekspor material raw, sekarang kita sudah mulai bicara hilirisasi," kata Luhut.

Direktur Utama PT Adhi Karya (Persero) Tbk Budi Harto menyebutkan, pihaknya siap menjalankan LRT tahap kedua. Namun saat ini, kedua LRT yang menghubungkan Cibubur-Bogor masih dalam proses desain. "Tinggal nanti instruksi pemerintah kapan mulai, kami siap menjalankan," kata Budi.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terus Kaji Persiapan Proyek LRT]

Menteri Perhubungan Budi Karya mengatakan mnegenai penyesuaian tarif LRT agar dibuat terjangkau. Awalnya, direncanakan tarif LRT berada pada kisaran Rp12.000, namun menurutnya angka tersebut masih bisa diturunkan.

"Tarif sementara perhitungannya Rp12.000, tapi nanti kita melakukan suatu justifikasi menjelang operasional," kata Budi Karya. Budi menjelaskan, tarif ditentukan dari berbagai aspek yang jadi bahan pertimbangan, misalnya dari asumsi jumlah penumpang.

Read More

Artikel Lainnya

Gojek-Gandeng-JumpaPay-Luncurkan-Inovasi-Layanan-GoService.jpeg.jpg

Bisnis

Gojek Rangkul JumpaPay Untuk Menggagas Layanan GoService

13 July 2020, 20:00

Layanan GoService yang diluncurkan hari ini diharapkan dapat memudahkan proses pengurusan administrasi surat kendaraan bermotor.

happyfresh-deliveryman.jpg

Bisnis

Kini Happyfresh Hadir di Bukalapak Untuk Mudahkan Belanja Kebutuhan Sehari-hari

13 July 2020, 19:00

Aktivitas berbelanja kebutuhan sehari-hari lebih banyak dilakukan secara online di masa pandemi. Hal ini yang diseriusi oleh HappyFresh dengan menggandeng Bukalapak.

Sony WF-SP800N Usung Teknologi Mutakhir Guna Temani Kegiatan Konsumen Aktif

Bisnis

Sony WF-SP800N Usung Teknologi Mutakhir Guna Temani Kegiatan Konsumen Aktif

13 July 2020, 18:00

Bidik para pecinta olahraga, Sony menghadirkan headphone nirkabel yang inovatif dan praktis untuk digunakan setiap saat.

Rayakan Hari Jadinya, Avrist Assurance Ulurkan Tangan di 11 Kota .jpg

Bisnis

Rayakan Hari Jadinya, Avrist Assurance Ulurkan Tangan di 11 Kota

13 July 2020, 17:00

Perusahaan Avrist Assurance baru-baru ini menggelar aksi sosialnya di 11 kota Indonesia dalam rangka merayakan hari jadinya yang ke-45.


Comments


Please Login to leave a comment.