Siap-siap, Mal Di Jakarta Akan Kembali Beroperasi Mulai 8 Juni 2020

Berita Kawasan

Siap-siap, Mal di Jakarta Akan Kembali Beroperasi Mulai 8 Juni 2020

Sudah sekitar satu bulan lebih DKI Jakarta menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Selama PSBB berlangsung, sejumlah tempat hiburan dan juga pusat perbelanjaan ditutup untuk sementara waktu. Otomatis hal itu membuat perekonomian Ibu Kota menurun.

Kini, untuk memulihkan kembali perekonomian yang sempat lesu selama pandemi COVID-19, rencananya pusat perbelanjaan atau mal di Jakarta akan kembali beroperasi pada 8 Juni 2020. Ketua Umum Himpunan Penyewa Pusat Perbelanjaan Indonesia (Hippindo) Budihardjo Iduansjah mengatakan, rencana pembukaan kembali mal di Jakarta telah berdasarkan kajian awal yang dilakukan Kementerian Koordinator Bidang Perekomonomian (Kemenko Perekonomian).

[Baca Juga: Cek Penerapan PSBB di Jakarta, 8 Gedung Perkantoran dan Mal Disidak]

"Tanggal (pembukaan) jika tidak ada perubahan jadwal, maka mal di Jakarta kemungkinan sudah bisa kembali beroperasi pada 8 Juni, sesuai dengan kajian. Sampai dengan saat ini masih berdasarkan kajian Kemenko Perekonomian itu," ujar Budihardjo dalam keterangan tertulis yang diterima PingPoint (18/5/2020).

Siap-siap, Mal Di Jakarta Akan Kembali Beroperasi Mulai 8 Juni 2020

Menurutnya, berdasarkan kajian awal Kemenko Perekonomian, pemulihan perekonomian dilakukan dalam lima fase, yaitu sebagai berikut:

  • Fase 1, membuka kembali operasional industri dan jasa bisnis ke bisnis (B2B) pada 1 Juni 2020
  • Fase 2, membuka toko, pasar, dan mal pada 8 Juni 2020
  • Fase 3, sekolah dan tempat kebudayaan dibuka pada 15 Juni 2020
  • Fase 4, tempat ibadah akan dibuka pada 6 Juli 2020
  • Fase terakhir pada 20 dan 27 Juli 2020 semua sektor ekonomi diharapkan sudah bisa beroperasi dengan normal

[Baca Juga: Lagi, Pemprov DKI Segel Perusahaan yang Langgar PSBB]

Jika jadi dibuka pada tanggal 8 Juni nanti, pihaknya pun akan mengimbau kepada seluruh pemilik mal untuk tetap menerapkan beberapa protokol kesehatan yang telah ditetapkan pemerintah seperti, membatasi jumlah pengunjung di setiap gerai di dalam mal. Selain itu, pengunjung yang datang pun diupayakan berjarak 2 meter dengan pengunjung lainnya.

Butuh Persiapan Matang

Sementara itu, Asosiasi Pengelola Pusat Belanja Indonesia (APPBI) DKI Jakarta mengaku siap mengikuti arahan dan persyaratan terkait pembukaan kembali mal di Jakarta. Namun yang harus diperhatikan adalah kesiapan para tenant (penyewa) untuk kembali membuka tokonya.

Ketua APPBI Ellen Hidayat mengatakan, paling tidak butuh waktu satu minggu untuk persiapan sebelum mal dibuka kembali. Terutama, untuk mempersiapkan karyawan dan bahan baku untuk kategori makanan dan minuman. Ia pun juga meminta kejelasan terkait masa PSBB agar para penyewa toko memiliki waktu yang cukup untuk memulai kembali usahanya.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 8 months lalu
    anisa

    kalu #dirumahaja pastinya lagi jenuh dan bosan sekali di masa pandemi corona ini ya guys? tetap tenang dan kuasai keadaan dgn buka google lalu cari atau search QQHarian lalu mainkan berbagai gamenya utk melawan rasa jenuh dan bosan anda dan bisa ambil promo atau Hadiahnya yang Wow dan Ternyalalalala guys.