Pemprov DKI Diwacanakan Terapkan ERP di Tahun 2020

Berita Kawasan

Siap-siap, Pemprov DKI Diwacanakan Terapkan ERP pada 2020

Kemacetan di Jakarta tidak bisa dipungkiri tetap muncul walau beragam solusi dicoba diterapkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta. Dari mulai aturan ganjil-genap, kehadiran bus rapid transit dengan Transjakarta, hingga penertiban parkir sembarangan dan pedagang kaki lima. Semua ini dirasa belum berhasil sepenuhnya mengatasi kemacetan di Ibu Kota. Sehingga tidak heran bila banyak pihak mendorong agar Pemprov DKI Jakarta segera merealisasikan solusi lain yang hingga kini belum diterapkan, seperti jalan berbayar elektronik atau electronic road pricing (ERP).

Sekadar informasi, ERP diterapkan dengan cara pengenaan biaya terhadap pengguna jalan karena melewati ruas jalan tertentu di Jakarta pada jam tertentu secara elektronik. Dengan tujuan agar para pemilik kendaraan di Ibu Kota dan kota satelitnya enggan membawa kendaraan pribadi mereka untuk melewati jalan tersebut sehingga lebih memilih menggunakan angkutan umum dan membantu mengurangi kemacetan.

Siap-siap, Pemprov DKI Diwacanakan Terapkan ERP pada 2020

Wacana mengenai ERP sebenarnya sudah muncul lama di Pemprov DKI Jakarta, sayangnya kebijakan ini belum dilaksanakan sepenuhnya. Padahal kebutuhan untuk kebijakan ini untuk dicoba direalisasikan sangatlah mendesak, mengingat berdasarkan data yang dilansir dari antaranews.com (12/7/2019), kerugian material akibat kemacetan di DKI Jakarta pada tahun 2020 dapat mencapai nilai Rp60-70 triliun.

[Baca Juga: Sosialisasi Jak Lingko, Layanan Transportasi Terintegrasi]

Namun disinyalir, kebijakan ini baru akan mulai diterapkan Pemprov DKI Jakarta tahun depan. Pasalnya, saat membahas mengenai proyek pembangunan LRT Bogor, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A. Rachim pada Mei 2019 mengatakan, ERP akan diterapkan di Ibu Kota pada tahun 2020, oleh karena itulah pihaknya harus siap untuk mengakomodasi warga Kota Hujan yang beralih menggunakan angkutan umum untuk beraktivitas di Jakarta.

Hal ini sebenarnya sudah sejalan dengan desakan Kepala Badan Pengelola Transportasi Jabodetabek Bambang Prihartono pada Maret lalu. “Sudah saatnya saya akan mendesak pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk segera mengimplementasikan EPR di jalan Sudirman-Thamrin,” tegasnya, sebagaimana dikutip dari antaranews.com.

[Baca Juga: Pemkot Bogor Terus Kaji Persiapan Proyek LRT]

Hal yang sama juga sempat disuarakan Ketua Masyarakat Transportasi Indonesia Dr. Bambang Susantono. Di mana ia merilis hasil studinya mengenai kemacetan DKI Jakarta dengan solusi ERP. Bambang menunjukkan keberhasilan kota-kota di negara lain dalam menguraikan kemacetan dengan ERP. Contohnya adalah di Singapura yang mengurangi volume lalu lintas di jalan yang diterapkan ERP hingga sekitar 44 persen.

Sebenarnya, Pemprov DKI Jakarta sudah memiliki fasilitas untuk mulai menerapkan uji coba ERP di kawasan Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat. Sayangnya, rencana uji coba selama 20 hari pada Mei 2019 itu ditunda pihak panitia lelang. Gubernur Jakarta Anies Baswedan mengklaim, lelang proyek ERP masih menunggu keputusan Kejaksaan Agung.

Read More

Artikel Lainnya

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

Pendidikan

Tips Nonton Bioskop dengan Anak Usia 2 Tahun

11 December 2019, 18:00

Ajak anak Anda menonton di bioskop saat usia dua tahun ke atas. Pada usia tersebut, sistem kekebalan tubuhnya sudah jauh lebih kuat.

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

Berita Kawasan

Ini Kelebihan Menggunakan Kartu Jelajah MRT

11 December 2019, 17:00

Kartu kartu multi trip ticket (MTT) dengan sebutan Jelajah diapresiasi warga. Tidak ada satu detik tap in atau tap out, pintu gerbang sudah terbuka.

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

Berita Kawasan

Bekasi Kembali Raih Penghargaan Kota Layak HAM dari Kemenkumham

11 December 2019, 16:00

Mengulang prestasi dari tahun sebelumnya, Bekasi kembali raih penghargaan Kota Layak HAM di peringatan Hari HAM sedunia.

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

Berita Kawasan

8 Camat Jakarta Barat Ikut Pamong Innovation Award Tahun 2019

11 December 2019, 15:00

Pamong Innovation Award Tahun 2019 pada 9 Desember 2019 digelar dalam rangka peningkatan kinerja para camat menyelesaikan permasalahan di wilayah masing-masing.


Comments


Please Login to leave a comment.