Sanksi Uji Emisi Siap Dijatuhkan Pekan Depan, Ini Pesan Pemkot Jakarta Timur.jpg

Berita Kawasan

Siap-Siap Sanksi Uji Emisi Pekan Depan, Ini Pesan Pemkot Jakarta Timur

Seperti yang sudah diwartakan sebelumnya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta siap mengambil langkah tegas demi menekan pencemaran udara di Ibu Kota. Di mana ini dilakukan melalui uji emisi kendaraan bermotor dengan pihak Pemprov DKI siap menjatuhkan sanksi tilang mulai pekan depan, tepatnya 13 November 2021, kepada pengendara yang mobil atau motornya tidak lulus atau belum melakukan uji emisi. Selain karena sanksi, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Timur juga berpesan kepada warganya mengenai pentingnya uji emisi.

Penekanan pentingnya kendaraan di Ibu Kota untuk lulus uji emisi diungkapkan Pemkot Jakarta Timur melalui Asisten Perekonomian, Pembangunan, dan Lingkungan Hidup Jakarta Timur Kusmanto. “Kita tahu kendaraan bermotor semakin meningkat dan tentunya, kita perlu lakukan uji emisi rutin setiap satu tahun sekali yang diselenggarakan oleh Sudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur,” ungkapnya, sebagaimana dikutip dari timur.jakarta.go.id (3/11/2021).

Sanksi Uji Emisi Siap Dijatuhkan Pekan Depan, Ini Pesan Pemkot Jaka rta Timur.jpg

Pengujian disebut sebagai upaya menciptakan udara yang bersih serta sehat dalam rangka mencegah peningkatan angka polusi di DKI Jakarta. Oleh karena itulah Pemkot Jakarta Timur juga turut menggelar kegiatan uji emisi gratis seperti yang digelar di Brigif 1 PIK Jaya Sakti, Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo. Apalagi momen uji emisi gratis ini menjelang diterapkannya sanksi tilang bagi kendaraan bermotor yang tidak lolos uji emisi.

Berdasarkan peraturan yang berlaku yang tertuang dalam Peratran Gubernur DKI Jakarta Nomor 66 Tahun 2020, sanksi yang diberlakukan adalah tilang serta denda administratif. Di mana untuk mobil yang tidak lolos uji emisi atau belum diuji maka tilang maksimalnya adalah Rp500.000 dan untuk motor Rp250.000. Oleh karena itulah Pemkot Jakarta Timur meminta masyarakat untuk menyimpan bukti lulus uji emisinya jika tidak ingin dijatuhi sanksi.

[Baca Juga: 3 Hari Saja! Pekan Ini Pemkot Tangerang Gelar Uji Emisi Gratis]

“Akan ada pemberlakuan sanksi tilang bagi kendaraan yang belum melakukan uji emisi. Diharapkan peraturan ini dapat menekan polusi udara,” tutur Kasudin Lingkungan Hidup Jakarta Timur Wahyudi.

Dengan semakin dekatnya dimulainya pemberlakuan sanksi tilang uji emisi, tak ayal masyarakat berbondong-bondong ke lokasi pengujian emisi gratis seperti yang digelar Brigif 1 PIK Jaya Sakti kemarin. Dengan setidaknya ada 300 kendaraan bermotor yang datang ke sana untuk ikut proses uji emisi.


Read More

Artikel Lainnya

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini - Copy.jpg

Kuliner

Setelah Vakum Lama, Festival Rujak Uleg Digelar Akhir Pekan Ini

19 May 2022, 19:46

Kerinduan warga Suroboyo dengan Festival Rujak Uleg siap terobati pada tanggal 22 Mei 2022 nanti.

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digela r.jpg

Berita Kawasan

Akhir Pekan Ini Festival Adu Bedung dan Dondang di Mustika Jaya Siap Digelar

19 May 2022, 17:45

Dalam rangka mempertahankan budaya daerahnya, Kecamatan Mustika Jaya akan kembali menggelar Festival Adu Bedug dan Dondang pada akhir pekan ini.

Literasi Digital Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online.jpg

Pendidikan

Literasi Digital: Jaga Data Pribadi Jadi Kunci Cegah Penipuan Online

19 May 2022, 15:24

Dengan ribuan kasus kejahatan siber yang terjadi, mayoritas memanfaatkan data pribadi korban yang dibagikan di dunia maya.

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Lif e - Copy.jpg

Bisnis

Demi Masa Depan Si Kecil, Ini Instrumen Warisan ala Astra Life

19 May 2022, 14:43

Walau Anda termasuk generasi muda atau milenial yang sudah berkeluarga, aspek warisan juga menjadi yang sudah mulai Anda bisa siapkan dari sekarang demi masa depan buah hati.


Comments


Please Login to leave a comment.