Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi

Pendidikan

Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi BBPLK atau yang lebih dikenal dengan sebutan CEVEST (Centre for Vocational and Extention Service Training). Pemeritah Kota Bekasi memfasilitasi kebutuhan masyarakat atas jenis pelatihan yang diselenggarakan. Salah satu permintaan yang cukup tinggi ialah pelatihan bagi peracik kopi atau barista, mengingat dalam beberapa tahun belakangan ini, kedai-kedai kopi menjamur di berbagai pelosok Kota Bekasi sebagai jawaban atas minat masyarakat akan kopi yang terus tumbuh.

Kepala BBPLK CEVEST Helmiaty Basri mengatakan, pelatihan bagi barista kopi dihadirkan sebagai salah satu pilihan sejak tahun lalu. "Untuk pelatihan barista kopi ini menjadi bagian dari jurusan perhotelan dan sudah masuk menjadi salah satu bentuk pelatihan yang dapat dipilih sejak setahun terakhir," kata Helmiaty seperti dikutip bekasikota.go.id (5/4/2019).

[Baca Juga: Inspirasi Bisnis, Mengubah Hobi Menikmati Kopi Jadi Usaha]

Helmiaty mengatakan, CEVEST membuka pelatihan barista tersebut karena cukup banyak permintaan dari masyarakat. Baik itu mereka yang tertarik menjadi barista untuk bisa bekerja di kedai kopi yang bermunculan, maupun untuk merintis usaha kedai kopi sendiri.

"Pada dasarnya kami fleksibel dalam penyediaan jenis pelatihan, karena disesuaikan juga dengan aspirasi masyarakat serta perkembangan situasi terkini. Kebetulan, bisnis kedai kopi ini memang sedang naik daun, sehingga wajar kalau jadinya banyak yang berminat menjadi barista," ucapnya.

[Baca Juga: Selain Restoran, KAWN Juga Bisa Jadi Pendamping Industri Kopi]

Untuk kurikulum untuk para peserta, CEVEST turut melibatkan langsung pelaku industri kopi juga baritsa yang sudah terlatih dan tinggi jam terbangnya.

Hingga saat ini, Helmiaty mengatakan, baru dua paket pelatihan barista kopi yang diselenggarakan. Masing-masing kelas terdiri atas 16 peserta. "Paket pelatihan lainnya masih akan kami buka, bagi yang berminat bisa langsung datang ke CEVEST. Tidak ada syarat ijazah atau batasan umur, pelatihan terbuka bagi siapa pun," ucap Helmiaty.


Read More

Artikel Lainnya

carro_1.jpg

Bisnis

Gerai CARRO di PRJ Suguhkan Pengalaman Menarik Beli Mobil Bekas

06 July 2022, 17:00

CARRO memiliki harapan untuk dapat semakin menjangkau masyarakat luas melalui layanan pembelian mobil bekas yang berkualitas.

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.