Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi

Pendidikan

Siapa Pun Bisa Ikut Pelatihan Barista di CEVEST Bekasi

Balai Besar Pengembangan Latihan Kerja Bekasi BBPLK atau yang lebih dikenal dengan sebutan CEVEST (Centre for Vocational and Extention Service Training). Pemeritah Kota Bekasi memfasilitasi kebutuhan masyarakat atas jenis pelatihan yang diselenggarakan. Salah satu permintaan yang cukup tinggi ialah pelatihan bagi peracik kopi atau barista, mengingat dalam beberapa tahun belakangan ini, kedai-kedai kopi menjamur di berbagai pelosok Kota Bekasi sebagai jawaban atas minat masyarakat akan kopi yang terus tumbuh.

Kepala BBPLK CEVEST Helmiaty Basri mengatakan, pelatihan bagi barista kopi dihadirkan sebagai salah satu pilihan sejak tahun lalu. "Untuk pelatihan barista kopi ini menjadi bagian dari jurusan perhotelan dan sudah masuk menjadi salah satu bentuk pelatihan yang dapat dipilih sejak setahun terakhir," kata Helmiaty seperti dikutip bekasikota.go.id (5/4/2019).

[Baca Juga: Inspirasi Bisnis, Mengubah Hobi Menikmati Kopi Jadi Usaha]

Helmiaty mengatakan, CEVEST membuka pelatihan barista tersebut karena cukup banyak permintaan dari masyarakat. Baik itu mereka yang tertarik menjadi barista untuk bisa bekerja di kedai kopi yang bermunculan, maupun untuk merintis usaha kedai kopi sendiri.

"Pada dasarnya kami fleksibel dalam penyediaan jenis pelatihan, karena disesuaikan juga dengan aspirasi masyarakat serta perkembangan situasi terkini. Kebetulan, bisnis kedai kopi ini memang sedang naik daun, sehingga wajar kalau jadinya banyak yang berminat menjadi barista," ucapnya.

[Baca Juga: Selain Restoran, KAWN Juga Bisa Jadi Pendamping Industri Kopi]

Untuk kurikulum untuk para peserta, CEVEST turut melibatkan langsung pelaku industri kopi juga baritsa yang sudah terlatih dan tinggi jam terbangnya.

Hingga saat ini, Helmiaty mengatakan, baru dua paket pelatihan barista kopi yang diselenggarakan. Masing-masing kelas terdiri atas 16 peserta. "Paket pelatihan lainnya masih akan kami buka, bagi yang berminat bisa langsung datang ke CEVEST. Tidak ada syarat ijazah atau batasan umur, pelatihan terbuka bagi siapa pun," ucap Helmiaty.

Read More

Artikel Lainnya

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

Hobi dan Hiburan

The Changcuters Suguhkan Pengalaman Baru Menikmati Musik dalam Augmented-reality

20 September 2020, 16:00

Ada aplikasi baru menghadirkan musisi dan band langsung ke rumah Anda. The Changcuters jadi salah satu pelopor yang menggunakannya.

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

Kuliner

Tumpeng Mini, Alternatif Hidangan Perayaan yang Lebih Personal

20 September 2020, 10:00

Tumpeng menjadi hidangan wajib dalam berbagai perayaan. Mulai dari ulang tahun hingga syukuran menyajikan tumpeng. Tumpeng mini ini menjadi jawaban sajian di tengah pandemi.

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati .jpg

Bisnis

Targetkan Ibu Muda untuk Berkreasi di Dapur, Masako Gandeng Isyana Sarasvati

19 September 2020, 17:15

Brand bumbu penyedap Masako baru-baru ini mengumumkan Isyana Sarasvati sebagai brand ambassador mereka yang baru sejalan dengan target konsumen Masako saat ini.

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

Berita Kawasan

Pemkot Semarang Terima Bantuan 10 Ton Beras dari Krematorium Kedungmundu

19 September 2020, 16:00

Tak tanggung-tanggung, sebanyak 10 ton beras diserahkan Ketua Yayasan Aman Gautama kepada Pemerintah Kota Semarang.