Siapkan 5 Kamera, Kabupaten Bekasi Makin Serius Garap E-Tilang

Berita Kawasan

Siapkan 5 Kamera, Kabupaten Bekasi Makin Serius Garap E-Tilang

Kabupaten Bekasi rencananya akan menerapkan sistem tilang elektronik atau Electronic Traffic Laws Enforcement (ETLTE) atau yang lebih familiar dengan nama e-tilang. Hal tersebut juga ditegaskan oleh Polres Metro Bekasi yang menyebutkan e-tilang dapat diterapkan untuk kendaraan bermotor yang melanggar hukum.

Namun, penerapan e-tilang ini belum sepenuhnya bisa terealisasi karena infrastruktur penunjang belum siap. Kepala Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bekasi Yana Suyatna mengatakan, dari 31 unit CCTV yang dipersiapkan baru lima yang tersambung dengan sistem Area Traffic Control System (ATCS).

Siapkan 5 Kamera, Kabupaten Bekasi Makin Serius Garap E-Tilang

Melansir dari bekasi.pojoksatu.id (22/1/2020) Pemkab Bekasi sendiri sudah memiliki sedikitnya 31 kamera CCTV yang terpasang di beberapa area, namun untuk menerapkan sistem tilang masih dibutuhkan waktu. ”Karena nanti surat tilang akan menjadi bukti otentik pelanggaran terekam di alat tersebut dan dikirimkan ke rumah pelanggar. Sistem itu sangat dibutuhkan dan baru lima kamera yang sudah tersambung dengan sistem tersebut,” ujar Yana.

Kombespol Hendra Gunawan menyebutkan Kabupaten Bekasi memiliki infrastruktur yang memadai untuk menerapkan sistem e-tilang, karena Bekasi sudah memiliki jaringan fiber optik. Jaringan CCTV juga luas sehingga kamera dapat menangkap wajah pelanggar dengan jelas.

[Baca Juga: Sudah Berlaku, Kenali E-Tilang Lebih Dalam]

Hendra melanjutkan, pihak kepolisian akan dengan mudah mengetahui nama pelanggar dengan cara mencari data nomor polisi kendaraan milik pelanggar yang sudah tertangkap kamera seperti yang disebutkan di humas.polri.go.id. Menurutnya Hendra, pelanggaran lalu lintas tidak hanya menimbulkan kemacetan, tapi juga berdampak terhadap keselamatan pengendara lain.

Menurut Yana, beberapa lokasi yang sudah terhubung CCTV ATCS di antaranya adalah di simpang Cibitung, Tambun, Warung Bongkok, SGC (Sentra Grosir Cikarang), dan Indoporlen. Ia melanjutkan, penerapan tilang elektronik ini dilakukan untuk meminimalkan tingkat pelanggaran kendaraan bermotor.

[Baca Juga: Akhir Januari Diterapkan E-TLE Kendaraan Roda Dua di Sudirman-Thamrin]

Kepala Seksi Infrastruktur Diskominfo Kabupaten Bekasi Muttaqin menyebutkan, walau semua alat belum semua terkoneksi, pemasangan CCTV ke depannya akan terus berlanjut. Karena pihak Diskominfo akan terus mendukung kebijakan penerapan tilang elektronik di Kabupaten Bekasi.

E-tilang ini sudah berjalan sejak 2018 di Ibukota khususnya di jalan-jalan besar seperti Jalan Sudirman, Harmoni, Bundaran Senatan, dan lainnya.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 2 years, 10 months lalu
    rine

    qqharian,info game yang tiada bosan-bosannya untuk dimainkan, gimana mau bosan?? gara-gara game ini nih, makin ceria dompet gue... gak perlu repot ke sana ke mari cari rejeki.... gak percaya?? silahkan aja tengok dan jangan lupa, join now kalo mau ceria juga isi dompet kalian boss...