BINTARO_KAWASAN_PENGADUAN-WARGA-LEWAT-SIARAN-TANGSEL-MASIH-DICUEKIN_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Siaran Tangsel, Aplikasi Online Pengaduan Masyarakat

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan inovasi menghadirkan layanan cepat dan tepat. Sejumlah aplikasi berbasis daring dihadirkan sebagai wadah komunikasi warga Tangsel dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tangsel. Lewat aplikasi tersebut, masyarakat bisa melaporkan atau mengadu berbagai keluhan secara real time.

Salah satunya adalah aplikasi pelaporan dan penugasan Tangsel, yang disingkat dengan nama Siaran Tangsel. Aplikasi yang diluncurkan sejak 10 Maret 2017 lalu ini, jadi salah satu wadah komunikasi antara Pemkot Tangsel dengan masyarakat. Dilansir dari liputan6.com pada Selasa (11/9/2018), aplikasi daring ini merupakan portal pengaduan yang menjangkau secara keseluruhan bidang SKPD di Tangsel.

Bagi Pemkot Tangsel, Siaran Tangsel memiliki dua manfaat. Pertama, bisa memangkas waktu, artinya mekanisme pelaporan dan penugasan akan menjadi lebih singkat. Kedua adalah memangkas jarak. Di mana masyarakat memiliki akses langsung untuk bisa berinteraksi dengan Pemkot Tangsel.

Masyarakat dapat dengan cepat melaporkan kepada Pemkot Tangsel apabila melihat hal-hal atau permasalahan di lingkungannya masing-masing. Contohnya masalah sampah, kemacetan, banjir, parkir liar, infrastruktur, fasilitas publik, dan lainnya. Laporan dari masyarakat ini akan langsung diterima dan segera untuk ditindaklanjuti oleh SKPD terkait.

Tak hanya mengadu terkait permasalahan di lingkungan sekitar, lewat aplikasi ini warga Tangsel juga bisa melaporkan atau mengevaluasi kinerja SKPD. Mengingat, aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi SKPD lainnya. Sementara untuk bisa menikmati aplikasi ini, warga Tangsel cukup mengunduh Siaran Tangsel melalui Google Play Store.

Selain Siaran Tangsel, Pemkot Tangsel belum lama ini meluncurkan tiga aplikasi daring sekaligus. Di antaranya ada Tangsel Belajar, Pantau Harga Pasar, dan Ruang Rapat (Rupa Puspem). Khusus untuk Tangsel Belajar, dilansir dari sindonews.com pada Selasa (11/9/2018), aplikasi ini memudahkan siswa untuk belajar Bahasa Inggris.

Di aplikasi ini, siswa bisa belajar lewat video call tutor. Dinas Pendidikan Kota Tangsel telah menyiapkan tutor dari Amerika Serikat dan Afrika Selatan. Untuk pemakaian aplikasi ini bisa disesuaikan dengan jam belajar siswa. Siswa bisa mengunduh aplikasi Tangsel Belajar dan mendaftar dengan menggunakan KTP. Ingat, hanya KTP Tangsel yang bisa menggunakan aplikasi ini.

Sementara aplikasi Pantau Harga Pasar terkoneksi dengan Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan. Platform ini akan memudahkan masyarakat mengecek harga pasar di Tangsel maupun di seluruh Indonesia.

Read More

Artikel Lainnya

PBB Setu Babakan, Mengakarkan Budaya Betawi di Jakarta

Pendidikan

Mengenal Lebih Dekat Kehidupan Masyarakat Betawi Melalui Museum di Setu Babakan

21 February 2020, 19:00

Salah satu lokasi yang wajib dikunjungi ketika menyambangi PBB Setu Babakan adalah Museum Betawi. Apa saja yang ada di dalamnya?

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

Pendidikan

Robologee Buka Kelas Robotik Maret 2020, Warga Bekasi Bisa Daftar

21 February 2020, 17:00

Anda warga Bekasi yang berniat mendorong anak untuk melek teknologi? Belajar robotik bisa jadi alternatif solusi.

RUU Omnibus Law Cipta Kerja Turut Menyasar Pers, Apa Saja Dampaknya

Berita Kawasan

RUU Omnibus Law Cipta Kerja Turut Menyasar Pers, Apa Saja Dampaknya?

21 February 2020, 17:00

Beberapa pasal dalam rancangan legislasi tersebut turut bersinggungan dengan UU Pers

Berbelanja Hemat di Informa dengan Promo Ini

Properti dan Solusi

Butuh Furnitur Baru? Berbelanja Hemat di Informa dengan Promo Ini

21 February 2020, 16:00

Informa baru-baru ini mengumumkan sedang mengadakan promo yang ditujukan agar konsumen dapat berbelanja hemat serta mudah.


Comments


Please Login to leave a comment.