BINTARO_KAWASAN_PENGADUAN-WARGA-LEWAT-SIARAN-TANGSEL-MASIH-DICUEKIN_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Siaran Tangsel, Aplikasi Online Pengaduan Masyarakat

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan inovasi menghadirkan layanan cepat dan tepat. Sejumlah aplikasi berbasis daring dihadirkan sebagai wadah komunikasi warga Tangsel dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tangsel. Lewat aplikasi tersebut, masyarakat bisa melaporkan atau mengadu berbagai keluhan secara real time.

Salah satunya adalah aplikasi pelaporan dan penugasan Tangsel, yang disingkat dengan nama Siaran Tangsel. Aplikasi yang diluncurkan sejak 10 Maret 2017 lalu ini, jadi salah satu wadah komunikasi antara Pemkot Tangsel dengan masyarakat. Dilansir dari liputan6.com pada Selasa (11/9/2018), aplikasi daring ini merupakan portal pengaduan yang menjangkau secara keseluruhan bidang SKPD di Tangsel.

Bagi Pemkot Tangsel, Siaran Tangsel memiliki dua manfaat. Pertama, bisa memangkas waktu, artinya mekanisme pelaporan dan penugasan akan menjadi lebih singkat. Kedua adalah memangkas jarak. Di mana masyarakat memiliki akses langsung untuk bisa berinteraksi dengan Pemkot Tangsel.

Masyarakat dapat dengan cepat melaporkan kepada Pemkot Tangsel apabila melihat hal-hal atau permasalahan di lingkungannya masing-masing. Contohnya masalah sampah, kemacetan, banjir, parkir liar, infrastruktur, fasilitas publik, dan lainnya. Laporan dari masyarakat ini akan langsung diterima dan segera untuk ditindaklanjuti oleh SKPD terkait.

Tak hanya mengadu terkait permasalahan di lingkungan sekitar, lewat aplikasi ini warga Tangsel juga bisa melaporkan atau mengevaluasi kinerja SKPD. Mengingat, aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi SKPD lainnya. Sementara untuk bisa menikmati aplikasi ini, warga Tangsel cukup mengunduh Siaran Tangsel melalui Google Play Store.

Selain Siaran Tangsel, Pemkot Tangsel belum lama ini meluncurkan tiga aplikasi daring sekaligus. Di antaranya ada Tangsel Belajar, Pantau Harga Pasar, dan Ruang Rapat (Rupa Puspem). Khusus untuk Tangsel Belajar, dilansir dari sindonews.com pada Selasa (11/9/2018), aplikasi ini memudahkan siswa untuk belajar Bahasa Inggris.

Di aplikasi ini, siswa bisa belajar lewat video call tutor. Dinas Pendidikan Kota Tangsel telah menyiapkan tutor dari Amerika Serikat dan Afrika Selatan. Untuk pemakaian aplikasi ini bisa disesuaikan dengan jam belajar siswa. Siswa bisa mengunduh aplikasi Tangsel Belajar dan mendaftar dengan menggunakan KTP. Ingat, hanya KTP Tangsel yang bisa menggunakan aplikasi ini.

Sementara aplikasi Pantau Harga Pasar terkoneksi dengan Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan. Platform ini akan memudahkan masyarakat mengecek harga pasar di Tangsel maupun di seluruh Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

Bisnis

Berupaya Dapatkan Pendanaan serta Coaching, 120 Tim Ikut Proses Hackaton IDPB MTPM

05 December 2022, 16:14

Inisiatif East Ventures melalui IDPB MTPM saat ini telah mencapai tahap coaching serta hackaton dengan total ada 120 tim yang mengikutinya.

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar.jpg

Berita Kawasan

Tingkatkan Kepedulian Sungai di Jakarta, Festival Dayung Ciliwung 2022 Digelar

05 December 2022, 14:15

Festival Dayung Ciliwung 2022 berhasil digelar pada akhir pekan kemarin yang disebut digelar untuk meningkatkan kepedulian publik Ibu Kota untuk menjaga lingkungan sungai.

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakart a Barista League 2022 Sukses Digelar.jpg

Berita Kawasan

Dorong Kualitas Industri Kopi, Jakarta Barista League 2022 Sukses Digelar

05 December 2022, 10:14

Pada akhir pekan kemarin, Pemprov DKI Jakarta sukses menggelar event Jakarta Barista League 2022 yang menjadi wadah kompetisi bagi para barista dari berbagai wilayah Tanah Air.

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.


Comments


Please Login to leave a comment.