BINTARO_KAWASAN_PENGADUAN-WARGA-LEWAT-SIARAN-TANGSEL-MASIH-DICUEKIN_GALIH_1100-px-X-600-px.jpg

Berita Kawasan

Siaran Tangsel, Aplikasi Online Pengaduan Masyarakat

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus melakukan inovasi menghadirkan layanan cepat dan tepat. Sejumlah aplikasi berbasis daring dihadirkan sebagai wadah komunikasi warga Tangsel dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tangsel. Lewat aplikasi tersebut, masyarakat bisa melaporkan atau mengadu berbagai keluhan secara real time.

Salah satunya adalah aplikasi pelaporan dan penugasan Tangsel, yang disingkat dengan nama Siaran Tangsel. Aplikasi yang diluncurkan sejak 10 Maret 2017 lalu ini, jadi salah satu wadah komunikasi antara Pemkot Tangsel dengan masyarakat. Dilansir dari liputan6.com pada Selasa (11/9/2018), aplikasi daring ini merupakan portal pengaduan yang menjangkau secara keseluruhan bidang SKPD di Tangsel.

Bagi Pemkot Tangsel, Siaran Tangsel memiliki dua manfaat. Pertama, bisa memangkas waktu, artinya mekanisme pelaporan dan penugasan akan menjadi lebih singkat. Kedua adalah memangkas jarak. Di mana masyarakat memiliki akses langsung untuk bisa berinteraksi dengan Pemkot Tangsel.

Masyarakat dapat dengan cepat melaporkan kepada Pemkot Tangsel apabila melihat hal-hal atau permasalahan di lingkungannya masing-masing. Contohnya masalah sampah, kemacetan, banjir, parkir liar, infrastruktur, fasilitas publik, dan lainnya. Laporan dari masyarakat ini akan langsung diterima dan segera untuk ditindaklanjuti oleh SKPD terkait.

Tak hanya mengadu terkait permasalahan di lingkungan sekitar, lewat aplikasi ini warga Tangsel juga bisa melaporkan atau mengevaluasi kinerja SKPD. Mengingat, aplikasi ini terintegrasi dengan aplikasi SKPD lainnya. Sementara untuk bisa menikmati aplikasi ini, warga Tangsel cukup mengunduh Siaran Tangsel melalui Google Play Store.

Selain Siaran Tangsel, Pemkot Tangsel belum lama ini meluncurkan tiga aplikasi daring sekaligus. Di antaranya ada Tangsel Belajar, Pantau Harga Pasar, dan Ruang Rapat (Rupa Puspem). Khusus untuk Tangsel Belajar, dilansir dari sindonews.com pada Selasa (11/9/2018), aplikasi ini memudahkan siswa untuk belajar Bahasa Inggris.

Di aplikasi ini, siswa bisa belajar lewat video call tutor. Dinas Pendidikan Kota Tangsel telah menyiapkan tutor dari Amerika Serikat dan Afrika Selatan. Untuk pemakaian aplikasi ini bisa disesuaikan dengan jam belajar siswa. Siswa bisa mengunduh aplikasi Tangsel Belajar dan mendaftar dengan menggunakan KTP. Ingat, hanya KTP Tangsel yang bisa menggunakan aplikasi ini.

Sementara aplikasi Pantau Harga Pasar terkoneksi dengan Bank Indonesia dan Kementerian Perdagangan. Platform ini akan memudahkan masyarakat mengecek harga pasar di Tangsel maupun di seluruh Indonesia.


Read More

Artikel Lainnya

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.


Comments


Please Login to leave a comment.