Sidak Kian Gencar, Puluhan Perusahaan Jakarta Masih Melanggar PSBB

Berita Kawasan

Sidak Kian Gencar, Puluhan Perusahaan Jakarta Masih Melanggar PSBB

DKI Jakarta menjadi Provinsi penyumbang terbesar kasus COVID-19 dengan jumlah kasus mencapai 3.729 dengan rincian sebanyak 237 orang dinyatakan sembuh dan 286 orang meninggal dunia. Dengan demikian persentase tingkat kematian mau pun tingkat kesembuhan, sama-sama 9 persen. Demikian data yang dilaporkan di situs covid-19.go.id, Selasa (21/4/2020) siang.

Sejak 10 April 2020, Gubernur Anies Baswedan menetapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) selama dua pekan. Kebijakan ini dilegitimasinya melalui Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB dalam Penanganan COVID-19 di DKI Jakarta.

Pastikan PSBB, Pemkot Jakarta Selatan Kunjungi Gedung Perkantoran

Dalam pelaksanaannya, seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta turun ke lapangan untuk memastikan kebijakan ini ditaati khususnya di lingkungan komplek perkantoran. Seperti yang digencarkan jajaran Pemerintahan Kota (Pemkot) Jakarta Pusat dan Pemkot Jakarta Selatan, Selasa (21/4/2020).

Sebagaimana dilansir situs beritajakarta.id, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Jakarta Pusat, Fidiyah Rokhim mengungkapkan, dalam sehari monitoring PSBB bisa dilakukan di lima hingga enam perusahaan. "Monitoring masih berjalan terus sampai sekarang," katanya.

[Baca Juga: Cek Penerapan PSBB di Jakarta, 8 Gedung Perkantoran dan Mal Disidak]

Menambahkan, Kepala Seksi Pengawasan Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Jakarta Pusat, Kartika Lubis menuturkan bahwa hingga kini sudah ada 67 perusahaan yang telah dimonitoring selama penerapan PSBB. Puluhan perusahaan tersebut tersebar di Jalan MH Thamrin, Jalan Cideng, kawasan Cempaka Mas dan Roxy Mas serta Jalan Mas Mansyur. "Dari hasil monitoring, beberapa perusahaan sudah mulai mematuhi Pergub Nomor 33 Tahun 2020," tandasnya.

Kegiatan senada juga dilakukan oleh Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Jakarta Selatan di wilayahnya. Hasilnya, 39 dari 67 perusahaan yang dimonitoring terbukti tidak mematuhi aturan PSBB. Terkait itu, Kepala Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi Jakarta Selatan, Sudrajat mengatakan, 67 perusahaan yang dimonitoring tersebar di Setiabudi sebanyak 19 titik, Pasar Minggu 13 titik, Mampang Prapatan 10 titik, Cilandak sembilan titik, Pancoran delapan titik dan Kebayoran Baru delapan titik. "Kegiatan ini mulai kita gencarkan sejak 14 April lalu. Titik awal kita pantau perusahaan di sekitar Jalan TB. Simatupang dan Cilandak. Ada yang melanggar aturan dan patuh juga," akunya.

[Baca Juga: Pastikan PSBB, Pemkot Jakarta Selatan Kunjungi Gedung Perkantoran]

Ia menjelaskan, di dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 33 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan PSBB telah disebutkan hanya ada beberapa perusahaan yang boleh beroperasi karena bergerak di bidang kesehatan, bahan pangan, energi, komunikasi dan teknologi informasi, keuangan, logistik, perhotelan, konstruksi, industri strategis, pelayanan dasar dan kebutuhan sehari-hari.

"Sudah ada peningkatan kepatuhan dari perusahaan. Kita juga sudah berikan imbauan kepada mereka supaya kurangi aktivitas jika perusahaannya tidak termasuk kategori yang boleh beroperasi selama PSBB," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 2 months lalu
    anisa

    Di masa pandemi corona saat ini pasti merasakan jenuh/bosan karna #dirumahaja dan ga bisa kemana-mana ? inilah solusi yang tepat untuk anda dan bisa lsg buka di google,lalu search/cari QQHARIAN guys. Karna disitu bisa usir rasa jenuh anda dgn bermain game online. lagian juga ada promo serta banyak hadiah yang Wow,tergila,tergokil,ternyala dan pastinya bukan kaleng2 guys.