Signature Park, Kolaborasi Pemkot Semarang Bangun Ruang Terbuka Hijau

Berita Kawasan

Signature Park, Kolaborasi Pemkot Semarang Bangun Ruang Terbuka Hijau

Signature Park dibangun di tanah lapang aset negara, bagian dari eks Badan Penyehatan Perbankan Nasional. Sejak masa krisis moneter, bangunan terbengkalai. Pada 2019 dihibahkan dari Kemenkeu ke Pemkot Semarang. Pemerintah Kota Semarang memanfaatkan kolaborasi dengan swasta guna menambah ruang terbuka hijau. Mereka kini membangun Signature Park di Jalan Pierre Tendean, yang akan menjadi taman dengan kabel bawah tanah pertama di kota lumpia tersebut.

Adapun pendanaan pembangunan taman tersebut memanfaatkan tanggung jawab sosial perusahaan (CSR) PT Gudang Garam. Ini kedua kalinya pembangunan ruang publik diKota Semarang dengan memanfaatkan CSR. Sebelumnya ialah Taman Indonesia Kaya, yang bekerja sama dengan PT Djarum.

Signature Park, Kolaborasi Pemkot Semarang Bangun Ruang Terbuka Hijau

Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Semarang Ali seperti diberitakan kompas.id (23/11/2020) mengatakan, pembangunan Signature Park telah mencapai 50 persen dan ditargetkan rampung akhir Desember 2020. Pekerjaan akan dikebut kontraktor guna mengejar target.

"Ini akan menjadi taman percontohan, pertama kalinya ada taman di Kota Semarang yang kabel-kabel di sekitarnya masuk ducting (media saluran bawah tanah). Hal ini agar ruang publik benar-benar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat dengan nyaman," kata Ali.

[Baca Juga: Kantor Wali Kota Jakarta Utara Kini Sediakan Taman Penitipan Anak]

Taman tersebut dibangun di atas lahan seluas sekitar 760 meter persegi, dengan anggaran sekitar Rp3,2 miliar. Menurut Ali, nantinya pemeliharaan akan dilakukan oleh pihak ketiga, seperti yang diterapkan di Taman Indonesia Kaya. Hal itu akan membuat taman lebih terawat.

Di taman tersebut akan ada sejumlah fasilitas, seperti sarana prasarana bagi masyarakat, termasuk Wi-Fi, penyemprot air untuk penyegaran, toilet, dan kamera pemantau (CCTV). Diharapkan, warga bisa memanfaatkan sekaligus merawat taman tersebut dengan baik.

Signature Park, Kolaborasi Pemkot Semarang Bangun Ruang Terbuka Hijau

Taman tersebut akan menjadi ruang terbuka hijau (RTH) ke-290 di Kota Semarang. "Saat ini ada 89 RTH yang aktif. Selanjutnya, kami berharap akan semakin banyak CSR untuk pembangunan taman atau sarana lain di Kota Semarang. Sejumlah pendekatan sudah ada," Ali menjelaskan.

Sementara itu, Bambang L Supatra dari PT Karya Satria, sebagai kontraktor, menuturkan, sejumlah percepatan dilakukan agar pembangunan taman tersebut dapat selesai akhir 2020. Selain lembur, antisipasi terhadap intensitas hujan yang meninggi juga dilakukan. ”Selama ini, pekerjaan dilakukan hingga sekitar pukul 18.00, tetapi sekarang ditambah hingga pukul 22.00. Tenaga kerja juga kami tingkatkan dari 50 orang menjadi 80 orang. Saat ini, medan kerjanya pun sudah lebih terbuka,” ujar Bambang.

Read More

Artikel Lainnya

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

Kuliner

Kuliner Otentik di Restoran NSNTR untuk Rayakan Imlek

25 January 2021, 18:35

Para tamu dapat menikmati masakan Tionghoa autentik dan hidangan khas Indonesia sekaligus sebagai pengalaman kuliner yang unik di restoran NSNTR.

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

Kesehatan

Depok Tingkatkan Kampanye Donor Plasma Konvalesen

25 January 2021, 17:39

Mohammad Idris mengatakan, pencanangan kampanye plasma konvalesen ini merupakan salah satu upaya untuk membantu masyarakat yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

Bisnis

Penyelundupan 380 Burung Asal NTT ke Surabaya Digagalkan

25 January 2021, 16:38

Sebanyak 380 ekor burung berkicau asal Ende, Nusa Tenggara Timur, gagal diselundupkan melalui Pelabuhan Tanjung Perak.

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya .jpg

Hobi dan Hiburan

Aldiv Bahas Realitas Cinta Bertepuk Sebelah Tangan Melalui Single Perdananya

25 January 2021, 15:41

Penyanyi solo Aldiv secara resmi merilis single perdananya yang berisi curahan hati mengenai cinta yang bertepuk sebelah tangan.


Comments


Please Login to leave a comment.