SiKumbang Gemez, Cegah Stunting Pada Anak Sejak Dini

Kesehatan

SiKumbang Gemez, Cegah Stunting Pada Anak Sejak Dini

Masalah gizi pada anak perlu diperhatikan sejak dini. Stunting adalah permasalahan yang akhir-akhir ini sering menjadi keresahan para ibu. Oleh sebab itu, menangani stunting pada anak perlu ditangani sedini mungkin.

Stunting merupakan masalah kurang gizi yang mengakibatkan kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak dalam waktu yang lama. Dengan perhatian tersebut, Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan, meluncurkan program Stimulasi Intervensi Tumbuh Kembang Anak, Terintegrasi Pemenuhan Gizi (SiKumbang Gemez), yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam acara Car Free Day di Tugu Adipura pada 21 Juli 2019.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Jakpus Serukan Makan Ikan untuk Cegah Stunting]

Melansir laman tangerangkota.go.id (23/07/2019). Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dr Liza Puspadewi menjelaskan, Sikumbang Gemez merupakan program jangka panjang yang dilaksanakan di seluruh Puskesmas, mulai dari pendataan para remaja perempuan. "Dari data tersebut, kita lakukan pembinaan remaja perempuan sebagai calon ibu. Selanjutnya, pembinaan ibu hamil mulai dari asupan, gizi hingga pergerakan bayi sejak dalam perut. Semua dipantau dan dicatat perkembangannya," jelasnya.

Lanjutnya, saat anak-anak lahir, Sikumbang Gemez masih terus memantau. Melihat kesehatan bayi memenuhi syarat atau tidak, berat badan yang normal, ada tidaknya keterlambatan tumbuh kembang.  "Jika ada masalah saat bayi di dalam kandungan atau sudah lahir. Bisa kita ketahui sejak dini dengan pembinaan dan pemantauan SiKumbang Gemez ini sejak sedini mungkin. Maka, selanjutnya kita bisa lakukan tindakan-tindakan yang preventif," jelasnya usai peresmian.  

[Baca Juga: Pencegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani]

SiKumbang Gemez, diluncurkan agar tidak ada lagi stunting, kekurangan gizi hingga kasus autisme pada anak. "SiKumbang Gemez akan membina seluruh remaja sebagai calon ibu, hingga hamil hingga melahirkan. Selain itu, menjaga, memantau dan membina kesehatan tumbuh kembang bayi hingga lima tahun secara terus menerus," tegasnya.

Diketahui, SiKumbang Gemez, diluncurkan bersamaan dengan perayaan Hari Anak Nasional, di Taman Burung Perak. Lebih dari 200 anak-anak Kota Tangerang memadati acara, mengikuti kegiatan cek kesehatan anak, puppet show hingga pemberian makanan gizi seimbang.


Read More

Artikel Lainnya

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!.jpg

Berita Kawasan

Wayang Jogja Night Carnival 2022 Siap Digelar Akhir Pekan Ini!

04 October 2022, 17:54

Pekan ini warga Kota Gudeg akan dihibur dengan acara Wayang Jogja Night Carnival 2022 sebagai acara puncak HUT Kota Yogyakarta ke-266.

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kanto r.jpg

Properti dan Solusi

East Ventures Pimpin Pendanaan Startup Penyewaan Kebutuhan Rumah dan Kantor

04 October 2022, 15:58

Perusahaan startup product-as-a-service Bioma baru-baru ini disebut meraih suntikan pendanaan pre-seed yang dipimpon oleh East Ventures serta Init-6.

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.


Comments


Please Login to leave a comment.