SiKumbang Gemez, Cegah Stunting Pada Anak Sejak Dini

Kesehatan

SiKumbang Gemez, Cegah Stunting Pada Anak Sejak Dini

Masalah gizi pada anak perlu diperhatikan sejak dini. Stunting adalah permasalahan yang akhir-akhir ini sering menjadi keresahan para ibu. Oleh sebab itu, menangani stunting pada anak perlu ditangani sedini mungkin.

Stunting merupakan masalah kurang gizi yang mengakibatkan kondisi gagal tumbuh pada tubuh dan otak dalam waktu yang lama. Dengan perhatian tersebut, Pemkot Tangerang melalui Dinas Kesehatan, meluncurkan program Stimulasi Intervensi Tumbuh Kembang Anak, Terintegrasi Pemenuhan Gizi (SiKumbang Gemez), yang diresmikan langsung oleh Wali Kota Tangerang Arief R. Wismansyah dalam acara Car Free Day di Tugu Adipura pada 21 Juli 2019.

[Baca Juga: Wakil Wali Kota Jakpus Serukan Makan Ikan untuk Cegah Stunting]

Melansir laman tangerangkota.go.id (23/07/2019). Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang Dr Liza Puspadewi menjelaskan, Sikumbang Gemez merupakan program jangka panjang yang dilaksanakan di seluruh Puskesmas, mulai dari pendataan para remaja perempuan. "Dari data tersebut, kita lakukan pembinaan remaja perempuan sebagai calon ibu. Selanjutnya, pembinaan ibu hamil mulai dari asupan, gizi hingga pergerakan bayi sejak dalam perut. Semua dipantau dan dicatat perkembangannya," jelasnya.

Lanjutnya, saat anak-anak lahir, Sikumbang Gemez masih terus memantau. Melihat kesehatan bayi memenuhi syarat atau tidak, berat badan yang normal, ada tidaknya keterlambatan tumbuh kembang.  "Jika ada masalah saat bayi di dalam kandungan atau sudah lahir. Bisa kita ketahui sejak dini dengan pembinaan dan pemantauan SiKumbang Gemez ini sejak sedini mungkin. Maka, selanjutnya kita bisa lakukan tindakan-tindakan yang preventif," jelasnya usai peresmian.  

[Baca Juga: Pencegah Stunting dengan Konsumsi Protein Hewani]

SiKumbang Gemez, diluncurkan agar tidak ada lagi stunting, kekurangan gizi hingga kasus autisme pada anak. "SiKumbang Gemez akan membina seluruh remaja sebagai calon ibu, hingga hamil hingga melahirkan. Selain itu, menjaga, memantau dan membina kesehatan tumbuh kembang bayi hingga lima tahun secara terus menerus," tegasnya.

Diketahui, SiKumbang Gemez, diluncurkan bersamaan dengan perayaan Hari Anak Nasional, di Taman Burung Perak. Lebih dari 200 anak-anak Kota Tangerang memadati acara, mengikuti kegiatan cek kesehatan anak, puppet show hingga pemberian makanan gizi seimbang.


Read More

Artikel Lainnya

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaa n.jpg

Bisnis

Tak Hanya Sekadar Pendanaan Startup, IDPM MPTM Juga Hadirkan Lowongan Pekerjaan

28 November 2022, 15:58

East Ventures melalui IDPM MPTM berupaya membuka kesempatan kepada para founder startup meraih pendanaan dan mereka yang terdampak badai PHK industri digital mendapatkan pekerjaan baru.

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depa n.jpg

Kuliner

Fore Coffee Perpanjang Periode The Classic Treasure Series Sampai Tahun Depan

28 November 2022, 14:56

Setelah ribuan konsumennya bersuara, Fore Coffee memutuskan untuk memperpanjang menu seasonal The Classic Treasure Series sampai tahun depan.

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser di Edutorium UMS, Dewa 19 Sukses Hibur Penggemarnya di Solo

28 November 2022, 10:55

Pada akhir pekan kemarin, band Dewa 19 bersama mantan anggotanya yang ikonik sukses manggung di Kota Solo melalui konser 30 Tahun Berkarya Dewa 19.

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar.jpg

Kecantikan dan Fashion

Respons Fashionista Luring dan Daring Tinggi, JFW 2023 Sukses Digelar

25 November 2022, 16:36

Pihak penyelenggaran JFW 2023 mengungkapkan bahwa ini merupakan salah satu penyelenggaraan Jakarta Fashion Week dengan animo serta respons yang sangat positif dari fashionista di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.