Silat Beksi Haji Hasbullah Atraktif dan Energik 2.jpg

Berita Kawasan

Silat Beksi Haji Hasbullah Atraktif dan Energik

Silat Beksi merupakan salah satu aliran silat budaya Betawi yang cukup dikenal masyarakat Jakarta. Dikutip dari beritajakarta.id (28/2/2019), arti dari beksi adalah pertahanan dari empat penjuru dan dapat juga dimaknai dengan “Berbaktilah Engkau Kepada Seruan Ilahi” yang berarti aplikasi perbuatan baik yang wajib dijalani setelah seseorang belajar jurus bela diri Beksi.

Silat Beksi tentu mempunyai perbedaan dari gerakannya yang atraktif dan energik. Aksi silat Beksi bermula dari pertarungan menggunakan tangan kosong dan berujung dengan menggunakan sebilah golok.

Aliran silat Betawi yang satu ini awalnya dikembangkan masyarakat dari daerah Kampung Dadap, Kecamatan Tangerang dan ditemukan oleh Lie Tjeng Hok. Dia menggabungkan ilmu beladiri keluarganya yang keturunan Tionghoa dengan ilmu dari guru-guru Betawi dan mengajarkannya kepada para muridnya yang mayoritas orang Betawi di sekitar Kampung Dadap.

Sanggar Silat Beksi Haji Hasbullah

Berdasarkan lansirian silatindonesia.com (28/2/2019), salah satu murid Lie Tjeng Hok adalah Ki Marhali yang merupakan pegawainya. Marhali kemudian bertemu dengan H. Ghozali dari Petukangan karena sudah mendengar tentang Marhali yang ahli ilmu bela diri. Mereka bertarung untuk menjajal ilmu beladiri yang mereka miliki dan Marhali memenangkan pertarungannya sehingga Ghozali memutuskan belajar ilmu bela diri yang dimiliki Marhali.

[Baca Juga: Silat Betawi dari Abad 17, Silat Citbitik]

Ghozali mengajak keponakannya yang bernama H. Hasbullah untuk belajar ilmu silat beksi dan hingga sekarang ilmu silat yang dimiliki H. Hasbullah dijadikan sebagai salah satu perguruan Beksi dengan nama Sanggar Silat Beksi Haji Hasbullah dan hingga kini dikenal sebagai pewaris seni beladiri asli Betawi dengan aliran Beksi.

Aliran Beksi mempunyai 12 jurus asli dan delapan jurus pengembangan. Jurus-jurus dalam silat Beksi di antaranya jurus dasar, gedik, tancap, cauk dan broneng. Salah satu ciri khas aliran ini adalah mengandalkan pukulan kepalan terbalik dengan sisi lengan menghadap ke atas dan pukulannya harus dilakukan dengan mengerahkan tenaga sebagaimana dilansir silatindonesia.com (28/2/2019).

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Sanggar Silat Betawi Haji Abdullah sudah berdiri sejak tahun 1998 dan diharapkan tetap bisa eksis agar bisa melestarikan warisan budaya leluhur. Bagi yang ingin belajar silat Beksi Haji Hasbullah, bisa datang ke Jalan HM Rahun RT 02 RW 01 N0. 43, Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Latihan silat Beksi Haji Abdullah dilakukan pada Rabu malam dan Jumat malam yang terbuka untuk anak-anak hingga dewasa.

Selain warga Jakarta yang bisa terus melestarikan silat Betawi termasuk silat Betawi Beksi, tentu bantuan dari pemerintah juga dibutuhkan untuk terus memperhatikan dan membantu sanggar silat Betawi.

Read More

Artikel Lainnya

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

Berita Kawasan

Pemprov DKI Siapkan Sistem Pengelolaan Air Limbah Domestik Terpusat

27 September 2020, 17:01

Pertumbuhan penduduk jika tidak disertai perbaikan sistem pengelolaan pembuangan air limbah domestik dapat menyebabkan pencemaran.

IBB TV Satelit Bandung132, Kado HUT ke-210 bagi Warga

Berita Kawasan

IBB TV Satelit "Bandung132", Kado HUT ke-210 bagi Warga

27 September 2020, 09:59

IBB TV Bandung132 diresmikan langsung oleh Wali Kota Bandung Oded M. Danial di Pendopo Kota Bandung, 25 September 2020.

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

Berita Kawasan

Pelebaran Kreteg Wesi Sampangan, Kota Semarang Selesai Akhir November

26 September 2020, 17:46

Menelan anggaran sebesar 20 milyar rupiah, pelebaran akses yang menghubungkan Gunungpati dan Gajahmungkur itu ditargetkan rampung November 2020.

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.


Comments


Please Login to leave a comment.