Silat Beksi Haji Hasbullah Atraktif dan Energik 2.jpg

Berita Kawasan

Silat Beksi Haji Hasbullah Atraktif dan Energik

Silat Beksi merupakan salah satu aliran silat budaya Betawi yang cukup dikenal masyarakat Jakarta. Dikutip dari beritajakarta.id (28/2/2019), arti dari beksi adalah pertahanan dari empat penjuru dan dapat juga dimaknai dengan “Berbaktilah Engkau Kepada Seruan Ilahi” yang berarti aplikasi perbuatan baik yang wajib dijalani setelah seseorang belajar jurus bela diri Beksi.

Silat Beksi tentu mempunyai perbedaan dari gerakannya yang atraktif dan energik. Aksi silat Beksi bermula dari pertarungan menggunakan tangan kosong dan berujung dengan menggunakan sebilah golok.

Aliran silat Betawi yang satu ini awalnya dikembangkan masyarakat dari daerah Kampung Dadap, Kecamatan Tangerang dan ditemukan oleh Lie Tjeng Hok. Dia menggabungkan ilmu beladiri keluarganya yang keturunan Tionghoa dengan ilmu dari guru-guru Betawi dan mengajarkannya kepada para muridnya yang mayoritas orang Betawi di sekitar Kampung Dadap.

Sanggar Silat Beksi Haji Hasbullah

Berdasarkan lansirian silatindonesia.com (28/2/2019), salah satu murid Lie Tjeng Hok adalah Ki Marhali yang merupakan pegawainya. Marhali kemudian bertemu dengan H. Ghozali dari Petukangan karena sudah mendengar tentang Marhali yang ahli ilmu bela diri. Mereka bertarung untuk menjajal ilmu beladiri yang mereka miliki dan Marhali memenangkan pertarungannya sehingga Ghozali memutuskan belajar ilmu bela diri yang dimiliki Marhali.

[Baca Juga: Silat Betawi dari Abad 17, Silat Citbitik]

Ghozali mengajak keponakannya yang bernama H. Hasbullah untuk belajar ilmu silat beksi dan hingga sekarang ilmu silat yang dimiliki H. Hasbullah dijadikan sebagai salah satu perguruan Beksi dengan nama Sanggar Silat Beksi Haji Hasbullah dan hingga kini dikenal sebagai pewaris seni beladiri asli Betawi dengan aliran Beksi.

Aliran Beksi mempunyai 12 jurus asli dan delapan jurus pengembangan. Jurus-jurus dalam silat Beksi di antaranya jurus dasar, gedik, tancap, cauk dan broneng. Salah satu ciri khas aliran ini adalah mengandalkan pukulan kepalan terbalik dengan sisi lengan menghadap ke atas dan pukulannya harus dilakukan dengan mengerahkan tenaga sebagaimana dilansir silatindonesia.com (28/2/2019).

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Sanggar Silat Betawi Haji Abdullah sudah berdiri sejak tahun 1998 dan diharapkan tetap bisa eksis agar bisa melestarikan warisan budaya leluhur. Bagi yang ingin belajar silat Beksi Haji Hasbullah, bisa datang ke Jalan HM Rahun RT 02 RW 01 N0. 43, Kelurahan Duri Kosambi, Cengkareng, Jakarta Barat. Latihan silat Beksi Haji Abdullah dilakukan pada Rabu malam dan Jumat malam yang terbuka untuk anak-anak hingga dewasa.

Selain warga Jakarta yang bisa terus melestarikan silat Betawi termasuk silat Betawi Beksi, tentu bantuan dari pemerintah juga dibutuhkan untuk terus memperhatikan dan membantu sanggar silat Betawi.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.