Silat Betawi dari Abad 17 Silat Citbitik.jpg

Berita Kawasan

Silat Betawi dari Abad 17, Silat Citbitik

Bicara soal budaya Betawi, tentu akan banyak sekali pembahasan yang menarik. Salah satu budaya Betawi yang hingga saat ini perlu dilestarikan adalah silat. Silat Betawi pun memiliki jenis yang tidak hanya satu, seperti ada silat beksi, silat cingkrik, silat sabeni dan masih banyak lagi.

Salah satu aliran silat Betawi yang hampir punah dan butuh dilestarikan adalah silat Citbitik. Aliran silat ini sudah ada dari abad 17 Masehi. Berbeda dengan silat pada umumnya, silat Citbitik mengandalkan kuda-kuda rendah dan memiliki kelebihan sebagai olah kemampuan bela diri di tempat yang sempit.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Silat Citbitik memiliki tujuh jurus andalan diantaranya seliwa, sabet, kemudi dan tender. Seluruh jurus pada silat Citbitik mengandalkan kemampuan bela diri tangan kosong sebagaimana dilansir beritajakarta.id (27/2/2019).

Ternyata, jenis aliran silat Citbitik ini diciptakan oleh pendekar perempuan bernama Mak Tjenik, yang kemudian diwarisi pada Ncit, seorang pemuda asal Pasar Minggu dan hingga kini masih ada sanggar yang eksis melatih silat Citbitik pada para pemuda Betawi di kawasan Pasar Minggu yaitu Sanggar Silat Citbitik Mayangkara seperti yang terunggah dari akun Instagram Citbitik Mayangkara @citbitikmayangkara (27/2/2019)

Seperti tertulis di blogspot milik Citbitik Mayangkara citbitikmayangkara.blogspot.com (27/2/2019), pemuda asli kampung Pasar Minggu, Ncit merupakan sosok pemuda yang rajn, sholeh dan berbakti kepada orangtua dan dia memiliki nama panggilan kesayangan dari kakeknya yaitu “Bitik”, sehingga di kawasan kampung Pasar Minggu, dia dikenal dengan Ncitbitik. Kemudian Ncitbitik menurunkan ilmu silatnya secara turun temurun kepada anak cucunya sehingga hingga kini ilmu silatnya dikenal dengan nama silat Citbitik.

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Hingga kini, masih ada sanggar yang eksis melatih silat Citbitik pada para pemuda Betawi di kawasan Pasar Minggu yaitu Sanggar Silat Citbitik Mayangkara seperti yang terunggah dari akun Instagram Citbitik Mayangkara (@citbitikmayangkara)

Sanggar Silat Citbitik Mayangkara sudah berdiri sejak tahun 1988 dan tercatat sebagai anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia. Sanggar silat ini dilansir beritajakarta.id (27/2/2019) menggunakan filosofi takwa, tabah dan tangguh dan bagi siapapun yang tertarik dengan silat Citbitik bisa datang ke GOR Pasar Minggu setiap Rabu dan Jumat sore yang terbuka untuk anak hingga dewasa.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.