Silat Betawi dari Abad 17 Silat Citbitik.jpg

Berita Kawasan

Silat Betawi dari Abad 17, Silat Citbitik

Bicara soal budaya Betawi, tentu akan banyak sekali pembahasan yang menarik. Salah satu budaya Betawi yang hingga saat ini perlu dilestarikan adalah silat. Silat Betawi pun memiliki jenis yang tidak hanya satu, seperti ada silat beksi, silat cingkrik, silat sabeni dan masih banyak lagi.

Salah satu aliran silat Betawi yang hampir punah dan butuh dilestarikan adalah silat Citbitik. Aliran silat ini sudah ada dari abad 17 Masehi. Berbeda dengan silat pada umumnya, silat Citbitik mengandalkan kuda-kuda rendah dan memiliki kelebihan sebagai olah kemampuan bela diri di tempat yang sempit.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Silat Citbitik memiliki tujuh jurus andalan diantaranya seliwa, sabet, kemudi dan tender. Seluruh jurus pada silat Citbitik mengandalkan kemampuan bela diri tangan kosong sebagaimana dilansir beritajakarta.id (27/2/2019).

Ternyata, jenis aliran silat Citbitik ini diciptakan oleh pendekar perempuan bernama Mak Tjenik, yang kemudian diwarisi pada Ncit, seorang pemuda asal Pasar Minggu dan hingga kini masih ada sanggar yang eksis melatih silat Citbitik pada para pemuda Betawi di kawasan Pasar Minggu yaitu Sanggar Silat Citbitik Mayangkara seperti yang terunggah dari akun Instagram Citbitik Mayangkara @citbitikmayangkara (27/2/2019)

Seperti tertulis di blogspot milik Citbitik Mayangkara citbitikmayangkara.blogspot.com (27/2/2019), pemuda asli kampung Pasar Minggu, Ncit merupakan sosok pemuda yang rajn, sholeh dan berbakti kepada orangtua dan dia memiliki nama panggilan kesayangan dari kakeknya yaitu “Bitik”, sehingga di kawasan kampung Pasar Minggu, dia dikenal dengan Ncitbitik. Kemudian Ncitbitik menurunkan ilmu silatnya secara turun temurun kepada anak cucunya sehingga hingga kini ilmu silatnya dikenal dengan nama silat Citbitik.

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Hingga kini, masih ada sanggar yang eksis melatih silat Citbitik pada para pemuda Betawi di kawasan Pasar Minggu yaitu Sanggar Silat Citbitik Mayangkara seperti yang terunggah dari akun Instagram Citbitik Mayangkara (@citbitikmayangkara)

Sanggar Silat Citbitik Mayangkara sudah berdiri sejak tahun 1988 dan tercatat sebagai anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia. Sanggar silat ini dilansir beritajakarta.id (27/2/2019) menggunakan filosofi takwa, tabah dan tangguh dan bagi siapapun yang tertarik dengan silat Citbitik bisa datang ke GOR Pasar Minggu setiap Rabu dan Jumat sore yang terbuka untuk anak hingga dewasa.

Read More

Artikel Lainnya

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dapat Membantu Melawan COVID-19

Kesehatan

Penelitian Menemukan Kaitan Imunitas DBD dalam Melawan COVID-19

22 September 2020, 17:03

Penelitian ini membandingkan distribusi geografis kasus virus corona dengan penyebaran demam berdarah pada 2019 dan 2020.

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

Berita Kawasan

DKI Jakarta Perlu Penambahan Lahan Pemakaman Khusus COVID-19

22 September 2020, 16:20

Saat ini, terdapat dua TPU khusus COVID-19: Pondok Ranggon dan TPU Tegal Alur. Jika tak ada penambahan lahan, dikhawatirkan lahan itu akan habis.

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

Pendidikan

Pemkot Bogor Luncurkan Pedoman PJJ dan WiFi Publik Gratis di 797 RW

22 September 2020, 14:15

Ada sejumlah persoalan dalam penerapan PJJ, seperti persoalan akses wifi yang tidak merata, kemampuan untuk membeli kuota internet dan materi pembelajaran.

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

Berita Kawasan

Dengan 620 Pompa, DKI Jakarta Siaga 24 Jam Hadapi Banjir

22 September 2020, 13:17

Dinas Sumber Daya Air (SDA) DKI Jakarta memastikan mayoritas pompa mobile dan pompa stasioner di Jakarta dalam kondisi prima menghadapi musim hujan.


Comments


Please Login to leave a comment.