Silat Betawi dari Abad 17 Silat Citbitik.jpg

Berita Kawasan

Silat Betawi dari Abad 17, Silat Citbitik

Bicara soal budaya Betawi, tentu akan banyak sekali pembahasan yang menarik. Salah satu budaya Betawi yang hingga saat ini perlu dilestarikan adalah silat. Silat Betawi pun memiliki jenis yang tidak hanya satu, seperti ada silat beksi, silat cingkrik, silat sabeni dan masih banyak lagi.

Salah satu aliran silat Betawi yang hampir punah dan butuh dilestarikan adalah silat Citbitik. Aliran silat ini sudah ada dari abad 17 Masehi. Berbeda dengan silat pada umumnya, silat Citbitik mengandalkan kuda-kuda rendah dan memiliki kelebihan sebagai olah kemampuan bela diri di tempat yang sempit.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Silat Citbitik memiliki tujuh jurus andalan diantaranya seliwa, sabet, kemudi dan tender. Seluruh jurus pada silat Citbitik mengandalkan kemampuan bela diri tangan kosong sebagaimana dilansir beritajakarta.id (27/2/2019).

Ternyata, jenis aliran silat Citbitik ini diciptakan oleh pendekar perempuan bernama Mak Tjenik, yang kemudian diwarisi pada Ncit, seorang pemuda asal Pasar Minggu dan hingga kini masih ada sanggar yang eksis melatih silat Citbitik pada para pemuda Betawi di kawasan Pasar Minggu yaitu Sanggar Silat Citbitik Mayangkara seperti yang terunggah dari akun Instagram Citbitik Mayangkara @citbitikmayangkara (27/2/2019)

Seperti tertulis di blogspot milik Citbitik Mayangkara citbitikmayangkara.blogspot.com (27/2/2019), pemuda asli kampung Pasar Minggu, Ncit merupakan sosok pemuda yang rajn, sholeh dan berbakti kepada orangtua dan dia memiliki nama panggilan kesayangan dari kakeknya yaitu “Bitik”, sehingga di kawasan kampung Pasar Minggu, dia dikenal dengan Ncitbitik. Kemudian Ncitbitik menurunkan ilmu silatnya secara turun temurun kepada anak cucunya sehingga hingga kini ilmu silatnya dikenal dengan nama silat Citbitik.

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Hingga kini, masih ada sanggar yang eksis melatih silat Citbitik pada para pemuda Betawi di kawasan Pasar Minggu yaitu Sanggar Silat Citbitik Mayangkara seperti yang terunggah dari akun Instagram Citbitik Mayangkara (@citbitikmayangkara)

Sanggar Silat Citbitik Mayangkara sudah berdiri sejak tahun 1988 dan tercatat sebagai anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia. Sanggar silat ini dilansir beritajakarta.id (27/2/2019) menggunakan filosofi takwa, tabah dan tangguh dan bagi siapapun yang tertarik dengan silat Citbitik bisa datang ke GOR Pasar Minggu setiap Rabu dan Jumat sore yang terbuka untuk anak hingga dewasa.


Read More

Artikel Lainnya

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusu s.jpg

Kecantikan dan Fashion

Kolaborasi dengan Free Fire, Maybelline Luncurkan Lip Cream Edisi Khusus

27 September 2022, 16:37

Maybelline baru-baru ini meluncurkan lipcream Superstay Matte Ink dengan delapan shade warna yang terinspirasi dari empat karakter perempuan di mobile game Free Fire.

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listri k.jpg

Berita Kawasan

Biasakan Transportasi Ramah Lingkungan, Kota Bogor Hadirkan Sepeda Listrik

27 September 2022, 14:34

Kota Bogor disebut sebagai kota pertama di Indonesia yang berkolaborasi dengan Beam dalam menghadirkan sepeda listrik yang bisa disewa masyarakatnya.

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offlin e.jpg

Kecantikan dan Fashion

Bertempat di PIM 3, JFW 2023 Digelar Secara Offline

27 September 2022, 11:32

Jakarta Fashion Week diumumkan kembali digelar tahun ini dengan acara yang digelar secara luring di venue yang berlokasi di Pondok Indah Mall 3.

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka untuk Publik.jpg

Hobi dan Hiburan

Healing di Alam Surabaya, Romokalisari Adventure Land Dibuka

26 September 2022, 18:15

Pada akhir pekan kemarin, Wali Kota Surabaya secara resmi meluncurkan wisata alam baru yang menggabungkan sejumlah wahana seru.


Comments


Please Login to leave a comment.