Silat Betawi dari Abad 17 Silat Citbitik.jpg

Berita Kawasan

Silat Betawi dari Abad 17, Silat Citbitik

Bicara soal budaya Betawi, tentu akan banyak sekali pembahasan yang menarik. Salah satu budaya Betawi yang hingga saat ini perlu dilestarikan adalah silat. Silat Betawi pun memiliki jenis yang tidak hanya satu, seperti ada silat beksi, silat cingkrik, silat sabeni dan masih banyak lagi.

Salah satu aliran silat Betawi yang hampir punah dan butuh dilestarikan adalah silat Citbitik. Aliran silat ini sudah ada dari abad 17 Masehi. Berbeda dengan silat pada umumnya, silat Citbitik mengandalkan kuda-kuda rendah dan memiliki kelebihan sebagai olah kemampuan bela diri di tempat yang sempit.

[Baca Juga: Mempelajari Pencak Silat, Bela Diri Asal Indonesia yang Mendunia]

Silat Citbitik memiliki tujuh jurus andalan diantaranya seliwa, sabet, kemudi dan tender. Seluruh jurus pada silat Citbitik mengandalkan kemampuan bela diri tangan kosong sebagaimana dilansir beritajakarta.id (27/2/2019).

Ternyata, jenis aliran silat Citbitik ini diciptakan oleh pendekar perempuan bernama Mak Tjenik, yang kemudian diwarisi pada Ncit, seorang pemuda asal Pasar Minggu dan hingga kini masih ada sanggar yang eksis melatih silat Citbitik pada para pemuda Betawi di kawasan Pasar Minggu yaitu Sanggar Silat Citbitik Mayangkara seperti yang terunggah dari akun Instagram Citbitik Mayangkara @citbitikmayangkara (27/2/2019)

Seperti tertulis di blogspot milik Citbitik Mayangkara citbitikmayangkara.blogspot.com (27/2/2019), pemuda asli kampung Pasar Minggu, Ncit merupakan sosok pemuda yang rajn, sholeh dan berbakti kepada orangtua dan dia memiliki nama panggilan kesayangan dari kakeknya yaitu “Bitik”, sehingga di kawasan kampung Pasar Minggu, dia dikenal dengan Ncitbitik. Kemudian Ncitbitik menurunkan ilmu silatnya secara turun temurun kepada anak cucunya sehingga hingga kini ilmu silatnya dikenal dengan nama silat Citbitik.

[Baca Juga: Olahraga Beladiri Lebih Banyak Bakar Kalori di Kemang Fight Gym]

Hingga kini, masih ada sanggar yang eksis melatih silat Citbitik pada para pemuda Betawi di kawasan Pasar Minggu yaitu Sanggar Silat Citbitik Mayangkara seperti yang terunggah dari akun Instagram Citbitik Mayangkara (@citbitikmayangkara)

Sanggar Silat Citbitik Mayangkara sudah berdiri sejak tahun 1988 dan tercatat sebagai anggota Ikatan Pencak Silat Indonesia. Sanggar silat ini dilansir beritajakarta.id (27/2/2019) menggunakan filosofi takwa, tabah dan tangguh dan bagi siapapun yang tertarik dengan silat Citbitik bisa datang ke GOR Pasar Minggu setiap Rabu dan Jumat sore yang terbuka untuk anak hingga dewasa.


Read More

Artikel Lainnya

Astralife Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahny a.jpg

Bisnis

Astra Life Hadirkan Apps MyAstraLife Guna Permudah Akses Bagi Nasabahnya

19 August 2022, 15:55

Dalam upaya mendorong proses digitalisasi untuk mempermudah para nasabah serta calon nasabahnya, Astra Life secara resmi meluncurkan aplikasi MyAstraLife.

Tablet Mini Mumpuni dengan Harga Terjangkau, realme Pad Mini Resmi Diluncurkan.jpg

Bisnis

Peluncuran realme Pad Mini, Tablet Mumpuni dengan Harga Terjangkau

19 August 2022, 13:53

Dengan harga yang masih di kisaran Rp2 jutaan, realme Indonesia menghadirkan produk tablet mini dengan jeroan yang mumpuni.

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies.jpg

Properti dan Solusi

Dilengkapi 7.421 Rusunawa, JAKHABITAT Diresmikan Anies

19 August 2022, 11:51

Dalam rangka memberikan akses pemukiman berkualitas dengan biaya terjangkau untuk warganya, Anies Baswedan meresmikan ribuan Rusunawa dalam program JAKHABITAT.

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT RI ke-77 Kota Bekas i.jpg

Berita Kawasan

Veteran Kemerdekaan Naik Podium di Upacara HUT ke-77 RI Kota Bekasi

18 August 2022, 15:41

Dalam upacara HUT RI ke-77 kemarin di Kota Bekasi terdapat momen menarik ketika seorang veteran perang kemerdekaan Indonesia turut diundang untuk memberikan pesan kepada generasi penerus.


Comments


Please Login to leave a comment.