CIBUBUR-BISNIS-SIMAK INI SEBELUM MEMULAI USAHA PENITIPAN ANAK-KIKI-1100 px X 600 px-01.jpg

Bisnis

Simak Ini Sebelum Memulai Usaha Penitipan Anak

Jika Anda tinggal di daerah pinggiran Jakarta, lingkungan tempat tinggal Anda biasanya dipenuhi keluarga yang bekerja aktif. Kebutuhan ekonomi membuat pasangan yang memiliki anak memilih untuk bekerja, sehingga tak ada waktu untuk mengasuh anak mereka. Melihat fenomena ini, ada peluang usaha yang potensinya cukup besar serta potensinya juga tinggi, yaitu usaha penitipan anak atau daycare.

Usaha yang satu ini tentu prospeknya cerah, apalagi jika Anda tinggal dilingkungan yang biasanya dihuni oleh keluarga baru. Usaha penitipan anak atau daycare tidak membutuhkan modal yang besar seperti usaha rumahan lainnya. Untuk membuka usaha ini, yang harus Anda perhatikan adalah faktor kenyamanan dan keamanan.

Untuk itu ada beberapa hal yang harus Anda siapkan untuk membuat penitipan anak yang nyaman serta aman seperti yang dikutip dari berbagai sumber saat diakses pada (18/10). Dimulai dari pemilihan ruangan yang bersih dan tidak lembab, sirkulasi udara cukup, instalasi listrik aman, tidak ada perabotan yang sudutnya tajam, toilet bersih dan wastafel yang ramah anak.

Peralatan dan Perlangkapan yang Dibutuhkan

Untuk memulai usaha ini bukan hanya ruangan yang Anda butuhkan. Dilansir dari berbagai sumber pada Kamis (18/10), ada beberapa peralatan dan perlengkapan yang harus Anda lengkapi sebelum memulai usaha ini. Apa saja kah peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan? Berikut daftarnya:

  1. Perlengkapan tidur anak (banta, selimut, guling)
  2. Tempat tidur atau boks bayi
  3. Peralatan makan anak
  4. Rak buku atau loker untuk menyimpan barang pribadi sang anak
  5. Mainan yang aman serta edukatif
  6. Rak tempat penyimpanan mainan
  7. Pegawai atau pengasuh anak
  8. CCTV untuk keamanan

Persiapan dan Kebutuhan Lain

Setelah Anda membeli berbagai macam kebutuhan untuk penitipan anak, ada beberapa hal lagi yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Izin usaha

Hal ini sangat penting untuk legalitas dan modal utama Anda untuk menarik kepercayaan dari calon pelanggan Anda. Legalitas ini akan membuat orang tua lebih percaya dan tenang karena usaha Anda bisa dieprtanggung jawabkan secara hukum.

  • Manajemen

Sebelum membuka penitipan anak, ada baiknya Anda menciptakan manajemen atau alur kerja yang baik dan sistematis. Hal ini membuat sistem penitipan Anda nantinya lebih rapi dan teratur.

  • Keamanan

Bukan hanya CCTV untuk memantau keadaan penitipan dan menjaga keamanan. Jika perlu Anda bisa saja menyewa jasa satpam untuk menjaga keamanan penitipan Anda. Pastikan tidak ada orang asing yang masuk ke area penitipan selain pegawai dan orang tua.

  • Promosi

Saat Anda baru saja meresmikan usaha Anda, upaya promosi sangat dibutuhkan. Promosi bisa dilakukan dalam dua metode, yang pertama berbayar dan yang kedua gratis. Untuk memulai promosi gratis, Anda bisa mengenalkan usaha Anda ke kerabat atau tetangga dari mulut ke mulut. Anda bisa juga menggunakan media iklan di sosial media atau membuat penawaran kerja dengan kantor atau perusahaan.

Analisa Modal dan Biaya Operasional Penitipan Anak

Untuk memulai bisnis ini tentunya Anda membutuhkan modal, untuk membeli kebutuhan dan perlengkapan modal awal yang Anda butuhkan mulai dari Rp10.000.000,- sedangkan untuk renovasi, mengurus perizinan dan promosi, modal yang dibutuhkan mulai dari Rp5.000.000,-

Sedangkan biaya operasional bulanan tergantung lokasi dan keadaan penitipan yang Anda kelola. Jika Anda menggunakan bangunan pribadi untuk memulai usaha ini, biaya operasional yang Anda butuhkan hanya biaya listrik, air, dan gaji pegawai. Jumlah tagihan listrik juga sesuai dengan besarnya watt yang Anda gunakan, namun jika Anda membayar kebutuhan listrik dan air biaya berkisar mulai dari Rp800.000,- sedangkan untuk gaji dua orang pegawai jika mengikuti UMR Jakarta adalah mulai dari Rp7.200.000

Dari kedua analisa tersebut Anda tentu bisa memutuskan berapa biaya penitipan satu anak dalam sebulan sehingga Anda mendapatkan omzet yang memuaskan. Analisa di atas tentu hanya gambaran kasar, jika Anda berminat untuk membuka usaha penitipan anak tentunya Anda bisa menyesuaikan modal yang Anda miliki.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.