Simulasi Vaksinasi COVID-19 di Kota Depok Siap Digelar Pekan Ini.jpg

Kesehatan

Simulasi Vaksinasi COVID-19 di Kota Depok Siap Digelar Pekan Ini

Pemerintah Republik Indonesia telah membeli vaksin COVID-19 dari tiga perusahaan China yakni, Sinovac, Sinopharm, dan Cansino yang telah melewati tahap uji klinis fase ketiga. Dengan pembelian ini maka pemerintah sudah dapat memulai proses vaksinasi COVID-19 tahap pertama. Demi mempersiapkan proses vaksinasi tersebut, Pemerintah Jawa Barat akan menggelar simulasinya pada pekan ini di Kota Depok. Pengumuman simulasi vaksinasi COVID-19 ini langsung disampaikan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Sekadar informasi, vaksin yang dibeli dari tiga perusahaan farmasi asal Tiongkok tersebut saat ini masih dalam tahapan uji keamanan dan kehalalan yang dilakukan tim Kementerian Agama, Majelis Ulama Indonesia, dan Badan Pengawas Obat dan Makanan. Bila vaksin COVID-19 itu lolos uji maka sesuai rencana akan ada 9,1 juta warga Tanah Air yang akan mulai diberikan vaksin mulai bulan depan sampai Desember 2020.

Simulasi Vaksinasi COVID-19 di Kota Depok Siap Digelar Pekan In i.jpg

Sementara itu, berdasarkan Coronavirus Vaccine Tracker dikatakan tiga vaksin tersebut belum sampai pada tahapan disetujui atau melewati tiga tahapan uji klinis. Vaksi Cansino baru masuk pengujian klinis fase III di Arab Saudi, Pakistan, dan Rusia. Pihak militer China telah menyetujui penggunaan vaksin ini untuk kalangan terbatas. Untuk vaksin Sinopharm, uji coba fase III dilaksanakan di Uni Emirat Arab pada Juli, dan di Peru serta Maroko pada bulan berikutnya. Pada 14 September, Uni Emirat Arab memberikan persetujuan darurat untuk vaksin Sinopharm untuk digunakan pada petugas kesehatan. Sementara itu, untuk Sinovac meluncurkan uji coba fase III di Brasil pada Juli, diikuti uji klinis di Indonesia dan Turki. Pada 16 September, mereka mendaftarkan uji coba fase 1/2 dari vaksin untuk anak-anak.

Berdasarkan keterangan yang dirangkum nytimes.com (20/10/2020), pada Oktober, pihak berwenang di kota Jiaxing, China Timur mengumumkan, mereka memberikan CoronVac dari Sinovac tersebut kepada orang-orang yang memiliki pekerjaan berisiko tinggi, termasuk pekerja medis, inspektur pelabuhan dan petugas layanan publik. Sinovac juga telah mempersiapkan pembuatan vaksin untuk distribusi global, mencapai kesepakatan untuk memasok Indonesia dengan setidaknya 40 juta dosis hingga Maret 2021. Pada September, CEO Sinovac Yin Weidong mengatakan, perusahaan berencana mendistribusikan vaksin ke seluruh dunia pada awal 2021, termasuk Amerika Serikat.

[Baca Juga: Sudah Sampai Tahap Mana Penelitian Vaksin COVID-19 Saat Ini?]

Persiapan simulasi vaksinasi COVID-19 di Kota Depok yang akan digelar pada pekan ini itu disampaikan pria yang akrab disapa dengan panggilan Kang Emil tersebut usai rapat mingguan Komite Kebijakan Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Daerah Provinsi Jawa Barat. Di mana kegiatan itu digelar di Makodam III/Siliwangi, Kota Bandung pada 19 Oktober 2020.

Simulasi Vaksin

“Minggu ini kami ada rencana melakukan simulasi persiapan penyuntikan vaksin di Kota Depok, kemungkinan Kamis (22/10/2020), sebagai respons persiapan adanya gelombang I vaksin untuk Republik Indonesia,” jelas Ridwan Kamil, sebagaimana dikutip dari humas.jabarprov.go.id (19/10/2020).

Pemilihan Kota Belimbing sebagai lokasi simulasi vaksinasi COVID-19 tak telepas dari kondisi Bogor, Depok, dan Bekasi atau Bodebek yang memang masih menjadi daerah dengan epidemiologi tinggi terkait wabah yang disebabkan virus Corona tersebut. Di mana menurut Kang Emil, dalam simulasi ini akan memperlihatkan kesiapan dari 1.000 tenaga penyuntik vaksin Bodebek untuk menilai apakah jumlah tersebut memang memadai atau harus ditambah lagi.

Selain membahas mengenai simulasi vaksinasi COVID-19, Kang Emil juga menyebut, relawan COVID-19 se-Bandung Raya akan memulai pelatihannya sampai 9 November 2020. Relawan yang berjumlah 3.000 orang itu akan dilatih di bawah arahan Badan Penanggulangan Bencana Daerah atau BPBD Jawa Barat dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPD). Rencananya mereka akan dilatih dalam penguatan mengenai Adaptasi Kebiasaan Baru serta ikut menjadi relawan tracing COVID-19.

Read More

Artikel Lainnya

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Do a.jpg

Berita Kawasan

Anies Baswedan Positif COVID-19, Kang Emil Haturkan Doa

02 December 2020, 13:07

Kang Emil mendoakan Gubernur DKI Jakarta lekas pulih usai Anies Baswedan positif terinfeksi COVID-19.

Gubernur-Wagub DKI Jakarta Positif COVID-19, Balai Kota Disinfeksi 3 Hari Berturut-tur ut.jpg

Berita Kawasan

Gubernur-Wagub DKI Jakarta Positif COVID-19, Balai Kota Disinfeksi 3 Hari Berturut-turut

02 December 2020, 12:07

Setelah Gubernur dan Wagub DKI Jakarta dinyatakan positif COVID-19, area Balai Kota DKI disemprot cairan disinfektan selama tiga hari berturut-turut.

Pilihan Resep Nutela yang Tidak Mungkin Bisa Ditolak

Kuliner

Pilihan Resep Nutela yang Tidak Mungkin Bisa Ditolak

02 December 2020, 12:01

Berikut tiga pilihan resep camilan manis yang menggunakan Nutela sebagai bahan yang menambahkan cita rasa tersendiri. Bila Anda ditawarkan salah satu dari makanan ini, 'tidak' bukanlah pilihan.

Ini Rahasia Rambut George Clooney

Kecantikan dan Fashion

Ini Rahasia Rambut George Clooney

02 December 2020, 11:05

Aktor, produser eksekutif, dan sutradara George Clooney membagikan rahasianya dalam menjaga kerapihan rambutnya selama pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.