Sinar Mas Land Gandeng Investor Asing Kembangkan TOD di BSD City

Properti dan Solusi

Sinar Mas Land Gandeng Investor Asing Kembangkan TOD di BSD City

Jika tak ada aral melintang, pengembangan hunian, komersial, dan transportasi berbasis transit oriented development atau TOD siap dilakukan Sinar Mas Land dengan menggandeng investor asing Mitbana Pte Ltd sebagai perusahaan patungan antara Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation.

Sebagai salah satu pengembang terkemuka, Sinar Mas Land memandang kerja sama ini dengan tujuan membuat pengembangan sebuah TOD di kawasan BSD City, Serpong, Tangerang, Banten. Sementara sejak didirikan pada Maret 2019, Mitbana merupakan perusahaan yang berpusat di Singapura dengan fokus pengembangan berskala kota dan TOD di Asia Tenggara dan Asia Selatan.

Sinar Mas Land Gandeng Investor Asing Kembangkan TOD di BSD City

Group Chief Executive Officer Sinar Mas Land Michael Widjaja dalam siaran persnya dari Singapura (12/9/2020) mengatakan, ”Kami menyambut baik kerja sama dengan Mitbana untuk memajukan BSD City menjadi kota pintar yang terintegrasi, terhubung, dan mudah diakses dari berbagai destinasi. Dengan kerja sama ini, Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar kami di BSD City. Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City dan sekitarnya serta proyek ini pun dapat menjadi acuan pengembangan TOD di Indonesia.”

Dengan kerja sama ini, Mitbana akan menjadi mitra pengembang terbesar kami di BSD City. Kami harap kerja sama ini akan memberikan nilai tambah bagi warga BSD City.

Seperti diberitakan kompas.id (14/9/2020), kerja sama ini sekaligus melengkapi data dari Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM), bahwa Singapura menjadi penanam modal asing tertinggi di semester pertama tahun 2020 dengan jumlah investasi 3,4 miliar USD dalam 5.348 proyek. Di periode yang sama, Jepang menempati posisi penanam modal asing kedua dengan investasi sejumlah 2,4 miliar USD melalui 3.708 proyek di Indonesia.

[Baca Juga: Sinar Mas Land Rangkul Microsoft Wujudkan Konsep Smart City]

Kerja sama Mitbana dengan Sinar Mas Land merupakan bukti nyata kepercayaan kedua negara tersebut terhadap perkembangan ekonomi Indonesia dan memperbarui komitmen ketiga perusahaan dalam sinergi ekonomi.

Menurut Michael, kerja sama Sinar Mas Land dan Mitbana akan membuat pengembangan terintegrasi berbasis TOD berdasarkan tren urban saat ini, khususnya dengan pertimbangan era pasca-pandemi COVID-19 nanti.

Dengan pengalaman dan keahlian dari Surbana Jurong dan Mitsubishi Corporation, Mitbana berkeyakinan dapat mengakselerasi pengembangan tersebut dengan dukungan modal dari pihak ketiga. Infrastruktur yang baik dalam pengembangan ini akan turut mendukung Pemerintah Indonesia untuk mengelola konektivitas yang baik untuk warga dan para komuter di Jakarta dan Tangerang.

Transportasi yang Mempermudah Warga

Seperti diketahui, BSD City adalah pengembangan berskala kota dari Sinar Mas Land di kawasan Kabupaten Tangerang dan Kota Tangerang Selatan. Pembangunannya dimulai sejak tahun 1980-an dan terus berkembang dengan beragam fasilitas, seperti pusat niaga, sekolah, pusat perbelanjaan, rumah sakit, hotel, dan convention center.

Sinar Mas Land Gandeng Investor Asing Kembangkan TOD di BSD City

Selama ini pengembangan berbasis TOD yang dilakukan Sinar Mas Land sebetulnya sudah terlihat dengan membuat Terminal Intermoda BSD City yang terkoneksi dengan Stasiun KRL Cisauk. Selain itu, konektivitas yang dibangun Sinar Mas Land juga sudah mempermudah warga dan pendatang singgah ke Pasar Modern Sinar Mas Land, termasuk pula mempermudah akselerasi menuju sejumlah kampus ternama di kawasan tersebut.

Sejalan dengan pengembangan tersebut, Mitbana akan melakukan akselerasi pengembangan area residensial, komersial, dan transportasi di lahan seluas lebih dari 100 hektar di BSD City dengan konsep TOD. Pengembangan ini dapat turut dinikmati oleh lebih dari 200.000 orang yang sekarang tinggal dan beraktivitas di BSD City. BSD City sendiri telah dipercaya sebagai tuan rumah bagi beragam perusahaan ternama, seperti Apple Developer Academy (yang dijalankan Apple bersama universitas lokal) dan Grab (perusahaan transportasi online dari Singapura).

[Baca Juga: 5 Keuntungan Bisnis Akibat Dampak TOD Kawasan Cibubur]

Read More

Artikel Lainnya

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

Hobi dan Hiburan

Serunya Nonton Film Bareng di Drive-In Senja Bandung

26 September 2020, 11:39

Ini dilakukan outdoor. Mudah-mudahan tidak terlalu khawatir juga sama COVID-19. Karena kita berada di mobil sendiri relatif lebih aman.

Di Bawah Rp500 Ribuan, Amazfit Neo Siap Diluncurkan .jpg

Bisnis

Di Bawah Rp500.000-an, Amazfit Neo Siap Diluncurkan

25 September 2020, 18:43

Perusahaan Huami siap meramaikan pasar jam tangan pintar di Indonesia dengan produk Amazfit Neo yang memiliki harga tak sampai Rp500 ribuan.

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

Kecantikan dan Fashion

Memadukan Seni, Sains, dan Teknologi dalam Batik Fractal

25 September 2020, 16:06

Ternyata algoritma matematika bisa menghasilkan corak batik. Begini cara membuat batik frctal dengan apliksi yang diciptakan anak bangsa.

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan.jpg

Berita Kawasan

Aplikasi Si Ondel Permudah Warga DKI Jakarta Bayar Pajak Kendaraan

25 September 2020, 13:28

Baru-baru ini Polda Metro Jaya dan Bank DKI berkolaborasi dalam memudahkan pembayaran pajak kendaraan melalui aplikasi bernama Si Ondel.


Comments


Please Login to leave a comment.