Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pande mi.jpg

Pendidikan

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi

Sinarmas World Academic atau SWA dikenal sebagai sekolah yang memberikan pengalaman pendidikan internasional kepada siswa-siswinya dengan tujuan menciptakan para individu yang siap menghadapi masa depan sekaligus berguna untuk lingkungan sekitarnya. Di mana sekolah yang berlokasi di Jalan TM Pahlawan Seribu CBD Lot XV BSD City, Kota Tangerang ini berusaha merealisasikan tujuan tersebut melalui metode kurikulum holistis. Namun semua metode pembelajaran tersebut tak semuanya bisa dilakukan secara efektif karena pengaruh pandemi COVID-19 tapi pihak SWA menyatakan, mereka tetap bisa beradaptasi

Metode kurikulum holistis yang diterapkan SWA pada dasarnya mengacu terhadap konsep Taksonomi Bloom yang dikombinasikan dengan kurikulum Early Years Foundation Stage untuk usia balita, lalu Cambridge Curiculum untuk tingkat TK 2 sampai kelas 5, Cambridge Assesment International Education untuk kelas 6 sampai 10, lalu dalam mempersiapkan IB Diploma Programme, sejak kelas 9 ada program BEST (Business, Engineering, Science & Technology) untuk mengarahkan minat dari para siswa-siswinya. Di mana ini juga diiringi dengan aspek-aspek pengembangan diri lainnya seperti moral hingga empati.

Sinarmas World Academic Tetap Mampu Terapkan Kurikulumnya Selama Pandemi.jpg

Semua kurikulum holistis ini pada umumnya diterapkan Sinarmas World Academic dengan berbagai kegiatan di lingkungan sekolahnya, baik itu kegiatan di kelas, berolahraga, atau berkreasi di ruangan-ruangan lainnya. Namun hal tersebut tak bisa dilakukan untuk saat ini akibat kondisi pandemi COVID-19. Kondisi ini pun memicu SWA beradaptasi dengan mencoba memodifikasi konsep kurikulumnya yang biasanya dilakukan di lingkungan sekolah tapi dialihkan ke rumah masing-masing dari muridnya.

[Baca Juga: Tangerang Selatan Waspada Kluster COVID-19 Baru di Sekolah]

“Jadi yang kita lakukan adalah kita memang harus beradaptasi dan belajar fleksibel. Kita enggak bisa new normal ini menerapkan cuman bedanya schedule-nya dulu di offline-nya begini, kita masukan semua dengan schedule yang sama tapi dengan cara online. Oh enggak bisa karena sulit sekali. Jadi kita lakukan dengan dua jenis, yaitu asynchronouse dan synchronouse,” jelas Konselor Sekolah SWA Danny K. Tania dalam konferensi pers virtual Sinarmas World Academy dalam menyambut International Children’s Day 2020 melalui Zoom (26/11/2020).

Danny mencontohkan kedua metode ini diterapkan untuk kelas PAUD. Metode ini dimulai dengan para guru SWA yang menyiapkan materi serta perlengkapan apa yang dibutuhkan para orangtua murid dan anaknya di rumah agar sesi online-nya lebih singkat dengan guru yang memberikan instruksi pelajaran. Bahkan untuk menambahkan semangat dari para murid-muridnya, selama sesi online, para guru telah menghias ruangan mereka yang menjadi latar belakang selama pelajaran seperti kelas atau sesuai tema pelajaran.

[Baca Juga: Hari Guru, Wali Kota Tangerang Harapkan Kreativitas Guru di Masa Pandemi]

Bahkan dari sisi sosial yang memang menjadi bagian dari kurikulum di Sinarmas World Academic, pihak sekolah tetap mendorong para pelajarnya tetap untuk terlibat dalam kegiatan organisasi yang dapat mereka lakukan dari rumah tapi tetap mampu memberikan manfaat. Salah satunya adalah melalui pertemuan atau majelis virtual yang dilakukan setiap pekan dengan para pelajar yang diberikan waktu selama satu jam untuk saling berkomunikasi satu sama lain dan membicarakan apa yang mereka bicarakan hingga mengajak sesama siswa-siswi untuk ikut dalam kompetisi.

Langkah di atas pun terbilang sukses dan ini terlihat dalam momen menyambut Hari Anak Internasional 2020. Karena sejumlah pelajar SWA meraih gelar juara pertama di kompetisi internasional, yaitu World Robot Olympiad 2020 di Kanada secara virtual. Bahkan ada juga murid SWA yang mengerjakan proyek untuk kegiatan sosial yang bergerak dari kepedulian mereka terhadap lingkungan. Rasa kepedulian ini pun menghasilkan karya lagu yang diikutkan dalam ajang 2020 Bow Seat Ocean Awareness Contest Music Category.

Read More

Artikel Lainnya

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

Berita Kawasan

FKUB Medan Terima Penghargaan Harmony Award 2020

18 January 2021, 17:17

Tentunya Penghargaan ini sangat berarti dalam meningkatkan motivasi dan Kinerja Baik Pemko maupun FKUB untuk terus merawat, memelihara dan menguatkan kehidupan keagamaan.

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

Pendidikan

Kanal Youtube Disdik Depok Perkaya Pembelajaran Daring Siswa

18 January 2021, 16:17

Kanal yang diberi nama Belajar Bersama Disdik Kota Depok ini, bertujuan untuk mendukung kegiatan Belajar Dari Rumah (BDR) atau pembelajaran daring siswa.

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

Kesehatan

Pantauan Vaksinasi Tenaga Medis di Tangerang Selatan

18 January 2021, 15:28

Proses pendaftaran vaksinasi ada empat alur. Meja pertama, calon penerima vaksin yang mendapatkan SMS yang sudah mendaftar melalui aplikasi, melakukan registrasi dan pencatatan.

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

Bisnis

Kerjasama Pemkot dan Gojek Perkuat Pariwisata dan UMKM di Kota Malang

18 January 2021, 14:23

Pemerintah Kota Malang di awal tahun 2021 melakukan terobosan dalam bentuk inisiasi kerjasama dengan GoJek dan GoPay.


Comments


Please Login to leave a comment.