Sindrom Peter Pan Membuat Pria Dewasa Bertingkah Seperti Anak-Anak

Kesehatan

Sindrom Peter Pan, Ketika Pria Dewasa Bertingkah Seperti Anak-Anak

Dikutip dari buku The Peter Pan Syndrome: Men Who Have Never Grown Up karya Dan Kiley, Sindrom Peter Pan adalah ketidakmampuan untuk tumbuh atau terlibat dalam perilaku yang biasanya dikaitkan dengan masa dewasa. Istilah ini berasal dari karakter anak-anak fiksi Peter Pan, yang tidak pernah menua.

Pria dewasa sudah seharusnya dapat hidup mandiri dan tidak bergantung pada orang lain. Namun, pria dengan sindrom Peter Pan memiliki sifat sebaliknya. Mereka tidak bersikap sesuai dengan usianya, cenderung tidak mandiri dan sangat kekanak-kanakan, sama seperti tokoh Peter Pan yang ada dalam cerita fiksi. Ada banyak sebutan untuk sindrom ini, seperti king baby atau little prince syndrome. Sindrom ini tak hanya selalu pada pria dewasa, tetapi juga pada wanita dewasa.

Sindrom Peter Pan Membuat Pria Dewasa Bertingkah Seperti Anak-Anak

Dilansir dari Science Daily (09/08/19), umumnya, pola asuh orangtua yang terlalu protektif bisa menyebabkan anak tumbuh dewasa dengan sindrom ini. Mereka merasa bahwa tumbuh dewasa harus memikul tanggung jawab yang besar, harus bisa membuat komitmen dengan diri sendiri dan orang lain, dan menghadapi tantangan hidup yang lebih sulit.

[Baca Juga: 6 Cara Mengatasi Sindrom Baby Blues]

Perasaan cemas, takut, tidak mampu, dan tidak percaya diri kemudian membuat mereka ingin melindungi diri dengan bersikap layaknya anak kecil. Tekanan mental berat inilah yang mungkin memicu rasa “ingin kabur dari tanggung jawab” dan membuat seseorang ingin kembali ke masa kanak-kanak yang tidak memiliki beban hidup.

Berikut rangkuman PingPoint.co.id dari Psychology Today, tentang ciri-ciri pria yang memiliki sindrom ini, seperti :

  1. Memiliki kecenderungan berprilaku seperti anak kecil, remaja, atau usia lebih muda darinya. Dan biasanya berteman dengan orang yang lebih muda.
  2. Selalu bergantung dan merepotkan orang lain. Mengharapkan untuk selalu dilindungi dan dituruti semua permintaannya. Takut dan memiliki kekhawatiran yang berlebihan jika melakukan segala sesuatu sendiri.
  3. Tidak bisa mempertahankan hubungan jangka panjang yang stabil, terutama percintaan. Sifatnya yang kekanakan kadang membuat pasangan menjadi tidak nyaman. Selain itu, orang dengan sindrom ini sulit untuk bersikap romantis dan memilih pasangan yang lebih muda.
  4. Takut untuk berkomitmen atau menjanjikan suatu hal, baik itu dalam hubungan cinta atau pekerjaan.
  5. Kurang bertanggung jawab dalam pekerjaan atau dalam mengelola keuangan. Selalu mengutamakan kepentingan pribadi, terutama untuk kepuasan dan kebaikan dirinya sendiri.
  6. Tidak mau mengakui kesalahan dan melimpahkannya pada orang lain sehingga sulit untuk introspeksi diri.

[Baca Juga: Cinderella Kompleks dan Ketergantungan Perempuan pada Laki-laki]

Tidak semua pria dengan sindrom Peter Pan memiliki gejala yang sama, sehingga sulit diidentifikasi. Perlu pemeriksaan lebih lanjut, bukan hanya pada pasien saja, tapi juga orang-orang di sekitarnya. Sebab pasien sering kali tidak menyadari dan merasa seolah dirinya baik-baik saja.

Meski terkait dengan masalah psikologis, sindrom ini bukan termasuk diagnosis resmi gangguan mental, seperti depresi, gangguan bipolar, atau gangguan obsesif kompulsif. Perlu perawatan yang tepat untuk mengubah perilaku pasien dan orang-orang di sekitar pasien dalam menghadapinya.

Read More

Artikel Lainnya

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan BeliYangBaik

Berita Kawasan

Konsumen Bisa Jadi Lebih Bijak, WWF Getol Gaungkan #BeliYangBaik

29 February 2020, 09:00

WWF Indonesia mengajak masyarakat Indonesia untuk bisa lebih bijak menjadi konsumen demi lingkungan yang lestari.

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

Bisnis

Kontrak IPCM dan Nusantara Regas Tunjang Pendapatan Perseroan

28 February 2020, 21:00

Kontrak kerjasama IPCM dan Nusantara Regas tunjang pendapatan sektor pasar Terminal Khusus hingga 200 persen.

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

Berita Kawasan

Ulasan Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2, Dibuat Lebih Mencekam

28 February 2020, 20:00

Sutradara Timo Tjahjanto kembali membawa tokoh Alfie ke jeratan teror supranatural dalam Sebelum Iblis Menjemput Ayat 2.

Museum Internasional Sejarah Nabi Peradaban Islam Segera Didirikan

Berita Kawasan

Museum Internasional Sejarah Nabi & Peradaban Islam Segera Didirikan

28 February 2020, 19:00

Ibu Kota akan segera memiliki lokasi wisata religi baru di wilayah utara dengan proyek pembangunan Museum Internasional Sejarah Nabi dan Peradaban Islam.


Comments


Please Login to leave a comment.