Sinergi Segitiga.jpg

Bisnis

Sinergi Segitiga Grab – Bareksa – OVO Semakin Kukuh

Perusahaan teknologi keuangan atau fintech nasional Bareksa, platform e-investasi terintegrasi, meraih pendanaan Seri C dari aplikasi terkemuka di Asia Tenggara Grab yang berkomitmen mendorong perkembangan ekosistem rintisan di Indonesia. Pendanaan Seri C ini dirampungkan pada akhir bulan Oktober lalu.

Bareksa akan mendapatkan akses ke pengguna dan mitra Grab melalui sinergi ini dengan menawarkan mereka peluang investasi dengan pembayaran yang ditangani oleh OVO. Hal ini dapat membantu meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia.

Pendanaan tersebut sejalan dengan keberhasilan Bareksa menjadi platform e-investasi pilihan masyarakat. Ini sekaligus sebagai strategi untuk memperkuat sinergi antara Grab, Bareksa, dan OVO selaku platform pembayaran digital yang menyuntikkan dana Seri B ke Bareksa pada 2019 lalu dalam memperluas dan mendemokratisasikan e-investasi ritel atau pasar modal di Indonesia melalui teknologi digital serta layanan terintegrasi.

grabmerchant.jpg

“Kami bangga dapat menjadi bagian dari keluarga Grab dan OVO yang saat ini merupakan pemain digital terkemuka di Indonesia,” kata Co-founder/CEO Bareksa Karaniya Dharmasaputra menyampaikan kegembiraannya terkait hal tersebut pada November lalu di Jakarta.

Pendanaan Grab ke Bareksa ini akan semakin mengukuhkan keberadaan Bareksa sebagai marketplace reksa dana online terintegrasi pertama di Indonesia dengan penawaran produk dan layanan investasi yang berkualitas, aman dan beragam.

Lanjutnya, ”Bersinergi dengan Grab dan OVO, Bareksa akan dapat semakin luas memberikan akses, mengedukasi manfaat investasi dan memberikan pengalaman e-investasi yang mulus kepada jutaan mitra pengemudi, pemilik kios dan UMKM, serta pengguna Grab dan OVO."

Langkah ini mencerminkan besarnya potensi pertumbuhan pasar wealth management. Tingkat penetrasi reksa dana di Indonesia baru 3 persen dari Produk Domestik Bruto (PDB) pada 2020.

[Baca Juga: Grab Salurkan Bantuan Kampanye BERSATU untuk Indonesia]

Namun jumlah investor pasar modal justru bertambah di tengah pandemi COVID-19. Data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) mencatat sampai dengan Agustus 2021 ada 6 juta investor pasar modal. KSEI menyampaikan bahwa 70 persen investor ritel membeli reksadana melalui platform fintech sepanjang 2020.

“Investasi kami di Bareksa memperkuat bisnis jasa keuangan di Indonesia dan mempertegas komitmen Grab Indonesia dalam mendorong perkembangan ekosistem rintisan. Dengan sinergi ini, kami juga berencana menawarkan peluang kepada mitra dan pengguna kami untuk berpartisipasi di pasar modal melalui platform Bareksa,” kata Country Managing Director of Grab Indonesia Neneng Goenadi.

“Kami berharap sinergi antara Grab, OVO, dan Bareksa akan semakin kuat dan berperan besar dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di tanah air.”

Karaniya Dharmasaputra yang juga Presiden Direktur OVO menyebutkan sinergi segitiga Grab – Bareksa – OVO diharapkan akan meningkatkan kontribusi dalam membantu mendorong pembiayaan perekonomian nasional.

Bareksa merupakan perusahaan tekfin pertama yang ditunjuk Kementerian Keuangan sebagai mitra distribusi Surat Berharga Negara (SBN) Ritel sejak 2018 lalu.

OVO-1.jpg

“Dengan dukungan penuh dari Grab dan OVO, Bareksa yakin dapat semakin mendukung visi pemerintah dan regulator Indonesia, khususnya Otoritas Jasa Keuangan RI dan Bank Indonesia, dalam memperluas layanan pasar modal nasional seraya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan," tambahnya.

Sementara CEO OVO Jaygan Fu Ponnudurai menyampaikan bahwa sinergi OVO-Bareksa membuktikan bahwa kolaborasi dan inovasi antar berdampak positif yang riil dalam perluasan layanan pasar modal.

Fitur OVO | Invest pertama kali diluncurkan awal 2021 dengan didukung Bareksa. Kini berkembang dalam menawarkan produk reksa dana dengan gemilang menggaet ratusan ribu nasabah baru.

“Kini dengan hadirnya Grab di sinergi yang baru ini, kami yakin produk investasi kami kedepannya akan semakin beragam dalam memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia yang semakin inklusif secara finansial,” pungkas Jaygan Fu Ponnudurai.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.