Mutasi Virus SARS-CoV-2 yang Lebih Menular Ditemukan di Indonesia

Kesehatan

Singgung Mutasi Baru COVID-19, Ganjar Minta Warga Jateng Tetap Tenang

Setelah melakukan peninjauan penyuntikan vaksin para pedagang Pasar Klewer. Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyinggung kabar tentang mutasi virus COVID-19 dari Inggris. Hasil mutasi virus ini dikabarkan telah ditemukan di Indonesia.

Wamenkes Dante Saksono melaporkan melalui laman YouTube Kemenristek/BRIN yang bertajuk Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi, bahwa mutasi Corona B117 itu telah berhasil masuk. "Tepat 1 tahun hari ini, kita menemukan mutasi B117, UK mutation, di Indonesia. Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan 2 kasus," ujar Dante.

D61ACF24-E642-4604-9502-FAEEA3BF1D4D.png

Ganjar menanggapi berita tersebut mengharapkan pemerintah segera turun tangan untuk mencari dan mengisolasi dan melakukan tracing secepatnya. “Insya Allah kita bisalah. Tim ahli meneliti dan melihat untuk segera mengantisipasi. Mudah-mudahan kita akan menjaga lebih ketat lagi untuk menjaga pintu-pintu masuk ke Indonesia” kata Ganjar di sela-sela kunjungannya kepada wartawan (4/3/2021).

“Untuk masyarakat Jawa Tengah untuk lebih berhati-hati. Meskipun sudah mendapatkan vaksin, warga diminta untuk tetap menaati protokol kesehatan karena itu sangat penting untuk mengantisipasi virus ini, minimal dari diri kita sendiri,” Ganjar menambahkan.

[Baca Juga: Vaksinasi di Pasar Klewer Lancar, Pedagang Antusias]

Selain itu, Ganjar juga berharap untuk memperketat pintu-pintu masuk dari luar negeri ke Indonesia. Sedangkan untuk Warga Indonesia yang sedang berkerja di luar negeri dan ingin pulang Indonesia harus diperiksa lebih ketat terlebih dahulu. Sementara ini belum ada informasi tentang penutup bandara atau pun membatasi orang luar negeri masuk ke Indonesia.

“Nanti tracing harus kita lakukan dan ketika mereka mau masuk Indonesia harus kita proses pemeriksaan. Jadi, semua yang masuk harus dipastikan di Swab, kita pastikan bahwa mereka aman tidak membawa virus. Kita pastikan di awal harus kita karantina terlebih dahulu sebelum mereka kembali ke keluarga,” ujarnya tegas.

Meski demikian, Ganjar mengimbau kepada warganya untuk tetap tenang dan tak panik. Langkah antisipasi pemerintah telah dilakukan sejak awal kemunculan mutasi baru tersebut.

Read More

Artikel Lainnya

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021.jpg

Pendidikan

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya dilaksanakan Bulan Juli 2021

11 April 2021, 08:06

Sekolah Tatap Muka di Tasikmalaya akan dilaksanakan pada tahun ajaran baru 2021/2022. Meskipun pemerintah sudah memberikan lampu hijau agar sekolah tatap muka dilaksanakan segera, namun Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya masih belum bisa melaksanakan.

Geliat Bisnis Properti Masa Era New Normal di Kota Semarang

Properti dan Solusi

Geliat Bisnis Properti Era New Normal di Kota Semarang

10 April 2021, 18:47

“Hikmah dari kebijakan di rumah saja membuat para penghuni rumah mulai menyadari bahwa rumah yang mereka tinggali perlu pembenahan di beberapa bagian,” ujar Hafid Santoso pemilik H+S Architect, usaha konsultan arsitek di kota Semarang

Tirta Nirwana 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Tirta Nirwana Songgoriti: Pertemuan Kerajaan Medang, Singosari, dan Tionghoa

10 April 2021, 18:07

Berwisata ke Tirta Nirwana kita bisa sedikit mencuil pelajaran pertemuan sejarah kerajaan di Indonesia dan Tionghoa. Lebih dari itu, bermain air di sini sangatlah menyenangkan.

Teletubies 1.jpg

Hobi dan Hiburan

Menghabiskan Waktu di Bukit Teletubies Bersama Gunung Arjuno

10 April 2021, 17:08

Berwisata di tempat menyejukkan yang tak perlu bayar tiket atau parkir ada di Kota Batu, yakni Bukit Teletubies.


Comments


Please Login to leave a comment.