Sipolling 2.jpeg

Berita Kawasan

SIPOLLING Pemkot Tangerang, Mendekatkan Masyarakat dengan Pelayanan

Usaha memangkas sekat-sekat akses pelayanan masyarakat semakin gencar dilakukan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang. Setelah beberapa kali mentransformasi kebijakan konvensional ke arah digitalisasi, kini Pemkot Tangerang mengenalkan cara baru dalam melakukan kebijakan pelayanan masyarakat. Dengan tujuan yang sama, yakni mempermudah masyarakat mengakses program pemerintah. Pemkot Tangerang meluncurkan program SIPOLLING pada 7 Juni 2021.

Bekerja sama dengan Pengadilan Agama Kota Tangerang, Pemkot Tangerang resmi membuka dan mengenalkan program SIPOLLING ke masyarakat. SIPOLLING atau Sistem Pengambilan Produk Pengadilan Keliling, merupakan program kolaborasi yang bertujuan menghadirkan pelayanan langsung di bidang produk pengadilan ke tengah masyarakat dengan membuka pos-pos pelayanan di 13 kecamatan di Kota Tangerang.

Sipolling 1.jpeg

Produk Pengadilan Agama yang selama sulit diakses karena kerumitan birokrasi dan keterbatasan akses pengetahuan masyarakat, dapat dipangkas dan diatasi dengan program SIPOLLING ini. Melaluinya, masyarakat dapat mengurus berbagai keperluan yang selama ini hanya dapat dilakukan di kantor Pengadilan Agama. Seperti, akta cerai, isbat nikah, dispensasi nikah, bahkan ke depannya disempurnakan sampai masalah waris dan sebagainya.

“Beberapa waktu lalu kita sudah tanda tangan kerja sama dengan Pemkot Tangerang terkait pemberian produk pengadilan ini. Jadi kalau dulu masyarakatnya harus mengambilnya di kantor Pengadilan Agama, sekarang tidak perlu jauh-jauh lagi, cukup di kantor kecamatan setempat,” ujar Kepala Pengadilan Agama Kota Tangerang Buang Yusuf, dilansir di laman resmi informasi Pemkot Tangerang.

Sipolling 3.jpeg

Selain itu, program jemput bola pelayanan yang dapat ditemui di kantor kecamatan ini tidak hanya sebatas keperluan pelayanan yang berhubungan dengan Pengadilan Agama semata. Pemkot Tangerang dan Pengadilan Agama Kota Tangerang telah mensinergikan program baru ini dengan Dinas Pendudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) terkait pelayanan penerbitan berkas-berkas kependudukan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) yang biasanya diharuskan setelah keperluan di Pengadilan Agama selesai, seperti pasca-nikah dan pasca-cerai.

“Karena kami (Pengadilan Agama) juga telah kerja sama dengan Disdukcapil jadi mereka (masyarakat) terima beres. Misal, kasus cerai, tidak cuma akta cerai tetapi juga dapat KK dan KTP baru,” lanjutnya.

Menurut informasi resmi yang dikeluarkan oleh Pemkot Tangerang, program pelayanan SIPOLLING dilaksanakan mulai tanggal 4 – 30 Juni 2021. Setelahnya akan dilaksanakan secara berskala dengan berbagai penyempurnaan pelayanan, sebagai tujuan mendekatkan masyarakat dengan akses pelayanan yang selama ini sering terhambat.


Read More

Artikel Lainnya

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW.jpg

Hobi dan Hiburan

Jakarta Concert Week 2023 Siap Digelar di GJAW

07 February 2023, 14:00

Gaikindo Jakarta Auto Week 2023 nantinya tak hanya berisikan pameran otomotif tapi juga siap didampingi acara konser seru bertajuk Jakarta Concert Week 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.