Sisca Soewitomo Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

Kuliner

Sisca Soewitomo: Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

"Sahabat-sahabatku tercinta, setelah puluhan tahun saya di dunia kuliner dan ribuan resep yang sudah saya ciptakan, ini mungkin saat yang tepat untuk gantung panci.." Demikian tulis Sisca Soewitomo dalam akun Instagram miliknya pada 5 Agustus 2020 dalam unggahan foto dirinya sedang gantung panci. Niatan pensiun dari dunia kuliner Indonesia ini pun disambut ramai di media sosial.

Juru masak legendaris Sisca Soewitomo rutin muncul di televisi setiap hari Minggu pagi pada tahun 1996. Bagi Anda yang tumbuh besar di era 90-an, pasti terbiasa menonton tayangan televisi Aroma itu. Program masak tersebut tayang selama 11 tahun di Indosiar.

Sisca Soewitomo Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

Perempuan kelahiran Surabaya, 8 April 1949 ini legendaris kerap disebut sebagai Ratu Boga Indonesia akibat penampilannya yang lincah kala memasak dengan ucapan andalannya di akhir sesi memasak, “Bagaimana pemirsa, mudah bukan membuatnya?”

Sisca yang hadir dalam episode MasterChef Indonesia musim ke-6 pada Sabtu, 7 Mei 2020 ini memang tidak perlu lagi diragukan sepak terjangnya. Dia telah memiliki ketertarikan di dunia memasak sejak kecil. Kala itu, Sisca sering melihat sang ibu dan nenek memasak di dapur.

[Baca Juga: Chef Chitra Kreasikan Menu Fusion Barat dan Indonesia di Soul Café]

Saat masih kecil di Surabaya, tak banyak toko dan restoran yang menjual kue. Sehingga mereka harus membuat kue sendiri. “Dahulu toko-toko dan restoran-restoran yang membuat kue itu belum banyak. Maka yang buat kue untuk sajian di rumah itu nenek saya dan ibu saya sendiri. Dari situ saya melihat, ikut bersama mengerjakan. Jadi saya tahu,” ujar Sisca dalam acara Opini di Kompas TV edisi Selasa (13/2/2018). Ia mengaku memasak di zaman itu dengan zaman sekarang jauh berbeda. Dahulu, alat-alat memasak belum secanggih sekarang.

“Hebatnya orang zaman dulu, memasukkan tangannya (ke kompor) untuk mengecek temperatur kompor. ‘Oh ini sudah’, berarti saat itu temperaturnya sudah 160 derajat,” ujar Sisca seperti termuat di Grid.ID yang dikutipdari kanal Youtube Trans7 Official. Kala itu, kue Oliebol atau kue goreng yang berisi kismis dan ditaburi bubuk gula merupakan kue pertama yang ia buat.

Sisca Soewitomo Juru Masak Legendaris Itu Akhirnya Gantung Panci

Sempat kuliah kedokteran Sebelum menjadi pakar boga, Sisca sempat kuliah di Universitas Trisakti jurusan kedokteran. Namun tak sampai diselesaikan. Ia berhenti kuliah dan menikah. Tak lama setelah menikah dan memiliki anak, Sisca pun ingin kembali ke sekolah. Ia memutuskan untuk berkuliah di Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti.

Setelahnya, Sisca mendapatkan tawaran beasiswa dari American Institute of Baking di Manhattan, Kansas, Amerika Serikat. Tak sampai di sana, ia juga mendapatkan beasiswa untuk sekolah membuat dimsum di Taipei, Taiwan. “Sewaktu saya jadi asisten di kampus, saya mendapatkan beasiswa sekolah pengolahan roti di Amerika Serikat,” tutur Sisca.

[Baca Juga: Berkat Acara National Geographic Ini, Gordon Ramsay Promosikan Rendang]

Setelah selesai bersekolah, Sisca pun melanglang buana di dunia kuliner. Aroma kemudian jadi pionir bagi acara televisi kuliner lainnya yang satu persatu bermunculan hingga kini. Sisca juga sempat menjadi guru bagi beberapa chef Indonesia yang terkenal. Seperti Muchtar Alamsyah, Rudy Choiruddin, Deddy Rustandi, dan Haryanto Makmoer.

Hingga kini, Sisca telah menulis sekitar 150 buku resep selama kariernya di dunia kuliner. Ia juga telah mendapatkan berbagai penghargaan, salah satunya Ubud Food Festival Lifetime Achievement Award pada 2016 lalu. Selama puluhan tahun kariernya, Sisca mengaku akan tetap melanjutkan semangatnya di dunia kuliner.

Read More

Artikel Lainnya

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital.jpg

Kesehatan

Tetap Fit di Kala PSBB, R Fitness Hadirkan Kelas Digital

24 September 2020, 18:28

Dengan tren mengalihkan kegiatan kebugaran dari gym ke rumah di masa pandemi seperti sekarang, R Fitness baru-baru ini meluncurkan kelas digitalnya.

LanggananDisney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

Bisnis

Langganan Disney+ Hotstar dan Spotify Kini Bisa Menggunakan OVO

24 September 2020, 16:09

OVO sebagai platform pembayaran digital, rewards, dan layanan finansial terkemuka berkolaborasi dengan Disney+ Hotstar dan Spotify untuk memberikan kemudahan akses hiburan selama pandemi.

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia.jpg

Hobi dan Hiburan

Unik! Berlian Entertainment Siap Gelar Konser untuk Tanaman dan Manusia

24 September 2020, 15:06

Usai sukses menggelar konser drive-in, Berlian Entertainment siap kembali menghadirkan konser dengan konsep unik di tengah pandemi COVID-19.

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation.jpg

Pendidikan

Guru Digital Jadi Realisasi Kerjasama Garena DJ Alok dan YCAB Foundation

24 September 2020, 14:08

Guru Digital dihadirkan Garena, YCAB Foundation dan DJ Alok demi mendorong keterampilan digital generasi muda di Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Rine 1 month, 2 weeks lalu
    rine

    yuuukkk MABAR game qqharian guuys.... seru asik dan bisa bikin bengkak tak terbatas rek tabungan kita juga, banyak bonus bonus yang bisa kita dapatin dan jackpot yang luar biasaaa.... mau kaya ya di qqharian ajaaa bukan yang lain.. <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>