Sistem Pendidikan TK Tzu Chi Berfokus terhadap Pembentukan Karakter

Pendidikan

Sistem Pendidikan TK Tzu Chi Fokus pada Pembentukan Karakter

Setiap lembaga pendidikan memiliki sistem masing-masing dalam pembentukan kurikulum serta fokus untuk proses belajar-mengajar. TK Tzu Chi juga memiliki sistem sendiri yang dipandang bagus untuk proses tumbuh kembang anak. Di mana sekolah ini mementingkan pembentukan karakter sebagai dasar sistem pendidikannya. Sistem pendidikan ini tidak hanya difokuskan untuk muridnya saja tapi juga untuk guru-guru yang notabene akan menjadi pendamping para siswa-siswi selama melakukan kegiatan di sekolah.

“Kami merupakan sekolah yang membentuk karakter anak, (karena) ini dipandang merupakan hal yang paling membangun. Dari mulai mereka masih kecil itu kami biasakan segala sesuatu itu tidak instan. Jadi apapun yang dilakukan anak merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan setiap hari sehingga mereka akan terbentuk dari kecil bagaimana tabiatnya serta perilakunya,” ujar Kepala Sekolah TK Tzu Chi Iing Felicia Joe kepada PingPoint.co.id di TK Tzu Chi, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (13/9/2019).

Sistem Pendidikan TK Tzu Chi Berfokus terhadap Pembentukan Karakter

Pembentukan karakter ini menurutnya bisa dilihat dari semenjak murid tiba di sekolah dengan rutinitas yang memupuk jiwa disiplin mereka. Pasalnya, setelah diantar orangtua dan masuk ke area TK Tzu Chi, maka siswa-siswi secara otomatis akan berbaris sesuai jalur yang sudah disediakan untuk absen digital dengan pengawasan pihak sekolah.

Menurut Iing, absen ini penting bukan hanya untuk memastikan kehadiran mereka tapi juga mencegah orang-orang yang tidak bertanggung jawab masuk ke TK Tzu Chi. Jadi hanya orangtua atau wali yang sudah terdaftar di sistem yang boleh mengantar dan menjemput murid.

[Baca Juga: Mengulas Sekolah Tzu Chi di Pantai Indah Kapuk Jakarta]

Kemudian setelah absensi, rutinitas murid TK Tzu Chi dilanjutkan dengan pemeriksaan suhu tubuh dan mulut untuk memastikan kesehatan mereka sebelum memulai aktivitas di sekolah. “Kenapa kami ada pengecekan seperti ini, karena menurut kami ini yang terpenting. Di mana pagi hari merupakan momen yang paling baik untuk melihat apakah seorang anak itu sehat dan siap untuk mengikuti semua aktivitas di sekolah atau mungkin perlu mereka perlu istirahat di rumah,” ujar Iing.

Jika setelah diperiksa suhu tubuh atau mulutnya terdapat indikasi kurang sehat maka pihak sekolah akan menghubungi orangtua untuk memberikan opsi. Apakah akan dijemput untuk dibawa ke dokter atau bisa juga beristirahat di Unit Kesehatan Sekolah di bawah pengawasan Suster Jusnita Tobing. Dengan pemeriksaan suhu tubuh dan mulut, murid-murid TK Tzu Chi juga disebut dapat memahami mengenai pentingnya menjaga kesehatan sekaligus menghilang rasa takut mereka saat menjalani pengecekan kesehatan dengan dokter.

[Baca Juga: Wakilkan Jakarta, TK Tzu Chi Tanding di LSS Tingkat Nasional]

Pembentukan karakter tidak hanya fokus pada murid saja tapi untuk gurunya pun hal ini juga diterapkan. Menurut Kepala Sekolah Tzu Chi, guru merupakan panutan para murid ketika berada di sekolah sehingga mereka perlu memiliki perilaku layaknya role model.

“Gurunya juga selalu kami bina serta diberikan pelatihan dan pengarahan. Minimal setahun sekali, satu sekolah (TK, SD, SMP, SMA Tzu Chi) termasuk guru dan staf itu bersamaan ikut pelatihan. Lalu dilanjutkan dengan masing-masing memperdalamnya selama berjalannya tahun akademik,” imbuh Iing.

Read More

Artikel Lainnya

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19_2

Kuliner

Juara Snack Membawa Berkah di Masa Pandemi COVID-19

06 July 2020, 18:00

Siapa yang menyangka jika laju bisnis cemilan dapat berkembang pesat di masa pandemi COVID-19.

parekraf_2.jpg

Berita Kawasan

Pemerintah Motivasi Pelaku Parekraf Untuk Maksimalkan Kebijakan Insentif

06 July 2020, 16:00

Menparekraf mengimbau industri agar lebih aktif dan mengoptimalkan kebijakan stimulus dan relaksasi yang diberikan.

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat_3

Properti dan Solusi

Alternatif Menghias Dinding Tanpa Cat

06 July 2020, 14:00

Bagi yang belum pernah membayangkan seperti apa cara menghias dinding tanpa menggunakan cat, maka simaklah beberapa trik ini.

Begini-Cara-Warga-Rawa-Badak-Selatan-Kampanye-Pencegahan-Covid-19-Melalui-Seni-Mural-2.jpg

Berita Kawasan

Uniknya Kampanye Pencegahan COVID-19 Melalui Seni Mural di Rawa Badak Selatan

06 July 2020, 12:00

Kegiatan ini merupakan lanjutan dari rangkaian program Kampung Safety yang diinisiasi Pertamina sejak awal tahun.


Comments


Please Login to leave a comment.