Siswa Bisa Adakan Eskul di Area Monas

Pendidikan

Siswa Bisa Adakan Eskul di Area Monas

Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Jakarta Timur Wilayah 2, memfasilitasi sebanyak 400 siswa SD, SMP dan SMA dalam mengadakan kegiatan ekstra kurikuler atau eskul di Monumen Nasional atau Monas, Jakarta Pusat. Fasilitas ini diberikan kepada beberapa sekolah yang kesulitan mencari ruang terbuka yang cukup luas untuk melakukan kegiatan eskul.

Kasudin Pendidikan Jakarta Timur wilayah 2 Abdul Rachem mengatakan, kegiatan ekskul bagi siswa siswi di Monas merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Dinas Pendidikan DKI dalam hal pemanfaatan lahan terbuka hijau untuk berekspresi, menampilkan bakat di bidang olahraga, seni dan budaya.

[Baca Juga: Platform MadingSekolah.id Berguna untuk Seluruh Pelajar Indonesia]

"Pemanfaatan ruang terbuka hijau di Monas ini dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu dengan melibatkan 400 siswa dari sembilan sekolah yang ada di Jakarta Timur," ujar Abdul seperti dimuar dalam beritajakarta.id (6/4/2019).

Adapun sembilan sekolah yang pentas di Monas masing-masing adalah, SDN Bambu Apus 01 menampilkan drumband, kemudian SMPN 210 menampilkan tarian, SMPN 81 menampilkan perkusi, SMPN 9 menampilkan drumband, dan SMAN 113 menampilkan tarian. Selain itu SMPN 257 menampilkan perkusi, SMAN 14 menampilkan seni musik dan bernyanyi, SMKN 24 menampilkan tari serta SMKN 58 menampilkan pertunjukan drum band.

Siswa Bisa Adakan Eskul di Area Monas

Menurutnya, kegiatan yang menampilkan olahraga beladiri taekwondo, karate dan seni beladiri pencak silat, drumbband, seni tari, seni musik ini dilakukan setiap Sabtu dan Minggu oleh pelajar yang ada di lima wilayah kota dan satu kabupaten.

Kepala SMPN 257 Mohammad Samin menambahkan, pihaknya mengirimkan 148 siswanya untuk bermain perkusi yang berbahan dasar barang bekas, seperti ember, tong, galon air mineral, botol beling, sendok dan peralatan lainnya. Seluruhnya digabung dengan alat musik lira dan dipadu dengan tari dinamik yang mengikuti irama perkusi.

[Baca Juga: Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Memilih Sekolah Sepak Bola]

"Kita kerahkan 28 siswa untuk bermain perkusi. Mereka didukung oleh 120 siswa lainnya dan 60 guru untuk memberikan semangat dan motivasi pada para pemain perkusi sehingga acara sangat meriah," kata Samin masih dari sumber yang sama.

Ia menambahkan, keiatan di Monas tersebut merupakan salah satu wadah bagi siswa-siswi serta guru-guru pembimbing dalam menampilkan kreativitas eskul yang ada di sekolah.

"Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu ajang promosi wisata di Monas dan promosi kreativitas terkait minat dan bakat siswa dalam bidang seni budaya serta olahraga," tandasnya.

Read More

Artikel Lainnya

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bndung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

Berita Kawasan

Waspada Dampak La Nina, Pemkot Bandung Ajak Warga Bersihkah Saluran Air

30 October 2020, 17:22

Saat ini Kota Bandung harus waspada terhadap dampak dari fenomena La Nina yang dapat meningkatkan curah hujan.

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

Berita Kawasan

Pantai Sakura di Pulu Untung Jawa Akan Bakal Dibuat Makin Ikonik

30 October 2020, 14:03

Pantai Sakura ini cukup luas, saat ini baru ada puluhan pohon sakura, Pemkab akan tambah lagi agar semakin rimbun. Diharapkan, Pantai Sakura ini semakin ikonik.

Libur Panjang Maulid Nabi Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

Berita Kawasan

Libur Panjang Maulid Nabi: Lonjakan Penumpang di Bandara Juanda Lampaui Prediksi

30 October 2020, 09:52

Peningkatan penumpang selama libur panjang Maulid Nabi SAW dan cuti bersama pada akhir Oktober ini di Bandara Juanda Surabaya jauh lampaui prediksi.

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

Bisnis

Ideafest Kala Pandemi COVID-19 Jadi Momentum Evaluasi Industri Kreatif

29 October 2020, 18:06

Ideafest yang diselenggarakan secara virtual pada 5-15 November 2020 ini dapat memantik ide, kreativitas, dan inovasi pelaku usaha pada masa pandemi.


Comments


Please Login to leave a comment.