Siswa Bisa Adakan Eskul di Area Monas

Pendidikan

Siswa Bisa Adakan Eskul di Area Monas

Suku Dinas (Sudin) Pendidikan Jakarta Timur Wilayah 2, memfasilitasi sebanyak 400 siswa SD, SMP dan SMA dalam mengadakan kegiatan ekstra kurikuler atau eskul di Monumen Nasional atau Monas, Jakarta Pusat. Fasilitas ini diberikan kepada beberapa sekolah yang kesulitan mencari ruang terbuka yang cukup luas untuk melakukan kegiatan eskul.

Kasudin Pendidikan Jakarta Timur wilayah 2 Abdul Rachem mengatakan, kegiatan ekskul bagi siswa siswi di Monas merupakan tindak lanjut dari instruksi Kepala Dinas Pendidikan DKI dalam hal pemanfaatan lahan terbuka hijau untuk berekspresi, menampilkan bakat di bidang olahraga, seni dan budaya.

[Baca Juga: Platform MadingSekolah.id Berguna untuk Seluruh Pelajar Indonesia]

"Pemanfaatan ruang terbuka hijau di Monas ini dilaksanakan setiap Sabtu dan Minggu dengan melibatkan 400 siswa dari sembilan sekolah yang ada di Jakarta Timur," ujar Abdul seperti dimuar dalam beritajakarta.id (6/4/2019).

Adapun sembilan sekolah yang pentas di Monas masing-masing adalah, SDN Bambu Apus 01 menampilkan drumband, kemudian SMPN 210 menampilkan tarian, SMPN 81 menampilkan perkusi, SMPN 9 menampilkan drumband, dan SMAN 113 menampilkan tarian. Selain itu SMPN 257 menampilkan perkusi, SMAN 14 menampilkan seni musik dan bernyanyi, SMKN 24 menampilkan tari serta SMKN 58 menampilkan pertunjukan drum band.

Siswa Bisa Adakan Eskul di Area Monas

Menurutnya, kegiatan yang menampilkan olahraga beladiri taekwondo, karate dan seni beladiri pencak silat, drumbband, seni tari, seni musik ini dilakukan setiap Sabtu dan Minggu oleh pelajar yang ada di lima wilayah kota dan satu kabupaten.

Kepala SMPN 257 Mohammad Samin menambahkan, pihaknya mengirimkan 148 siswanya untuk bermain perkusi yang berbahan dasar barang bekas, seperti ember, tong, galon air mineral, botol beling, sendok dan peralatan lainnya. Seluruhnya digabung dengan alat musik lira dan dipadu dengan tari dinamik yang mengikuti irama perkusi.

[Baca Juga: Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Memilih Sekolah Sepak Bola]

"Kita kerahkan 28 siswa untuk bermain perkusi. Mereka didukung oleh 120 siswa lainnya dan 60 guru untuk memberikan semangat dan motivasi pada para pemain perkusi sehingga acara sangat meriah," kata Samin masih dari sumber yang sama.

Ia menambahkan, keiatan di Monas tersebut merupakan salah satu wadah bagi siswa-siswi serta guru-guru pembimbing dalam menampilkan kreativitas eskul yang ada di sekolah.

"Selain itu, kegiatan ini menjadi salah satu ajang promosi wisata di Monas dan promosi kreativitas terkait minat dan bakat siswa dalam bidang seni budaya serta olahraga," tandasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.