Siswa Kembangan Selatan Manfaatkan Layanan Perpustakaan Keliling

Pendidikan

Siswa Kembangan Selatan Manfaatkan Layanan Perpustakaan Keliling

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat mendekatkan diri kepada masyarakat melalui perpustakaan keliling. Hal ini guna menumbuhkan minat baca dan cinta buku.

Dalam rangka meningkatakan minat baca pada anak-anak, layanan mobil perpustakaan keliling kerap kali mengunjungi permukiman warga maupun sekolah dasar. Salah satunya seperti di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 03 dan 04 Kembangan Selatan, Jakarta Barat.

[Baca Juga: Perpustakaan untuk Generasi Milenial di Tangsel]

Nampak siswa dari SDN 03 dan 04 Kembangan Selatan ini cukup antusias ketika disambangi mobil perpustakaan keliling. Sekolah yang memiliki jadwal dikunjungi rutin setiap pekan ini dimulai sejak pukul 09.00-15.00 WIB.

Seperti dikutip dari Berita Jakarta (4/4/2019), siswa dari sekolah ini silih berganti mendatangi mobil layanan perpustakaan keliling yang terpakir di halaman sekolah. Dengan tertib, mereka antre mengisi daftar kunjungan sebelum meminjam buku bacaan yang disediakan.

[Baca Juga: Jauhkan Anak dari Gawai Bersama Klub Buku Nyala Matahari]

Salah satu siswi Kelas IV SDN 03 Pagi Kembangan Selatan Ivanya Grace mengatakan, senang dengan layanan mobil perpustakaan keliling ini karena dapat meminjam buku cerita dari berbagai daerah.

“Membuka buku cerita asyik dan menyenangkan. Bahakan, kalau ceritanya bagus dan belum selesai dibaca, petugas perpustakaan memberikan kesempatan pinjam membawa pulang untuk melanjutkan membaca,” katanya.

Petugas mobil perpustakaan keliling Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Jakarta Barat Ferdi menjelaskan, sekitar 170 hingga 200 siswa berkunjung dan membawa saat digelar layanan di SDN 03 dan 04 Kembangan Selatan.

Sekitar 700 judul buku anak-anak, remaja dan orang tua tersedia di dalam mobil perpustakaan keliling. “Sebagian besar siswa yang datang, rutin meminjam buku saat kunjungan mobil perpustakaan keliling ke sekolahnya,” ujar Ferdi.

[Baca Juga: Selama Maret 2019, Dispusip DKI Angkat Tema Sebulan Sastra Literasi]

Perpustakaan keliling sendiri merupakan bagian dari pelayaan perpustakaan umum yang mendatangi atau mengunjungi pembacanya dengan menggunakan kendaraan. Dengan kata lain, perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak dengan membawa bahan perpustakaan.

Tujuan dari perpustakaan keliling ini adalah antaranya meratakan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat sampai ke daerah terpencil yang belum atau tidak memingkinkan adanya perpustakaan permanen

Selain itu, membantu perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan nonformal kepada publik luas, memperkenalkan buku-buku dan bahan pustaka lainnya kepada publik, hingga memperkenalkan jasa perpustakaan kepada publik.


Read More

Artikel Lainnya

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Full Team Dewa 19 Siap Digelar di Solo

23 September 2022, 15:57

Setelah sukses digelar di Candi Prambanan, konser Dewa 19 yang menghadirkan full team akan kembali manggung bersama dan kali ini digelar di wilayah Solo.

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim.jpg

Bisnis

Perkuat Kehadirannya di Jawa Timur, Amartha Kolaborasi dengan BPR Jatim

23 September 2022, 13:56

Baru-baru ini Amartha dan BPR Jatim resmi berkolaborasi dalam upaya menyalurkan Rp250 miliar untuk membantu pengembangan bisnis perempuan pengusaha mikro di wilayah Jawa Timur serta Jawa Tengah.

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIVAIDS.jpg

Kesehatan

Ini Pandangan Pakar Unpad Terkait Pencegahan HIV/AIDS

23 September 2022, 11:54

Setelah bulan lalu sempat ramai pembahasan kabar ribuan orang di Kota Bandung yang menderita HIV/AIDS, pakar Universitas Padjadjaran memberikan masukan terkait metode pencegahannya, khususnya di wilayah kampus.

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition Uncertainty

Hobi dan Hiburan

Konsistensi Bambang Suprapto dalam Berkarya Melalui Solo Exhibition ‘Uncertainty’

22 September 2022, 18:20

Seniman muda Kota Malang, Bambang Suprapto, menggelar pameran tunggal yang bertajuk ‘Uncertainty’ di Kedai Lantjar Djaya, Kota Malang.


Comments


Please Login to leave a comment.