Siswa SD Lazuardi Depok Belajar Tentang Kepalangmerahan

Pendidikan

Siswa SD Lazuardi Depok Belajar Tentang Kepalangmerahan

Kepalangmerahan merupakan seluruh bentuk kegiatan kemanusiaan. Sekelompok orang yang melakukan kegiatan ini dikumpulkan dalam satu organisasi yaitu Palang Merah. Di Indonesia, Palang Merah sudah mulai terbentuk sejak kolonial Belanda, namun proses pembentukan Palang Merah Indonesia dimulai pada 3 September 1945 diinisiasi Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu, Soekarno.

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi yang bergerak cepat dan sigap saat ada masalah bencana alam maupun konflik untuk segera membantu korban. Semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi, akan semakin meringankan penderitaan korban.

[Baca Juga: Capacity Building Guru Pembina PMR dan PMI Jakarta Timur]

Tak heran, PMI selalu melakukan berbagai macam upaya untuk mengenalkan kepalangmerahan kepada masyarakat. Salah satu upaya nyata PMI adalah dengan memberikan materi khusus yang diberi kepada tamu yang berkunjung ke markas PMI Kota Depok di kawasan Grand Depok City, Depok. Para siswa Sekolah Dasar (SD) Lazuardi yang berkunjung ke PMI Kota Depok pada 25 Juli 2019, diberikan materi yang berisi perkenalan mengenai cara memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

“Kami sering kedatangan tamu dari sekolah-sekolah yang ingin belajar terkait kepalangmerahan, juga pertolongan pertama. Kami rasa, materi ini perlu diberikan untuk menumbuhkan jiwa sosial terhadap sesama,” ujar Kepala Seksi Pelayanan dan Administrasi PMI Kota Depok Imron Maulana.

[Baca Juga: Manfaat Donor Darah Rutin 2 Bulan Sekali di RS PMI Bogor]

Melansir dari depok.go.id (26/7/2019) menurut Imron, setiap sekolah terdapat bidang studi pembentukan atau pengembangan karakter. Kunjungan ke PMI bisa menjadi wadah bagi siswa untuk menumbuhkembangkan jiwa sosial. “Kami memiliki staf yang berpengalaman. Para staf bisa memberikan materi sedetail mungkin tentang kepalangmerahan. Ini juga menjadi sarana kami untuk melakukan sosialisasi tentang tugas dan fungsi PMI,” kata Imron.

Lewat kunjungan ini Imron berharap, melalui materi dan praktik langsung di lapangan, siswa bisa mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari jika terjadi keadaan yang gawat darurat. Pihaknya juga membuka kesempatan bagi siswa yang ingin bergabung menjadi tim relawan, jika sudah besar nanti.

“Sudah banyak orang yang berminat menjadi relawan, tetapi para siswa yang hadir ini kan belum cukup umur. Namun, kami membuka kesempatan jika nanti mereka sudah besar. Mudah-mudahan ilmu yang kami beri bisa membawa manfaat,” ucap Imron.


Read More

Artikel Lainnya

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022.jpg

Berita Kawasan

Setu Babakan Jadi Lokasi Temu Nasional Seni Budaya Muslimin Indonesia 2022

02 December 2022, 18:12

Lesbumi-NU mulai hari ini hingga 3 Desember 2022 menjadikan Kampung Budaya Betawi Setu Babakan sebagai ‘rumah’ rakornas sekaligus Temu Nasional Ses Budaya Muslimin Indonesia 2022.

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop.jpg

Bisnis

Dukung Pemberdayaan Difabel di Bidang Digital, Acer Serahkan Bantuan Laptop

02 December 2022, 16:10

Acer baru-baru ini menggelar kegiatan CSR-nya dengan menargetkan kelompok difabel yang ingin mendalami sekaligus berkarya di bidang coding.

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo.jpg

Kuliner

Sambut Akhir Tahun 2022, KFC Kembali Hadirkan Menu Golden Combo

02 December 2022, 14:07

Dalam merayakan penghujung tahun 2022, KFC meluncurkan menu Golden Combo serta menggelar campaign Golden Moment yang berhadia voucher hingga iPhone Pro 14.

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan.jpg

Bisnis

Infinix Note 12 2023 Akan Diperkenalkan Resmi di Indonesia Pekan Depan

02 December 2022, 12:03

Setelah merilis Infinix Note 12 sekitar enam bulan lalu, Infinix kembali akan memperkenalkan versi terbaru dari ponsel pintarnya ini yang disinyalir lebih siap menjajal penggunaan multitasking.


Comments


Please Login to leave a comment.