Siswa SD Lazuardi Depok Belajar Tentang Kepalangmerahan

Pendidikan

Siswa SD Lazuardi Depok Belajar Tentang Kepalangmerahan

Kepalangmerahan merupakan seluruh bentuk kegiatan kemanusiaan. Sekelompok orang yang melakukan kegiatan ini dikumpulkan dalam satu organisasi yaitu Palang Merah. Di Indonesia, Palang Merah sudah mulai terbentuk sejak kolonial Belanda, namun proses pembentukan Palang Merah Indonesia dimulai pada 3 September 1945 diinisiasi Presiden Republik Indonesia yang menjabat saat itu, Soekarno.

Palang Merah Indonesia (PMI) merupakan organisasi yang bergerak cepat dan sigap saat ada masalah bencana alam maupun konflik untuk segera membantu korban. Semakin banyak masyarakat yang berpartisipasi, akan semakin meringankan penderitaan korban.

[Baca Juga: Capacity Building Guru Pembina PMR dan PMI Jakarta Timur]

Tak heran, PMI selalu melakukan berbagai macam upaya untuk mengenalkan kepalangmerahan kepada masyarakat. Salah satu upaya nyata PMI adalah dengan memberikan materi khusus yang diberi kepada tamu yang berkunjung ke markas PMI Kota Depok di kawasan Grand Depok City, Depok. Para siswa Sekolah Dasar (SD) Lazuardi yang berkunjung ke PMI Kota Depok pada 25 Juli 2019, diberikan materi yang berisi perkenalan mengenai cara memberikan pertolongan pertama pada korban kecelakaan.

“Kami sering kedatangan tamu dari sekolah-sekolah yang ingin belajar terkait kepalangmerahan, juga pertolongan pertama. Kami rasa, materi ini perlu diberikan untuk menumbuhkan jiwa sosial terhadap sesama,” ujar Kepala Seksi Pelayanan dan Administrasi PMI Kota Depok Imron Maulana.

[Baca Juga: Manfaat Donor Darah Rutin 2 Bulan Sekali di RS PMI Bogor]

Melansir dari depok.go.id (26/7/2019) menurut Imron, setiap sekolah terdapat bidang studi pembentukan atau pengembangan karakter. Kunjungan ke PMI bisa menjadi wadah bagi siswa untuk menumbuhkembangkan jiwa sosial. “Kami memiliki staf yang berpengalaman. Para staf bisa memberikan materi sedetail mungkin tentang kepalangmerahan. Ini juga menjadi sarana kami untuk melakukan sosialisasi tentang tugas dan fungsi PMI,” kata Imron.

Lewat kunjungan ini Imron berharap, melalui materi dan praktik langsung di lapangan, siswa bisa mengaplikasikan ke dalam kehidupan sehari-hari jika terjadi keadaan yang gawat darurat. Pihaknya juga membuka kesempatan bagi siswa yang ingin bergabung menjadi tim relawan, jika sudah besar nanti.

“Sudah banyak orang yang berminat menjadi relawan, tetapi para siswa yang hadir ini kan belum cukup umur. Namun, kami membuka kesempatan jika nanti mereka sudah besar. Mudah-mudahan ilmu yang kami beri bisa membawa manfaat,” ucap Imron.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.