Pondok-Indah-Pendidikan-Siswi-Ini-Berhasil-Membuat-Aplikasi-untuk-Bantu-Donor-Darah-Emil.jpg

Kesehatan

Siswi Ini Berhasil Membuat Aplikasi untuk Bantu Donor Darah

Mendonorkan darah merupakan salah satu kegiatan yang mulia dan bisa dilakukan siapa saja yang berada dalam keadaan sehat. Karena setiap kantung darah yang disumbangkan Anda memiliki kemungkinan dapat menyelamatkan nyawa orang lain. Karena tujuan inilah seorang siswi SMA yang berasal dari Jakarta Intercultural School atau JIS membuat aplikasi untuk ponsel pintar yang dapat dimanfaatkan guna meningkatkan jumlah pendonor darah.

Aplikasi tersebut dibuat Shannon Suhendra yang duduk di bangku kelas 12 di JIS. Siswi berusia 17 tahun tersebut menamakan aplikasi itu Indo Liquid Life yang berguna untuk membantu orang-orang tersebut. “Aplikasi ini memberikan informasi mengenai manfaat donor darah sehingga masyarakat mengetahui dan tidak takut untuk mendonorkan darahnya,” jelas Shannon, sebagaimana dikutip dari antaranews.com (14/11/2018).

Shannon Suhendra Pembuat Aplikasi Indo Liquid Life

Munculnya aplikasi ini sebenarnya berawal dari keprihatinan siswi JIS tersebut dengan kurangnya stok kantung darah di kawasan Jakarta Utara. Karena itu, setelah mengetahui minimnya donor darah di sana, Shannon berpikir salah satu cara untuk meningkatkannya adalah dengan cara memanfaatkan teknologi digital melalui ponsel pintar.

Saat ini aplikasi Indo Liquid Life sudah bisa diunduh di Playstore Android dan untuk perangkat Apple, aplikasi ini masih dalam proses pengembangan. “Aplikasi ini akan terus di-upgrade, ke depan bisa mengetahui lokasi dan kegiatan donor darah dan sebagainya,” pungkas Shannon.

[Baca Juga: Manfaat Donor Darah Rutin 2 Bulan Sekali di RS PMI Bogor]

Berbicara mengenai manfaatnya, melakukan donor darah memang memiliki sejumlah manfaat seperti yang dijelaskan di aplikasi buatan Shannon. Sebut saja untuk mengurangi jumlah zat besi yang ada di dalam darah. Karena terlalu banyak zat besi di dalam tubuh dapat mengurangi kesehatan beberapa organ di tubuh dan salah satu cara untuk menguranginya adalah dengan donor darah.

Donor Darah Bermanfaat untuk Bakar Kalori

Selain itu sebagaimana dilansir dari medicalnewstoday.com, donor darah juga bermanfaat untuk membakar kalori. Diperkirakan setiap Anda melakukan donor darah, maka ada sekira 650 kalori yang terbakar.

[Baca Juga: Pound Fit, Dengan Stick Drum Bisa Bakar Kalori]

Manfaat terakhir adalah untuk mengetahui penyakit yang ternyata Anda idap. Karena saat proses pengambilah darah, Anda akan melalui sejumlah tes kesehatan dan dari sini Anda bisa saja mengetahui bahwa Anda menderita tekanan darah tinggi atau rendah hingga jumlah sel darah putih atau merah yang bisa saja kurang. Bila Anda masih penasaran dengan manfaat serta prosedur dan lokasi untuk donor darah, Anda bisa mengunduh aplikasi bernama Indo Liquid Life buatan siswi JIS tersebut.

Read More

Artikel Lainnya

Sang Ratu Salon, Berikan Kesempatan Transpuan untuk Berkarya

Bisnis

Sang Ratu Salon, Berikan Kesempatan Transpuan untuk Berkarya

18 February 2020, 18:00

Memanusiakan kaum marjinal dengan memberikan kesempatan mereka berkarya merupakan visi dari program Yes I Can melalui Sang Ratu Salon.

10 Sumur Resapan di Kelurahan Pulau Kelapa Selesai Dibuat

Berita Kawasan

10 Sumur Resapan di Kelurahan Pulau Kelapa Selesai Dibuat

18 February 2020, 17:00

Ada 10 dari 32 sumur resapan telah rampung dibuat di Kelurahan Pulau Kelapa, Kepulauan Seribu. Sumur ini akan menampung air hujan untuk mencegah genangan.

PT Transjakarta Siapkan Bus Gratis Menuju Gereja Katedral

Berita Kawasan

Catat Perubahan Rute Transjakarta Selama Pembangunan Underpass Senen

18 February 2020, 16:00

PT Transjakarta melakukan penyesuaian layanan sampai pembangunan underpass Senen selesai dikerjakan

The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam

Berita Kawasan

The Interceptor, Bersihkan 50 Meter Kubik Sampah Kali Cengkareng Dalam Semalam

18 February 2020, 15:00

Sebuah perusahaan asal Belanda membawa robot pembersih sungai ke salah satu titik polusi sampah plastik di Indonesia. Proyek ujicoba ini pertama kali dilakukan di Kali Cengkareng.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Apuy 1 year, 2 months lalu
    Apuy

    salut lah buat anak bangsa Indonesia