Situs Peninggalan Pendudukan Jepang Disinyalir Ditemukan di Stasiun Bekasi .jpg

Berita Kawasan

Situs Peninggalan Pendudukan Jepang Disinyalir Ditemukan di Stasiun Bekasi

Stasiun Bekasi merupakan salah satu lokasi bersejarah di kota tersebut. Mengingat stasiun ini sudah berdiri sejak era kolonial Belanda hingga menjadi saksi bisu peristiwa pembantaian tentara Jepang yang terjadi di tahun 1945. Menariknya selain menjadi saksi bisu semata, Stasiun Bekasi juga terindikasi memiliki situs peninggalan sejarah yang sebelumnya belum ditemukan. Di mana hal ini diperkuat dengan ditemukannya bangunan layaknya terowongan pada pekan ini saat Stasiun Bekasi tengah dalam proses pengerjaan untuk pembangunan.

Situs Peninggalan Pendudukan Jepang Disinyalir Ditemukan di Stasiun Bekasi.jpg

Kabar penemuan ini disampaikan PT Kereta Api Indonesia (KAI) ketika pihaknya tengah melakukan pengerukan tanah untuk kereta double track. Dalam proses tersebut, mereka mendapati lorong yang terbuat dari batu bata yang berada dalam keadaan tertimbun tanah. Mendapati penemuan ini, kabar munculnya terowongan ini pun sempat menjadi buah bibir di media sosial.

Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi bersama jajarannya, termasuk Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi Tedi Hafni serta sejarawan Bekasi Ali Anwar datang ke lokasi penemuan bangunan yang disinyalir peninggalan Jepang itu untuk konfirmasi penemuan itu pada 10 Agustus 2020. Menurut orang nomor satu di Kota Bekasi itu, kunjungan ini dilakukan demi memastikan apakah bangunan seperti terowongan itu memang peninggalan sejarah.

[Baca Juga: Melestarikan Peninggalan Sejarah Bersama Depok Heritage Community]

“Bekasi juga masuk dalam sejarah, seperti jembatan sasak yang menghubungkan alun-alun ke pasar proyek. Itu adalah sejarah, maka temuan benda ini juga pasti ada nilai sejarahnya. Nantinya akan ditelusuri oleh sejarahwan dan Disparbud untuk dipastikan,” jelas Wali Kota Bekasi itu, sebagaimana dikutip dari bekasikota.go.id (10/8/2020).

Rahmat Effendi berpendapat, bangunan yang ditemukan di Stasiun Bekasi itu bisa saja bekas markas tentara Jepang dulu. “Bisa saja itu adalah bangunan bawah tahan karena bentuknya. Dahulu zaman Jepang bisa saja itu bekas markas Jepang. Besar kemungkinan, tetapi (ahli) sejarah yang menentukan,” tutur orang nomor satu di Kota Bekasi itu, sebagaimana dikutip dari megapolitan.kompas.com (11/8/2020).

Namun dugaan mengenai bangunan itu sebagai markas Jepang itu tak disepakati Ali Anwar. Sebagaimana dilansir dari ayobandung.com (11/8/2020), sejarawan Bekasi itu memandang bangunan tersebut ada kemungkinan merupakan gorong-gorong atau saluran air semata yang sudah lama tak digunakan karena seiringnya berjalannya waktu.


Read More

Artikel Lainnya

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utar a.jpg

Pendidikan

Karedok Jadi Metode Penguatan Literasi untuk Anak Sekolah di Jakarta Utara

09 December 2022, 15:51

Pemkot Jakarta Utara memiliki program bernama Karedok yang pada dasarnya menggabungkan kegiatan edukatif seru untuk menguatkan literasi bagi anak-anak sekolah di wilayahnya.

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Sol o.jpg

Berita Kawasan

Suasana Kemeriahan Natal 2022 Terlihat di Kota Solo

09 December 2022, 13:49

Sejak awal Desember 2022, suasana perayaan Natal sudah bisa dilihat di Kota Solo dengan lampu-lampu yang menghiasi jalan bahkan dibentuk ala pohon Natal.

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaa n.jpg

Bisnis

Mulai Dijual Hari Ini, Infinix Note 12 2023 Dibanderol dari Rp2,6 Jutaan

09 December 2022, 11:46

Infinix Indonesia pada pekan ini secara resmi meluncurkan Note 12 2023 dan sudah bisa dibeli dalam momen first sale pada hari ini 9 Desember 2022.

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gem pa.jpg

Kesehatan

Cianjur Berduka, Tim Fakultas Keperawatan Unpad Berikan Layanan untuk Korban Gempa

08 December 2022, 15:41

Selama tiga hari, relawan dari Fakultas Keperawatan Unpad berada di lokasi posko korban gempa Cianjur untuk memberikan layanan kesehatan fisik dan mental bagi para korban.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Anisa 2 years, 3 months lalu
    anisa

    QQHarian Merupakan SITUS SLOT TERBAIK,TERPERCAYA & TERLENGKAP. Yang Di Dukung Berbagai PROVIDER TERNAMA Di Dunia.Tersedia Berbagai Game Slot Online Seruu Serta Dapatkan Promo WELCOME CASHBACK 100% Tnp SYARAT TURNOVER. Anda menang kami bayar,Anda kalah kami ganti 100% Full. Info Lebih Lanjut bisa cari / search di gogle QQHARIAN atau bisa lsg <a href="https://qqharian.org/" title="Situs Slot Terbaik" rel="nofollow">KLIK DISINI</a>

  • Hanna56 2 years, 3 months lalu
    hanna56

    Jangan bersedih guys….karena kamu punya partner yang bisa wujudkan impianmu segera aja ke bola165 dan jangan lupa join now yach… bukan hanya wujudkan impianmu tp juga bisa bikin kamu menjadi jutawan

  • Rine 2 years, 3 months lalu
    rine

    Hanya perlu modal dikit aja kita bisa jadi kaya, gimana caranya yaa...??? buruan dech ke qqharian bikin hati senang kondisi dompetpun tenang.... TAPI jangan lupa join now, kalo mau cepat ikutan kaya... <a href="https://qqharian.org/" rel="nofollow noopener" title="JOIN NOW">Click Disini</a>