smartcityOK.jpg

Berita Kawasan

Smart City Jadi Alasan Percepatan Penanganan COVID-19 Kota Semarang

Pada 13 Oktober 2021 lalu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi dipilih menjadi salah satu pembicara dalam kegiatan Indo Smart City Forum dan Expo 2021 yang berlangsung di The Rich Jogja Hotel. Alasan Hendi, sapaan akrabnya ditunjuk menjadi pembicara di acara tersebut adalah karena Kota Semarang dianggap sukses memanfaatkan teknologi dalam rangka percepatan penanganan COVID-19 di masa pandemi. Dalam acara tersebut ia menerangkan tentang konsep pembangunan sistem kota cerdas yang menjadi idenya.

smartcityOK3.jpg

Menurut orang nomor satu di Kota Semarang ini, pembangunan kota cerdas tidak selalu mengedepankan teknologi semata. Di kota Semarang sendiri penerapan sistem kota cerdas lebih menekankan pada peningkatan kemampuan pemerintah kota Semarang dalam memberikan solusi dan memahami persoalan di masyarakat. “Di Semarang, kota cerdas tidak hanya tentang digitalisasi, namun cerdas dalam memahami persoalan masyarakat,” tegas Hendi dalam keterangan tertulis yang diterima Pingpoint.co.id (14/10/2021).

Dalam keterangannya, Hendi memberikan contoh ketika menghadapi pandemi beberapa waktu lalu diperlukan langkah tegas untuk mengatasinya. Saat sektor kesehatan di kota Semarang menghadapi situasi yang kurang baik, maka sistem kota cerdas harus mampu mengintegrasikan data ketersediaan tempat tidur rumah sakit secara menyeluruh, dalam hal ini termasuk juga tempat isolasi terpusat yang dimulai dari tingkat kota hingga balai RW.

[Baca Juga: Libatkan Anak Muda, Semarang Bentuk Satgas Remaja Penanganan COVID-19]

Ia juga menekankan jika fokus penerapan kota cerdas adalah memberikan solusi dan kemudahan kepada masyarakat. Hendi mengaku jika pembangunan kota cerdas tidak harus mencontoh daerah atau negara lain, hal ini dikarenakan setiap daerah memiliki tantangan dan karakteristik yang berbeda termasuk kota Semarang. Jika konsep kota cerdas seperti yang ada di Australia atau Singapura diterapkan di Indonesia, dapat dipastikan akan menghabiskan biaya yang cukup besar. “Fokusnya pada apa yang dibutuhkan masyarakat, dengan tujuan memberikan solusi dan kemudahan,” ujarnya.

smartcityOK2.jpg

Adanya sistem digitalisasi dalam sistem kota cerdas dimaksudkan untuk mempercepat langkah yang harus diambil pemerintah Kota Semarang sehingga dapat memberikan solusi terbaik bagi masyarakat. Walaupun digitalisasi ini hanya bersifat pendukung saja, namun hasil yang diperoleh cukup baik. Dimana angka kasus COVID-19 di Kota Semarang saat ini semakin hari semakin melandai walaupun masih berada di level 2.

Pencapaian vaksin pada tahap satu telah berada di angka 103 persen sedangkan tahap 2 berada di kisaran 75% dan tahap 3 untuk tenaga kesehatan telah melampaui target. Hingga saat ini pun hanya terdapat 21 pasien yang terkonfirmasi positif COVID-19. Dalam layanan di website Semarangkota.go.id, masyarakat dapat memperoleh informasi terkini terkait pelayanan publik mulai dari administrasi kependudukan, pembayaran pajak, hingga informasi tentang COVID-19. “Artinya dalam penanganan pandemi COVID-19, pemerintah dapat mengambil keputusan cepat terkait kebutuhan masyarakat yang didukung dengan kemajuan digitalisasi yang kini kian berkembang,” tambah Hendi.


Read More

Artikel Lainnya

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Ell y.jpg

Kuliner

Hadirkan Menu Desserts di Cabang Gandaria City, Fore Coffee Gandeng Oma Elly

07 December 2022, 16:31

Fore Coffee baru-baru ini mengumumkan menu pendamping baru yang tepat untuk jadi teman minum kopi dan menu ini merupakan hasil kreasi kolaborasi dengan Oma Elly.

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kot a.jpg

Bisnis

Bantu Sesama, Kawan Lama Group Gelar Aksi Donor Darah di 27 Kota

07 December 2022, 14:29

Pada akhir pekan lalu, Kawan lama Group kembali menggelar aksi donor darah secara serentak di puluhan gerai ACE serta Informa yang tersebar di 27 kota.

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital.jpg

Bisnis

Amartha Gandeng Puluhan Ribu UMKM di Sumatera Barat untuk Go Digital

07 December 2022, 12:26

Perusahaan Amartha mengumumkan berhasil menggandeng hingga lebih dari 50.000 UMKM di Sumatera Barat untuk proses adopsi digitalisasi via Amartha+.

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rist a.jpg

Bisnis

Wow, Perwakilan Indonesia Raih Juara Kedua di Kompetisi Chatime Global Tea-Rista

06 December 2022, 16:16

Hadapi perwakilan Chatime dari enam negara lainnya, tea-rista Chatime Indonesia berhasil menyabet juara kedua di kompetisi brewed tea tingkat dunia di Taiwan.


Comments


Please Login to leave a comment.