Solitude, Karya Roy Genggam Gambarkan Perempuan dengan Misteri

Berita Kawasan

Solitude, Karya Roy Genggam Gambarkan Perempuan dengan Misteri

Roy Genggam memandang foto sebagai media yang di mana ia bisa bebas mengekspresikan ide yang muncul di benaknya dan disalurkan melalui lensa kamera. Baginya, ide bisa muncul kapan saja dan di mana saja. Seperti ketika ia melihat banyak orang yang muram di Ibu Kota, Roy Genggam pun memiliki ide untuk membuat seri bertajuk Senyum untuk melihat senyuman orang-orang yang ditemuinya. Sedangkan untuk karya terakhirnya, ia memilih model yang menurutnya sempurna untuk terlibat dalam proyek Solitude.

Solitude, Karya Roy Genggam Gambarkan Perempuan dengan Misteri

Proyek Solitude ini muncul ketika Roy Genggam sedang berdialog melalui chat dengan sesama rekan fotografer yang kebetulan berisi orang-orang dengan horoskop Scorpio untuk menggelar pameran foto. Ia pun mencetuskan ide mengenai tema berjudul Solitude yang berarti kesendirian dengan para fotografer yang sepakat untuk menuangkan karyanya masing-masing sesuai tema itu.

[Baca Juga: Ini Perjalanan Awal Roy Genggam di Dunia Fotografi]

Namun karena beberapa faktor, Roy Genggam pun belum sempat menuangkan ide tersebut menjadi karya hingga beberapa hari sebelum deadline. Kemudian saat ia tengah berpikir kira-kira apa yang akan dijadikan objek foto untuk proyek Solitude, Roy Genggam pun melihat-lihat berbagai kegiatan di Padepokan Lemah Putih di Solo yang muncul di Instagram.

Solitude, Karya Roy Genggam Gambarkan Perempuan dengan Misteri

Pada momen inilah ia melihat sound for healing dan matanya terhenti kepada salah satu rupa perempuan yang terekam pada kegiatan di Lemah Putih itu. “Tapi enggak tahu apa, waktu saya liat itu, saya lagi diuber deadline tiga hari lagi. Tiba-tiba saya kepikir, gila, ini kenapa di kepala saya harus motret dia untuk proyek Solitude,” ucap Roy Genggam kepada PingPoint.co.id di Studio Roy Genggam Photography, Jl. Albarkah No.2, Kecamatan Ciputat, Tangerang Selatan (25/11/2019).

Lantas ia pun mencoba menghubungi perempuan yang memiliki akun bernama @lia_q888 itu yang setuju untuk menjadi model dalam proyek Solitude. Namun, ia enggan untuk meninggalkan domisilinya di Semarang yang akhirnya membuat Roy Genggam pun memutuskan untuk pergi ke sana sekaligus membawa alat-alat yang dibutuhkan dalam sesi foto.

Solitude, Karya Roy Genggam Gambarkan Perempuan dengan Misteri

Namun berbeda dengan foto-foto lainnya dari Roy Genggam yang selalu harus terkesan sempurna. Untuk Solitude ini, ia ingin memicu keraguan bagi orang-orang yang melihat karyanya sehingga bertanya-tanya apakah fotografer yang memotretnya memang seorang profesional atau tidak.

Lighting-nya mau gue bikin berantakan, gue mau bikin enggak fokus fotonya, gue mau cetaknya noise-nya banyak. Langsung di kepala saya, lighting, padahal saya dikenal lighting system saya itu complicated. Kalau saya motret itu biasa satu shoot aja itu bisa 10 lampu, 12 lampu buat detail. (Untuk Solitude) Gue mau pakai satu sumber cahayanya proyektor, di dalam proyektor dikasih gambar enggak karuan, proyeksiin ke modelnya, saya foto. Saya fotonya slow speed, saya mau shaking, saya mau enggak fokus,” ujarnya.

[Baca Juga: Realme Tunjuk Fotografer Ternama Dunia Setel Kamera Realme XT]

Setelah bertemu dengan si model, barulah Roy Genggam menyadari bahwa ide Solitude itu tepat untuk dirinya. Karena perempuan dengan panggilan Palupi itu ternyata menikmati kesendiriannya selama ini, khususnya dari sisi asmara. Pasalnya, ia merasa tidak pernah bisa jatuh cinta sehingga memandang tidak perlu menikah. Dengan menggunakan metode foto hitam putih, hasil jepretannya untuk proyek Solitude ini juga memiliki refleksi kemisteriusan dari si model.


Read More

Artikel Lainnya

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah.jpg

Bisnis

Dorong Digitalisasi Daerah, Amartha Hadirkan Desa Digital di Sulawesi Tengah

03 February 2023, 16:35

Demi memastikan tidak adanya ketimpangan digital di daerah pedesaan luar Jawa, Amartha Foundation baru-baru ini meresmikan desa digital di wilayah Sulawesi Tengah.

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung.jpg

Bisnis

tiket.com Hadirkan Layanan Pemesanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung

03 February 2023, 14:20

Melalui kemitraan dengan PT KCIC, pengguna tiket.com ke depannya bisa memesan tiket untuk layanan Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB).

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

Berita Kawasan

Kolaborasi Pertamina NRE - Bike to Work Kampanyekan Green Mobility

02 February 2023, 17:41

Peresmian unit tempat parkir sepeda dilakukan oleh Corporate Secretary Pertamina NRE Dicky Septriadi, Wakil Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Chaidir, dan Ketua Umum B2W Fahmi Saimima.

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023.jpg

Hobi dan Hiburan

Siap Digelar 25 Februari 2023, Ini Semua Line-ups Woke Up Fest 2023

02 February 2023, 15:41

Setelah memberikan teaser siapa saja yang akan tampil, akhirnya pihak penyelenggara mengumumkan siapa saja yang nanti siap menghibur Anda di Woke Up Fest 2023.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Octavia 3 years, 1 month lalu
    octavia

    Yuks bergabung dengan dupa88, Hanya dengan modal 25K saja dapat bermain di banyak permainan dan mendapat kesempatan menang hingga jutaan rupiah , jangan sampai ketinggalan