Bisnis
Solomon Roastery Hadirkan Produk Andalan dengan 4 Single Origin
Dengan semakin melekatnya gaya hidup mengonsumsi kopi dengan masyarakat modern di Indonesia maka semakin banyak juga coffee shop serta kafe yang bermunculan, khususnya di Ibu Kota. Di waktu yang sama, muncul juga segmentasi konsumen yang ingin membuat kopi sendiri tapi dari biji kopi atau kopi bubuk dengan kualitas premium. Oleh karena itulah, saat ini sudah ada para pengusaha atau perusahaan yang membuat roastery khusus untuk melayani konsumen di segmen ini, seperti Solomon Coffee Roastery.
Pihak Solomon Coffee Roastery menyebut, bisnisnya sebenarnya tergabung dalam satu grup perusahaan PT Solomon Utama dengan salah satu usaha andalannya merupakan coffee shop Wake Cup. “Sebenarnya Solomon Coffee Roastery ini tujuan konsep awalnya untuk support beberapa coffee shop dari grup kita,” ujar Head Roaster Solomon Coffee Roastery Rama kepada PingPoint.co.id di Jakarta Coffee Week 2019, PIK Avenue Mall, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara (30/8/2019).

Namun menurut Rama, lambat laun banyak konsumen yang menghampiri pihak Solomon Coffee Roastery untuk meminta agar kopi hasil sangraian mereka dipasok ke kafe di luar grup dan untuk konsumen yang ingin membeli untuk bisa dinikmati di rumah. Dari sinilah Solomon Coffee Roastery pun mulai mencoba membuat produk yang lambat laun berkembang menjadi beberapa varian jenis kopi.
“Solomon Coffee Roastery ini sudah berkembang selama setahun dan barulah kita ada empat single origin yang kita bawa untuk uji coba ke pasar,” tutur Rama. Sekadar informasi, single origin merupakan istilah asal-muasal dari mana biji kopi itu ditanam yang kerap berpengaruh terhadap spesifik rasa dari kopinya, seperti aroma buah-buahan hingga tingkat keasamannya.

Empat produk single origin dari Solomon Coffee Roastery ini terdiri dari kopi Java-Ijen, Toraja-Gowa, Aceh Takengon, dan Flores Bajawa. Rama menjelaskan, setiap kopi ini dipilih karena memiliki cita rasa khas Indonesia dan memiliki karateristik tidak terlalu asam, full body dengan rasa yang tetap seimbang.
“Kenapa kita ambil Aceh Takengon dan Flores Bajawa, karena dua brand ini sudah besar lalu lebih gampang diingat dan dikenal, jadi bukan dari daerah yang antah berantah. Selain itu ada dua lagi yang memang kita bawa dan bisa dibilang cukup jarang, kayak Java Blue Ijen dan Toraja Tanah Gowa,” ungkap Head Roaster Solomon Coffee Roastery.
Empat produk single origin ini dijual per paket yang masih dalam bentuk biji kopi. Namun Rama menambahkan, Solomon Coffee Roastery juga memiliki mesin penggiling jika konsumen ingin membeli yang dalam bentuk bubuk dan siap seduh.
berita terkait
berita terpopuler
Artikel Lainnya

Pendidikan
Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK
24 June 2022, 16:06
Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Bisnis
Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif
24 June 2022, 14:04
Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Berita Kawasan
MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko
24 June 2022, 11:02
Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Hobi dan Hiburan
Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space
23 June 2022, 17:30
Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.