Solusi Gigi Rusak Dengan Implan Gigi

Kesehatan

Solusi Gigi Rusak dengan Implan Gigi

Semua orang pasti ingin memiliki gigi rapih, bersih dan indah. Karena faktor yang merusak gigi yang mengakibatkan gigi gompal, ompong dan lain-lain, tentunya akan merusak penampilan sehingga membuat tak percaya diri. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak yang melakukan metode perawatan gigi atau mengganti gigi baru dengan implan gigi.

Implan gigi adalah akar gigi buatan berbentuk seperti baut yang ditanam pada rahang pasien untuk mengganti akar gigi yang hilang. Implan gigi ditanam pada rahang melalui prosedur bedah implan gigi. Implan gigi kemudian akan dipasangkan crown atau mahkota gigi palsu sebagai pengganti gigi yang hilang.

Solusi Gigi Rusak Dengan Implan Gigi

Menurut drg. Rahima Nur Hayati kepada PingPoint.co.id (8/10/2019), implan gigi umumnya dibuat dari metal atau logam khusus, kebanyakan dari titanium. Implan titanium akan menyatu dengan tulang rahang melalui proses penyembuhan selama beberapa bulan. Setelah menyatu dengan tulang rahang, implan akan berperan sebagai akar gigi baru. “Implan itu skrup titanium yang ditanamkan ke tulang rahang,” kata Rahima.

Mahkota gigi buatan akan dipasang berikutnya bersama abutment yang berperan sebagai penghubung antara implan gigi dengan mahkota gigi. “Nah, nanti di atas dari skrup titanium itu istilahnya adalah abutment yang berfungsi untuk menahan crown atau gigi pengganti. Biasanya crown berbahan porselen dan secara estetika warna dari crown pada implan bisa disesuaikan dengan gigi asli dengan gigi sebelahnya,” lanjut Rahima.

[Baca Juga: Miliki Gigi Putih Bersinar Seperti Milik Krisdayanti dengan Veneer]

Dengan penyatuan tulang rahang dengan implan gigi, implan gigi tidak akan berubah posisinya selama digunakan oleh pasien. Adapun kelebihan implan gigi dari gigi palsu yang PingPoint.co.id rangkum dari alodokter.com (15/5/2019), seperti:

  • Implan gigi lebih memudahkan pasien untuk mengunyah makanan, sedangkan gigi palsu dapat bergeser pada saat makan.
  • Implan gigi memberikan kenyamanan lebih dibanding gigi palsu, karena dipasang dengan kuat.
  • Implan gigi tidak akan mengubah penampilan pasien karena terasa seperti gigi asli.
  • Implan gigi tidak akan menyebabkan pasien sulit berbicara seperti pada gigi palsu, karena tidak akan bergeser selama berbicara.
  • Implan gigi dipasang tanpa harus menggeser atau mengubah posisi gigi yang masih ada. Ini dapat meningkatkan kesehatan mulut dan gigi dibanding menggunakan gigi palsu.
  • Implan gigi biasanya lebih tahan lama dibanding gigi palsu.
  • Memasang dan merawat implan gigi tidak serumit gigi palsu, karena tidak harus melepas-pakai dan menggunakan perekat seperti pada gigi palsu.

Berbeda dengan veneer yang secara prosedur medis digunakan untuk kecantikan, melainkan indikasi seseorang menggunakan implan karena beberapa hal, yaitu:

  • Adanya gigi yang hilang.
  • Tidak memiliki kondisi tertentu yang dapat memengaruhi tumbuhnya tulang.
  • Tidak ingin menggunakan gigi palsu.
  • Ingin memperbaiki gigi tanggal.

Tentunya pasien dapat melakukan prosedur medis ini setelah berkonsultasi dengan ahli atau dokter dan melewati proses pemeriksaan pada gigi terlebih dahulu. Dimana implan gigi ini tak dapat sembarangan dikerjakan oleh bukan tenaga ahli medis mengetahui risiko pada gigi dan saraf sangat mempengaruhi kesehatan tubuh seseorang.

Veneer Miliki Gigi Putih Bersinar Bak Krisdayanti

Rahima menambahkan, khususnya bagi penderita penyakit tertentu seperti diabetes tidak dianjurkan untuk mengimplan gigi. “Seperti biasanya kita melakukan edukasi dulu kepada pasien, kita juga lihat lagi, ada banyak hal diperingati kondisi pasien. Tidak ada sakit yang sistemik seperti diabetes, jantung sebelum melakukan implan. Biasanya itu kontraindikasi yah untuk dilakukan implan. Yang paling penting tulang rahang harus sehat. Kalau tulang rahangnya tidak sehat biasanya tidak bisa dilakukan implan,” ujarnya.

Pemasangan implan gigi dilakukan melalui beberapa kali operasi pembedahan. Oleh sebab itu, pasien yang akan menjalani pemasangan implan gigi harus menjalani tahap persiapan dengan baik. Operasi implan gigi umumnya dilakukan dengan pasien diberikan bius lokal, meskipun pasien dapat meminta diberikan bius total. Pasien yang menjalani operasi pemasangan implan gigi, pada masing-masing tahapan dapat merasakan ketidaknyamanan di daerah mulut.

[Baca Juga: Awas, Gigi Anda Bisa Berlubang! Ini Cara Mencegahnya]

Adapun risiko implan gigi, antara lain:

  • Jika implan gigi di rahang atas menembus rongga sinus memunculkan gangguan pada sinus.
  • Kerusakan jaringan di sekitar implan gigi.
  • Kerusakan jaringan saraf yang dapat menyebabkan munculnya nyeri, mati rasa, atau rasa seperti tertusuk di sekitar gigi asli, gusi, bibir dan pipi.

Rahima memaparkan, “Bisa terjadi inveksi disekitar lokasi yang sudah diimplan”, tandasnya.

Tentunya kendala tersebut dapat diatasi tenaga ahli di mana pasien melalui proses pengobatan. Akan tetapi, tingkat kesusksesan rata-rata pemasangan implan gigi cukup tinggi, yaitu sekitar 98 persen. Jika dijaga dengan baik, implan gigi yang dipasang dapat bertahan hingga seumur hidup. “Karena implan berhubungan dengan tulang, sebaiknya pasien juga selalu menjaga asupan makanannya supaya tulangnya tetap kuat. Nah baiknya pasien harus cek ke dokter gigi secara teratur, seperti pasien-pasien yang lain 6 bulan sekali.” tutup Rahima.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.