Solusi Halau Semut Tanpa Bahan Kimia

Properti dan Solusi

Solusi Halau Semut Tanpa Bahan Kimia

Gangguan dari kawanan semut di rumah tentu mudah diselesaikan, biasanya cukup dengan menyemprot pestisida, masalah Anda pun selesai. Memang semut tergolong tidak membahayakan, tapi kalau sudah menyerbu ruang penyimpanan bahan makanan atau lemari makanan di dapur, wajar saja jika Anda menjadi stres.

Untuk penggunaan di dapur, tentu lebih bijaksana jika Anda lebih memilih bahan alami untuk mengusir gangguan semut tersebut. Karena bahan kimia pada pestisida berpotensi mengganggu kesehatan, terutama jika terkena bahan makanan yang Anda simpan di dapur.

[Baca Juga: 4 Serangga Perusak Kayu Bangunan dan Cara Mengatasinya]

Berikut ada sejumlah solusi sederhana dan efektif untuk menghalau semut masuk ke dapur rumah Anda, yang PingPoint.co.id kumpulkan dari beberapa sumber.

  • Gunakan larutan air cuka

Saat kawanan semut memasuki rumah Anda, tanpa disadari bahwa mereka sebenarnya meninggalkan aroma khusus yang menjadi jejak rute. Itu sebabnya rute semut selalu dilalui oleh kawanan semut yang lain. Jika Anda melihat semut yang sedang menuju dapur, segera hapus jejaknya dengan menggunakan larutan yang terbuat dari campuran air dan cuka. Memang larutan ini tidak akan membuat semut mati, tapi kawanan semut yang lain tidak akan mengikuti jejaknya di dalam rumah Anda.

Solusi Halau Semut Tanpa Bahan Kimia

  • Gunakan kapur tulis

Jika pada ruang dapur rumah Anda memiliki pintu akses ke luar rumah, ada kemungkinan semut masuk melalui sela-sela pintu tersebut. Untuk menghalau rute semut tersebut, Anda cukup membuat garis dengan menggunakan kapur tulis di sekitar pintu, terutama di bagian luar pintu. Semut tidak menyukai zat kalsium karbonat pada kapur tulis, sehingga mereka akan menyeberang garis yang Anda buat.

[Baca Juga: Tak Disangka, Ini 4 Manfaat Kayu Manis untuk Kebun]

  • Taburkan tepung terigu atau bubuk kayumanis

Serupa dengan penggunaan kapur tulis, semut juga tidak menyukai tepung terigu dan bubuk kayumanis. Keduanya menjadi opsi yang amat baik bagi Anda yang tidak menginginkan penggunaan bahan kimia di sekitar dapur. Memang secara visual, menaburkan tepung terigu atau bubuk kayumanis akan membuat dapur Anda terlihat kurang bersih. Namun jika dibandingkan dengan serbuan kawanan semut di dapur Anda, tentu hal ini patut dicoba kan?

Solusi Halau Semut Tanpa Bahan Kimia

  • Gunakan jeruk

Selain untuk mengusir semut, jeruk akan membuat rumah Anda seperti tempat liburan di pulau tropis! Jeruk limau dan jeruk lemon akan membuat semut enggan masuk ke dalam rumah. Sari dari buah jeruk tersebut dapat dituangkan di sekitar jendela dan pintu, sehingga semut tidak tertarik untuk melaluinya. Anda juga dapat menggunakan kulit lemon dan diletakkan di sekitar dapur.

Dengan beberapa langkah di atas, Anda cukup menggunakan benda atau bahan-bahan yang tersedia di rumah untuk mencegah hadirnya semut di dalam dapur. Satu hal yang penting, semua bahan yang dapat digunakan tersebut tentu bebas dari bahan kimia yang membahayakan kesehatan Anda dan keluarga.

Read More

Artikel Lainnya

Jelang SBMPTN, Begini Cara Atasi Perbedaan Pilihan Anak dan Orangtua

Pendidikan

Jelang SBMPTN, Begini Cara Atasi Perbedaan Pilihan Anak dan Orangtua

23 February 2020, 13:00

Orangtua perlu mempertimbangkan minat dan kemampuan anak-anaknya dalam menentukan jurusan kuliah.

Begini Cara Tangani Cegukan Menurut Ahli

Kesehatan

Begini Cara Tangani Cegukan Menurut Ahli

23 February 2020, 12:00

Cegukan memang tidak serius, tapi bisa menjadi masalah kesehatan yang mengganggu aktivitas Anda. Sebaiknya tangani gangguan ini dengan tepat.

Gratis Play Lounge Terbuka untuk Komunitas Gamer

Berita Kawasan

Gratis! Play Lounge Terbuka untuk Komunitas Gamer

23 February 2020, 11:00

Pihak PSE membuka pintu selebar-lebarnya untuk para komunitas gamer di Jakarta yang ingin mengadakan acara hingga kopi darat di Play Lounge tanpa dipungut biaya.

Dinas LH Jakarta Butuh Kepedulian Warga Kurangi Produksi Sampah

Berita Kawasan

Dinas LH Jakarta: Butuh Kepedulian Warga Kurangi Produksi Sampah

23 February 2020, 10:00

Masyarakat berperan penting dalam pengurangan sampah di DKI Jakarta. Iyulah mengepa Dinas Lingkungan hidup meminta kepedulian warga.


Comments


Please Login to leave a comment.