ads
CEMPAKA PUTIH_PROPERTI_SOLUSI PENANGGULANGAN MASALAH RAYAP DI RUMAH_EMIL_REVISI 01-01.jpg

Properti dan Solusi

Solusi Penanggulangan Masalah Rayap di Rumah

Cuaca Indonesia memiliki ciri iklim tropis yang hangat, apalagi di Jakarta yang cenderung panas. Keadaan iklim ini sangat cocok untuk menopang tumbuh kembangnya hewan rayap yang dapat menyasar rumah Anda. Banyak di antara para warga Jakarta pun memilih jasa pembasmi rayap, untuk menanggulangi masalah ini. Salah satunya yang berada di Johar Baru.

Namun berbicara mengenai masalah rayap, sebelum memanggil jasa pembasmi rayap, Anda juga dapat berusaha mencoba menanggulanginya sendiri. Artikel ini akan memberikan ulasan mengenai bagaimana mengidentifikasikan hingga tips mengatasi hama yang satu ini.

Identifikasi Jenis Rayap

Sebenarnya rayap terbilang menguntungkan di alam liar karena hewan ini memiliki peran sebagai pengurai. Sayangnya, rayap juga kerap berkembang biak di pemukiman manusia dan memicu kerusakan terhadap kayu yang menjadi bagian dari struktur rumah.

Sebagaimana dilansir dari myhousepests.com, deteksi dini merupakan kunci utama untuk membatasi kerusakan terhadap kayu di rumah yang disebabkan rayap. Namun sayangnya, hal ini terbilang sulit mengingat sebagian besar pemilik rumah jarang melihat aktivitas hama ini, baik dari bawah tanah atau saat melahap kayu dari dalam.

Selain rumah dengan struktur kayu, rayap disebut juga dapat menyerang bangunan yang menggunakan struktur material lainnya. Pasalnya, serangga ini disinyalir berjalan melalui metal siding (besi pelapis tembok), plester dinding dan merusak langit-langit hingga perabotan kayu yang ada di dalam rumah. Lantas bagaimana tahu rumah Anda terkena serangan rayap? Berikut ini adalah ciri-cirinya:

  • Rayap Tanah

Sebagaimana dikutip dari antirayap.co.id, jenis hama ini hidup di bawah permukaan tanah dengan hubungan sosial yang tinggi. Karena itu, rayap jenis ini acap kali hidup dalam koloni dengan jumlah yang besar. Ciri-ciri keberadaan rayap jenis ini di rumah Anda adalah munculnya terowongan yang hewan ini buat di dekat fondasi rumah. Rayap tanah memiliki kebiasaan memakan kayu lunak dan menciptakan pola seperti sarang lebah di kayu.

  • Rayap Kayu

Hama yang satu ini terdiri dari dua jenis yaitu rayap kayu kering dan rayap kayu basah. Rayap kayu kering tinggal di kayu-kayu kering yang memiliki kadar air rendah sedangkan rayap kayu basah tinggal di kayu yang cenderung lembang atau memiliki kadar air tinggi.

Rayap kayu memiliki kebiasaan membuat koloni di dalam struktur kayu yang juga menjadi makanan mereka. Rayap jenis ini biasanya memilih kayu di tembok, atap atau furnitur. Ciri-ciri utama serangan rayap ini adalah ketika munculnya retakan seperti labirin di kayu Anda atau terlihatnya gundukan seperti serpihan kayu di bawah furnitur.

Cara Menanggulangi Masalah Rayap

Setelah mengetahui cara mengidentifikasi rayap maka Anda dapat mencoba beberapa metode untuk menanggulangi bahkan mencegah hama tersebut merusak rumah kesayangan Anda. Berikut ini cara-caranya:

  1. Buang kayu sisa atau tebang pohon yang membusuk di dekat rumah Anda. Kayu-kayu sisa konstruksi kerap disimpan oleh pemilik rumah dan hal ini dapat memicu munculnya rayap-rayap. Bila Anda termasuk orang yang memiliki pohon-pohon di halaman, maka ada baiknya bila Anda melakukan pengecekan terhadap kesehatan pohon. Pasalnya, munculnya lubang-lubang kecil di pohon dapat menjadi indikasi keberadaan koloni rayap.
  2. Gunakan kayu yang sudah melalui proses pengawetan untuk furnitur dan konstruksi rumah Anda. Mengapa? Sebagaimana dilansir dari klikteknik.com, karena senyawa kimia yang diberikan terhadap kayu awet dapat membuatnya tahan dari serangan jamur, rayap serta organisme perusak kayu lainnya.
  3. Gunakan wood filler yang berguna untuk menahan dampak serangan rayap. Proses ini juga dikenal sebagai pendempulan kayu yang bermanfaat untuk menutup pori-pori kayu yang besar. Pertama yang perlu Anda lakukan adalah tandai bagian kayu yang rusak akibat rayap. Kemudian Anda gunakan wood filler menggunakan pisau dempul ke bagian kayu yang rusak tersebut.
  4. Bila serangan rayap terjadi di bagian kayu yang menjadi struktur rumah Anda, ada baiknya untuk mengganti kayu tersebut. Anda bisa memilih menggunakan kayu jati, kayu merbau dan kayu sengon yang terkenal memiliki daya tahan tinggi dari serangan rayap. Namun jangan lupa, ada baiknya sebelum dipasang ke rumah Anda, kayu-kayu tersebut melalui proses pengawetan terlebih dahulu sebagai langkah preventif.

Itulah cara identifikasi dini dan solusi menangani serangan rayap di rumah. Namun ada baiknya bila Anda memanggil jasa pembasmi rayap bila merasa serangan serangga ini terbilang parah di rumah Anda. Salah satu lokasi di Jakarta yang melayani jasa ini berada di area Johar Baru. Tepatnya di Jalan Percetakan Negara Raya, No. 57, Blok I Rawasari, Johar Baru dan bila membutuhkan informasi lebih lanjut, Anda bisa menghubungi nomor (021) 8349-1778.

ads
ads
ads

Artikel Lainnya

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah.jpg

Properti dan Solusi

Perhatikan Hal ini Ketika Membuat Taman di Rumah

20 February 2019, 4 a.m.  |  4 Views

Banyak manfaat miliki taman di halaman rumah. Taman memberikan sirkulasi udara yang baik. Memandanginya juga baik untuk mata lelah.

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda.jpg

Kesehatan

Eka Kurniawan Jaga Kesehatan dengan Bersepeda

20 February 2019, 5 a.m.  |  6 Views

Mengetik berjam-jam di depan layar komputer dapat mengganggu kesehatan. Sastrawan Eka Kurniawan mengatasinya dengan rajin bersepeda.

Ngopi Instagramable di Serpong 1.jpg

Kuliner

4 Tempat Ngopi Instagramable di Serpong

20 February 2019, 3 a.m.  |  4 Views

Secangkir kopi panas jadi kenikmatan hakiki yang tak terbantahkan. Tak ayal, tempat ngopi juga hadir dengan interior instagramable.

Taman Bacaan Inovator.jpg

Pendidikan

Taman Baca Inovator Lahir Atas Nama Literasi

19 February 2019, 4 a.m.  |  48 Views

Gerakan taman bacaan mungkin sudah banyak ditemukan. Namun, Yayasan Taman Baca Inovator punya sentuhan berbeda.


Comments

Please Login to leave a comment.

ads