mola-tv.jpg

Bisnis

Sosialisasi Mola TV Mengenai Lisensi Tayangan Euro 2020 di Medan

Mola TV sebagai pemegang hak siar laga UEFA Euro Package (EUFA Euro 202, FIFA World Cup 2022, dan UEFA Nations League 2018/2019, 2020/2021) gencar melakukan sosialisasi, termasuk di Medan. Pasalnya, sejak 2019, Mola TV mendapati banyak pelanggaran yang dilakukan publik terkait hak siar ini.

PT Global Media Visual atau Mola TV mengumumkan karya siaran/hak siar dan public viewing atas tayangan pertandingan sepakbola UEFA EURO 2020, Qualification Matches for UEFA EURO 2020, Qualification Matches for FIFA WORLD CUP 2022, dan UEFA Nations League 2018/2019, 2020/2021 tertanggal 6 Mei 2021 pada beberapa surat kabar nasional berbahasa Indonesia dan Bahasa Inggris.

Sosialisasi Mola TV Mengenai Lisensi Tayangan Euro 2020 di Medan

Senior Legal Enforcement & Ligigationn Officer Mola TV, M Lutfi Supriadi menjelaskan ada puluhan kasus pelanggaran hak siar yang mereka bawa sampai ke ranah hukum. “Kalau sampai LP (laporan polisi) saya bisa bilang sampai 20 kasus bahkan lebih. Dan yang sudah berjalan dan sedang berjalan pun masih banyak lagi,” jelasnya kepada wartawan di Medan (24/5/2021).

Diakui Lutfi, banyaknya pelanggaran kasus yang mereka dapati tidak semua berujung laporan polisi. Mereka masih berusaha menempuh jalur mediasi. “Karena dari segi upaya kita tidak langsung LP atau langsung bikin laporan. Kita panggil dari pihak pelanggar kita mediasi, kemudian kalau memang tidak mencapai kesepakatan, kita akan lakukan LP,” lanjutnya.

[Baca Juga: Jakpro: Stadion JIS Tak Hanya Jadi Homebase Klub Sepak Bola Jakarta Semata]

Lutfi menyebut tahun lalu lumayan banyak kasus dengan pelanggaran berbeda-beda baik streaming juga siaran di area publik. “Kalau untuk saat ini tahun 2021, yang sedang berjalan ada 30 kasus. Tapi kalau tahun lalu banyak dari kasus. Tahun 2019 kurang lebih dari 2019-2020 hampir 50-an lebih,” ungkapnya.

Dia tidak menampik kebanyakan kasus pelanggaran hak siar lantaran sebagian masyarakat tidak paham atau tidak peduli dengan hak cipta.

“Kendalanya memang sebenarnya kalau boleh saya bilang untuk masyarakat Indonesia masih kurang terhadap hak cipta. Pengetahuan terhadap hak cipta mungkin dari pihak penyelenggara (acara) masih belum tahu hak cipta. Kalau dibanding di luar negeri hak cipta memang diutamakan banget, concern mereka banget, karena kita kurang edukasi juga. Kita (Mola TV) yang pertama kali memang gencar banget sosialisasi (hak cipta/hak siar) segala macam,” tuturnya.

Sosialisasi Mola TV Mengenai Lisensi Tayangan Euro 2020 di Medan

Senior Associate K & K Advocates-Intellectual Property Mola TV Fajar Kusumo menambahkan, persoalan kurang mengetahui soal hak cipta dalam Undang-Undang Nomor 28 tahun 2014 tidak bisa dijadikan alasan. “Sebab salah satu asas hukum, semenjak (UU) dikeluarkan maka semua dianggap tahu, harus tahu,” timpalnya.

Penyidik Subdit Indag Dittipideksus Bareskrim Polri Iptu Hendrik Sulisno menjelaskan, pihaknya bisa menindaklanjuti pelanggaran hak cipta atas dasar pengaduan. “Dan siapa yang bisa mengadu yaitu orang yang memiliki hak yang sudah mendaftarkan di Kemenkumham. Jadi ada pihak yang menayangkan tanpa seizin pemilik hak, maka akan dapat dilakukan penindakan hukum. Dan kemarin sudah beberapa perkara yang sudah kita ajukan ke JPU, ada yang kita lakukan penahanan,” ungkapnya.

[Baca Juga: Perhatikan 3 Hal ini Sebelum Memilih Sekolah Sepak Bola]

Dia juga mengamini pernyataan Fajar Kusumo, bahkan sejak UU diundangkan atau dikeluarkan mau tidak mau, publik harus mengetahuinya. “Sebelum terbit sudah disosialisasikan. Sekarang banyak media sosial bisa dicaritahu, dicek di handphone via Google,” lanjutnya.

Hendrik mengatakan sejak 2020-2021 ada banyak kasus yang sedang diproses terkait pelanggaran hak cipta Mola TV. “Sampai di JPU sudah lima perkara dan dalam progres ada tujuh lagi. Pasal yang dikenakan tidak hanya UU No 28 saja, tapi ada pernyertanya pasaL 55 KUHP yaitu orang yang melakukan, menyuruh melakukan dan turut melakukan bisa dikenakan (pidana),” bebernya.

Medan Urutan Kelima Penikmat Mola TV

COO MIX Bobby Christoffer dalam kesempatan yang sama menyebutkan, ada seribuan pelanggan Mola TV di Indonesia, di mana seratusannya ada di Medan. “Pelanggan yang sudah daftar seribu lebih di Mola Live Arena, itu seluruh Indonesia. Medan posisi nomor 5, paling besar Jabodetabek. Pulau Sumatera relatif banyak seperti Lampung juga Jambi,” jelasnya.

Oleh karena itu juga, Bobby menyebut Mola TV gencar melakukan sosialisasi bahwa siaran Mola TV bisa disiarkan dengan ketentuan yang berlaku. Terutama tempat tontonan bersama seperti nonton bareng di kafe, lobi hotel, lounge dan lainnya. “Tentu menyampaikan sebelum teman-teman melakukan kesalahan karena ketidaktahuan, supaya semua pihak bisa aman menjalankan usaha,” jelasnya.

Sosialisasi Mola TV Mengenai Lisensi Tayangan Euro 2020 di Medan

Salah satunya, perhelatan besar Euro 2020 atau Piala Eropa akan mulai digelar pada Juni 2021. Para penggemar sepak bola tim-tim Eropa bisa menyaksikan laga-laga sengit dari 24 negara itu di Mola TV. Sebagai pemegang hak siar via live streaming Euro 2020, Mola gencar mensosialisasikan hak siar tersebut agar publik bisa menyaksikan pertandingan dengan aman tanpa terjerat hukum.

Bobby menjelaskan, hal ini bertujuan agar khalayak umum dan pelaku-pelaku usaha area publik/komersial dan sejenisnya yang membuat orang berkumpul lebih dari 1 orang untuk kegiatan nonton bareng bisa paham tentang lisensi tunggal atas tayangan yang dimiliki oleh Mola tersebut.

[Baca Juga: Pemkot Depok Kini Miliki Dua Stadion Sepakbola Baru]

Bobby mengatakan tayangan UEFA Euro Package 2018-2022 melalui platform OTT hanya dapat diakses pada laman situs www.mola.tv, aplikasi Android/IOS resmi Mola serta platform pihak ketiga lainnya yang bekerjasama secara resmi dengan pihak Mola.

“Mola juga mengimbau kepada seluruh pelaku usaha area publik/komersial dan sejenisnya maupun pihak-pihak lain yang hendak mengadakan kegiatan menyaksikan bersama dengan menayangkan UEFA Euro Package 2018-2022 agar melakukan registrasi dan kerjasama dengan Mola melalui partner resmi yang telah ditunjuk oleh Mola, yakni PT Mitra Media Integrasi (MIX),” bebernya.


Read More

MOLA tv

tv kabel

None
None

Artikel Lainnya

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022.jpg

Bisnis

Mulai Hari Ini! Tangerang Great Sale Digelar Hingga 31 Desember 2022

01 December 2022, 13:32

Menjelang momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, pesta diskon serta pameran UMKM bertajuk Tangerang Great Sale siap digelar sampai 31 Desember 2022.

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com.jpg

Bisnis

Permudah Belanja Kebutuhan Natal dan Tahun Baru di ruparupa.com

01 December 2022, 10:30

Bagi Anda yang saat ini sudah bersiap untuk berbelanja kebutuhan di rumah untuk sambut momen Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, maka ruparupa.com dapat jadi solusi mudahnya.

Sambut Momen Akhir Tahun, realme Gelar Promo Golden Carnival.jpg

Bisnis

realme Gelar Promo Golden Carnival di Momen Akhir Tahun 2022

30 November 2022, 14:25

Dalam rangka mendekatkan diri dengan realme Fans, realme akan menggelar promo serta event dengan tema Let It Gold dalam rangka menyambut momen akhir tahun 2022.

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery.jpg

Bisnis

Bantu Permodalan Pembudidaya Ikan, Amartha Gandeng eFishery

30 November 2022, 14:24

Dalam rangka mendukung UMKM di ranah budidaya ikan, Amartha bekerjasama dengan perusahaan eFishery untuk membantu memberikan akses peminjaman modal usaha.


Comments


Please Login to leave a comment.