Sosialisasi Pangan B2SA Digelar untuk Himbau Masyarakat Ubah Pola Makan

Kesehatan

Sosialisasi Ubah Pola Makan dengan Pangan B2SA

Sosialisasi pangan Beragam Bergizi Sehat dan Aman (B2SA) diselenggarakan Suku Dinas Ketahanan Pangan Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Pusat pada 20 Juni 2019. Sosialisasi ini dihadiri Kasudin KPKP Jakpus Bayu Sari Hastuti dan Kabag Perekonomian Jakarta Pusat Choir.

Sosialisasi yang digelar di Ruang Serbaguna Besar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat diikuti para peserta yang merupakan para kader PKK dari delapan kecamatan dan pelajar. Kegiatan sosialisasi ini diadakan dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pola makan yang mengandung B2SA sebagaimana disampaikan Kasudin KPKP Jakpus.

Menurutnya, makanan B2SA ini dapat menjadi makanan kreasi baru. Dia juga berharap, para peserta bisa menginformasikan kepada masyarakat di wilayahnya masing-masing setelah mengikuti sosialisasi ini.

[Baca Juga: Ayo, Kenali 10 Pesan Gizi Seimbang]

Dalam kesempatan ini, Kabag Perekonomian Jakarta Pusat Choir mendorong warga mengubah pola makan saat membuka kegiatan sosialisai B2SA. Menurutnya, warga sudah seharusnya mengikuti arahan pemerintah yang tengah fokus melakukan desentralisasi pangan. Dalam desentralisasi itu, target utamanya adalah mengubah pola konsumsi pangan masyarakat dengan kualitas yang lebih baik.

“Selama ini yang kita tahu sumber karbohidrat itu hanya nasi, padahal ada banyak sumber karbohidrat lain yang jauh lebih baik dari nasi. Dengan sosialisasi ini diharapkan masyarakat dapat mengubah pola pikirnya, pola konsumsinya dengan menerapkan pola makan B2SA,” ungkapnya sebagaimana dilansir pusat.jakarta.go.id (20/6/2019).

[Baca Juga: Warga Semper Barat Berhasil Tuntaskan Kasus Gizi Kurang]

Choir menambahkan, banyak negara maju yang memilikit tingkat kecerdasan karena pola makannya. Contohnya seperti Jepang dan Korea yang tingkat kecerdasannya jauh di atas Indonesia. Kecerdasaan orang Jepang dan Korea dipengaruhi pola makannya yang sering mengonsumsi sayur dan ikan sebagai sumber protein. Informasi tersebut didapatnya dari berbagai sumber. Oleh karena itu, pihaknya akan membentuk kader B2SA tingkat kecamatan untuk mensosialisasikan dan menciptakan kreasi pangan B2SA.

“Kenapa mereka pintar-pintar karena mereka mengubah pola makan. Mereka tidak makan nasi, hanya sedikit karbo yang didapat dari kentang. Mereka lebih banyak makan sayur dan ikan. Makanya kita akan bentuk kader B2SA tingkat kecamatan untuk mensosialisasikan dan menciptakan kreasi pangan B2SA,” tandasnya.

Dalam kegiatan ini, Sudin KPKP tidak hanya menggelar sosialisasi, tetapi juga diadakan kompetisi cipta menu B2SA. Para juara, baik dari juara satu hingga juara tiga dari kategori PKK dan pelajar nantinya akan dikirim untuk mewakili Jakarta Pusat ke lomba cipta menu B2SA tingkat provinsi.


Read More

Artikel Lainnya

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount.jpg

Bisnis

Titipku Perkuat Ekosistem Digital di Pasar Modern Paramount

09 February 2023, 14:46

Titipku mengklaim ekosistem digital yang diterapkan perusahaannya di Pasar Modern Paramaount mampu mendorong model bisnis B2B2C, hingga menjadi lahan mengumpulkan pundi-pundi rupiah bagia Jatiper.

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semakkan Konser di JIS.jpg

Hobi dan Hiburan

Lebih Dari 65 Ribu Penggemar Dewa 19 Sukses Semarakkan Konser di JIS

09 February 2023, 11:44

Pada akhir pekan kemarin konser Pesta Rakyat 30 Tahun Berkarya Dewa 19 sukses menghibur puluhan ribu baladewa dan baladewi yang berkumpul di JIS.

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024.jpg

Berita Kawasan

580 Usulan Masyarakat Diajukan di Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024

08 February 2023, 15:59

Dalam Musrenbang Kecamatan Bekasi Selatan untuk RKPD 2024, lima kelurahan mengajukan 580 usulan dengan total pagu mencapai lebih dari ratusan miliar rupiah.

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UG M.jpg

Kesehatan

Kasus Diabetes Anak di Indonesia Meningkat Tajam, Ini Saran Pakar UGM

08 February 2023, 13:57

Dengan data yang belum lama ini dirilis IDAI terkait semakin meningkatnya kasus diabetes terhadap anak, pakar kesehatan UGM memberikan sarannya agar buah hati Anda terhindar dari penyakit ini.


Comments


Please Login to leave a comment.