Sosialisasikan PHBS Cegah Corona, PMI Bermitra dengan PMR Depok

Kesehatan

Sosialisasikan PHBS Cegah Corona, PMI Bermitra dengan PMR Depok

Dengan masuknya Virus Corona yang menyebabkan penyakit baru Covid-19 ke wilayah Jabodetabek maka banyak otoritas kesehatan yang bergerak untuk mencegah penyebaran. Salah satu langkah sederhana yang dipandang dapat membantu mengantisipasi penyebaran virus ini adalah menerapkan program Pemerintah Indonesia yang dikenal dengan nama Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.

Untuk semakin menggencarkan pengetahuan masyarakat di Kota Belimbing mengenai tindakan preventif ini maka Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok pun bekerjasama dengan dengan Palang Merah Remaja (PMR) di wilayah ini untuk memberikan sosialisasinya. Langkah ini dilakukan dengan mengerahkan para pembina serta anggota PMR mengedukasi masyarakat mengenai pemahaman terhadap tindakan preventif dari paparan virus penyakit.

Sosialisasikan PHBS Cegah Corona, PMI Bermitra dengan PMR Depok

“Saat ini marak informasi yang beragam terkait pencegahan virus khususnya Corona. Kami bakal menggandeng pembina dan anggota PMR yang ada untuk memberikan edukasi dan informasi yang tepat,” ucap Wakil Kepala Markas PMI Kota Depok Imron Maulana, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (5/3/2020).

Menurut Imron, terdata sekitar 178 pembina dengan 1.254 anggota PMR yang terdapat di Kota Belimbing. Ia melanjutkan, saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari Dinas Kesehatan Kota Depok terkait program sosialisasi PHBS, dekontaminasi, serta penyemprotan disinfektan yang bisa dilakukan oleh para anggota PMR dan relawan PMI.

[Baca Juga: Pemkab Tangerang Mulai Bergerak Mengantisipasi Penyebaran Corona]

Sekadar informasi, PHBS sendiri memang saat ini sudah semakin digencarkan banyak pihak sebagai langkah tindakan preventif dari paparan virus Corona. Dengan tatanannya yang dibagi menjadi lima yaitu, di rumah tangga, sekolah, tempat kerja, saranan kesehatan, serta tempat umum. Di mana saat ini yang paling digencarkan adalah sosialisasi PHBS di rumah tangga yang dilakukan guna mencapai target rumah tangga sehat. Pada tatanan ini tedapat sekitar 10 indikator yang perlu dijalani dan terdiri dari:

  • Menjalani persalinan yang dibantu oleh tenaga medis ahli
  • Memberikan ASI Eksklusif
  • Menimbang bayi dan balita setiap bulan
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih
  • Menggunakan air bersih
  • Menggunakan fasilitas saitasi jamban
  • Memberantas sarang nyamuk
  • Mengonsumsi buah dan sayur
  • Melakukan aktivitas fisik setiap hari
  • Tidak merokok

[Baca Juga: Ini Langkah Pemprov DKI Cegah Penyebaran Virus Corona]

“Ya minimal, mereka (PMR Kota Depok) bisa mengedukasi kepada teman sebayanya sebelum melakukan sosialisasi secara luas. Karena kita juga masih menunggu arahan selanjutnya dari Dinas Kesehatan Kota Depok. Intinya kami sudah siap,” imbuh Imron.


Read More

Artikel Lainnya

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unai r.jpg

Kesehatan

COVID-19 Omicron Sub-varian Baru Sentuh Ratusan Kasus, Ini Pandangan Epidemiolog Unair

27 June 2022, 16:46

Saat ini pemerintah mengungkapkan bahwa kasus COVID-19 jenis Omicron varian BA.4 dan BA.5 telah menginfeksi ratusan orang di Tanah Air dan situasi ini mendorong epidemiolog dari Unair angkat suara.

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda.jpg

Berita Kawasan

Yogyakarta Terapkan Aturan Jam Malam Demi Lindungi Generasi Muda

27 June 2022, 14:43

Demi terhindar dari potensi terjadinya kejahatan klitih, Yogyakarta secara resmi memberlakukan kebijakan aturan jam malam.

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang.jpg

Berita Kawasan

Komunitas Banksasuci Lakukan Aksi Bersih-Bersih di Alun-Alun Tangerang

27 June 2022, 10:44

Pada akhir pekan lalu, para anggota Banksasuci Foundation memutuskan turun ke lapangan demi mendorong kesadaran masyarakat dalam menjaga Alun-Alun Tangerang dari sampah.

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

Kecantikan dan Fashion

Rangkaian Radiance Up! dari Y.O.U Beauty Atasi Wajah Kusam Akibat Polusi Udara

25 June 2022, 13:03

SymWhite 377, Vitamin C, dan Ekstrak Licorice membantu menghambat produksi melanin, sedangkan Niacinamide (B3) membantu menghambat transfer melanin di kulit.


Comments


Please Login to leave a comment.