Sosialisasikan PHBS Cegah Corona, PMI Bermitra dengan PMR Depok

Kesehatan

Sosialisasikan PHBS Cegah Corona, PMI Bermitra dengan PMR Depok

Dengan masuknya Virus Corona yang menyebabkan penyakit baru Covid-19 ke wilayah Jabodetabek maka banyak otoritas kesehatan yang bergerak untuk mencegah penyebaran. Salah satu langkah sederhana yang dipandang dapat membantu mengantisipasi penyebaran virus ini adalah menerapkan program Pemerintah Indonesia yang dikenal dengan nama Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS.

Untuk semakin menggencarkan pengetahuan masyarakat di Kota Belimbing mengenai tindakan preventif ini maka Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Depok pun bekerjasama dengan dengan Palang Merah Remaja (PMR) di wilayah ini untuk memberikan sosialisasinya. Langkah ini dilakukan dengan mengerahkan para pembina serta anggota PMR mengedukasi masyarakat mengenai pemahaman terhadap tindakan preventif dari paparan virus penyakit.

Sosialisasikan PHBS Cegah Corona, PMI Bermitra dengan PMR Depok

“Saat ini marak informasi yang beragam terkait pencegahan virus khususnya Corona. Kami bakal menggandeng pembina dan anggota PMR yang ada untuk memberikan edukasi dan informasi yang tepat,” ucap Wakil Kepala Markas PMI Kota Depok Imron Maulana, sebagaimana dikutip dari berita.depok.go.id (5/3/2020).

Menurut Imron, terdata sekitar 178 pembina dengan 1.254 anggota PMR yang terdapat di Kota Belimbing. Ia melanjutkan, saat ini pihaknya masih menunggu arahan dari Dinas Kesehatan Kota Depok terkait program sosialisasi PHBS, dekontaminasi, serta penyemprotan disinfektan yang bisa dilakukan oleh para anggota PMR dan relawan PMI.

[Baca Juga: Pemkab Tangerang Mulai Bergerak Mengantisipasi Penyebaran Corona]

Sekadar informasi, PHBS sendiri memang saat ini sudah semakin digencarkan banyak pihak sebagai langkah tindakan preventif dari paparan virus Corona. Dengan tatanannya yang dibagi menjadi lima yaitu, di rumah tangga, sekolah, tempat kerja, saranan kesehatan, serta tempat umum. Di mana saat ini yang paling digencarkan adalah sosialisasi PHBS di rumah tangga yang dilakukan guna mencapai target rumah tangga sehat. Pada tatanan ini tedapat sekitar 10 indikator yang perlu dijalani dan terdiri dari:

  • Menjalani persalinan yang dibantu oleh tenaga medis ahli
  • Memberikan ASI Eksklusif
  • Menimbang bayi dan balita setiap bulan
  • Mencuci tangan dengan sabun dan air bersih
  • Menggunakan air bersih
  • Menggunakan fasilitas saitasi jamban
  • Memberantas sarang nyamuk
  • Mengonsumsi buah dan sayur
  • Melakukan aktivitas fisik setiap hari
  • Tidak merokok

[Baca Juga: Ini Langkah Pemprov DKI Cegah Penyebaran Virus Corona]

“Ya minimal, mereka (PMR Kota Depok) bisa mengedukasi kepada teman sebayanya sebelum melakukan sosialisasi secara luas. Karena kita juga masih menunggu arahan selanjutnya dari Dinas Kesehatan Kota Depok. Intinya kami sudah siap,” imbuh Imron.


Read More

Artikel Lainnya

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

Kecantikan dan Fashion

Bulu Mata Menjulang dengan Maybelline Sky High Waterproof Mascara

02 July 2022, 12:51

Maybelline Sky High Waterproof Mascara ini mengandung ekstrak bambu dan fiber yang dapat membantu memanjangkan dan menebalkan bulu mata.

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!.jpg

Hobi dan Hiburan

Hadirkan Full Team, Tiket Konser Pre-sale 1 & 2 Dewa 19 di Candi Prambanan Ludes!

01 July 2022, 15:58

Dengan kehadiran formasi lengkap, empat vokalis dan dua drummer di satu panggung, pemesanan tiket konser 30 Tahun Dewa 19 di Candi Pramabanan jenis pre-sale satu serta dua telah habis dengan tiket harga normal yang saat ini tersedia.

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashles s.jpg

Bisnis

Melalui Flexi Hospital & Surgical, Astra Life Gaungkan Asuransi Kesehatan Cashless

01 July 2022, 14:44

Demi mengikuti tren digitalisasi serta iklim cashless yang bersifat kekinian, Astra Life juga memiliki produk asuransi kesehatan yang bersifat non-tunai.

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri.jpg

Berita Kawasan

Setelah Dihancurkan di Masa Penjajahan, Gapura Chinatown di Jakarta Kembali Berdiri

01 July 2022, 10:42

Baru-baru ini gapura Chinatown di kawasan Glodok Jakarta kembali diresmikan usai proyek restorasinya pasca-puluhan tahun yang lalu dihancurkan tentara Jepang.


Comments


Please Login to leave a comment.