Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang Dibalik Bersihnya Kali Ciliwung

Berita Kawasan

Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang di Balik Bersihnya Kali Ciliwung

Suparno Jumar atau akrab disapa dengan Pakde Parno menyambut kedatangan PingPoint.co.id dengan cukup hangat pada acara Climate Diplomacy Week 2019. Sebagai salah satu relawan media yang singgah pada acara memungut sampah Ciliwung di Teplan Bogor, Pakde Parno memberikan sebuah kesempatan kepada PingPoint.co.id untuk menyaksikan aksi peduli lingkungan nyata. Pemungutan sampah Ciliwung yang dikerjakan puluhan tangan sukarelawan pada saat itu cukup memberikan kesan baik.

Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang Dibalik Bersihnya Kali Ciliwung

Perbaikan lingkungan tidak harus dimulai dengan cara yang rumit, melainkan berawal dari inisiatif tulus terhadap lingkungan, ujar Pakde Parno. Gerakan demi gerakan yang ia lakukan demi menjaga alam kini cukup memberikan impact besar sekaligus menarik perhatian sejumlah public figure seperti Sheryl Getting (Shae) yang ikut terjun dalam pemungutan sampah hingga Najwa Sihab yang beberapa waktu lalu memviralkan aksi Pakde Parno.

[Baca Juga: Greta Thunberg Inspirasi Aksi Global Climate Strikes di Jakarta]

"Merupakan hal yang mudah membersihkan kali Ciliwung dari sampah, namun akan menjadi sangat sulit untuk merubah sikap atau perilaku masyarakat untuk bijak dalam membuang sampah," ujarnya ketika berbincang dengan PingPoint.co.id (1/10/2019). Pakde Parno tidak hanya sekedar membersihkan namun memberikan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang berada di Jakarta dengan cara yang cukup heroik.

Pakde Parno, dalang dibalik bersihnya kali Ciliwung ternyata tidak menjadi batas kesuksesan baginya. Kegelisahan terhadap rusaknya lingkungan hidup menjadi alasan utama Suparno Jumar memulai kegiatan pungut sampah yang ia geluti selama lebih dari sepuluh tahun.

Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang Dibalik Bersihnya Kali Ciliwung

Dalam acara Climate Diplomacy Week 2019, Pakde Parno menjelaskan bahwa, sungai menjadi ruang publik yang harus diperhatikan bersama. Jika ada masalah pada sungai maka masalah ini harus diselsaikan secara bersama-sama. Sebagai garda depan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Pakde Parno melibatkan seluruh bagian mulai dari pemerintah kota Bogor, komunitas, dewan usaha, akademisi hingga lembaga besar untuk ikut terjun dalam pembersihan Ciliwung. Dalam gerakan peduli lingkungan sungai, Pak Parno mengajak Anda, khususnya anak muda untuk bepartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sampah Ciliwung yang rutin diadakan setiap hari Sabtu pagi di sungai Ciliwung.

[Baca Juga: Climate Diplomacy Week 2019, Contoh Nyata Aksi Peduli Sampah]

Jika Anda ingin memberikan sedikit kontribusi terhadap lingkungan sungai Ciliwung, Anda bisa mengunjungi Instagram @ tjiliwoeng untuk informasi pendaftaran (Gratis) atau telusuri #laskarkarung, seputar kegiatan mewujudkan sungai Ciliwung bersih dan Bening.


Read More

Artikel Lainnya

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam.jpg

Kecantikan dan Fashion

Unik! Brand Ini Hadirkan Produk Sepatu dari Ceker Ayam

03 October 2022, 17:32

Alih-alih menggunakan kulit sapi, kambing, atau reptil, salah satu brand di Kota Bandung menggunakan ceker ayam sebagai bahan baku produk sepatunya.

Melalui Buku Ini, Masyarakat Diajak Sajikan dan Lestarikan Kuliner Asli Betawi.jpg

Kuliner

Lestarikan Kuliner Asli Betawi Melalui Buku

03 October 2022, 14:30

Belum lama ini Yayasan Nusa Gastronomi Indonesia, istri Gubernur DKI Jakarta dan istri mantan Sekda DKI Jakarta berkolaborasi guna menghasilkan buku yang mengulas resep tradisional khas Betawi.

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air.jpg

Bisnis

3 Startup Naungan East Ventures Ini Dukung Ekosistem Kopi Tanah Air

03 October 2022, 11:28

East Ventures setidaknya telah mendanai tiga perusahaan startup yang mendukung perkembangan ekosistem kopi di Tanah Air.

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.


Comments


Please Login to leave a comment.