Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang Dibalik Bersihnya Kali Ciliwung

Berita Kawasan

Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang di Balik Bersihnya Kali Ciliwung

Suparno Jumar atau akrab disapa dengan Pakde Parno menyambut kedatangan PingPoint.co.id dengan cukup hangat pada acara Climate Diplomacy Week 2019. Sebagai salah satu relawan media yang singgah pada acara memungut sampah Ciliwung di Teplan Bogor, Pakde Parno memberikan sebuah kesempatan kepada PingPoint.co.id untuk menyaksikan aksi peduli lingkungan nyata. Pemungutan sampah Ciliwung yang dikerjakan puluhan tangan sukarelawan pada saat itu cukup memberikan kesan baik.

Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang Dibalik Bersihnya Kali Ciliwung

Perbaikan lingkungan tidak harus dimulai dengan cara yang rumit, melainkan berawal dari inisiatif tulus terhadap lingkungan, ujar Pakde Parno. Gerakan demi gerakan yang ia lakukan demi menjaga alam kini cukup memberikan impact besar sekaligus menarik perhatian sejumlah public figure seperti Sheryl Getting (Shae) yang ikut terjun dalam pemungutan sampah hingga Najwa Sihab yang beberapa waktu lalu memviralkan aksi Pakde Parno.

[Baca Juga: Greta Thunberg Inspirasi Aksi Global Climate Strikes di Jakarta]

"Merupakan hal yang mudah membersihkan kali Ciliwung dari sampah, namun akan menjadi sangat sulit untuk merubah sikap atau perilaku masyarakat untuk bijak dalam membuang sampah," ujarnya ketika berbincang dengan PingPoint.co.id (1/10/2019). Pakde Parno tidak hanya sekedar membersihkan namun memberikan ajakan bagi seluruh lapisan masyarakat, khususnya yang berada di Jakarta dengan cara yang cukup heroik.

Pakde Parno, dalang dibalik bersihnya kali Ciliwung ternyata tidak menjadi batas kesuksesan baginya. Kegelisahan terhadap rusaknya lingkungan hidup menjadi alasan utama Suparno Jumar memulai kegiatan pungut sampah yang ia geluti selama lebih dari sepuluh tahun.

Sosok Edukatif Suparno Jumar, Dalang Dibalik Bersihnya Kali Ciliwung

Dalam acara Climate Diplomacy Week 2019, Pakde Parno menjelaskan bahwa, sungai menjadi ruang publik yang harus diperhatikan bersama. Jika ada masalah pada sungai maka masalah ini harus diselsaikan secara bersama-sama. Sebagai garda depan Komunitas Peduli Ciliwung (KPC) Pakde Parno melibatkan seluruh bagian mulai dari pemerintah kota Bogor, komunitas, dewan usaha, akademisi hingga lembaga besar untuk ikut terjun dalam pembersihan Ciliwung. Dalam gerakan peduli lingkungan sungai, Pak Parno mengajak Anda, khususnya anak muda untuk bepartisipasi dalam kegiatan bersih-bersih sampah Ciliwung yang rutin diadakan setiap hari Sabtu pagi di sungai Ciliwung.

[Baca Juga: Climate Diplomacy Week 2019, Contoh Nyata Aksi Peduli Sampah]

Jika Anda ingin memberikan sedikit kontribusi terhadap lingkungan sungai Ciliwung, Anda bisa mengunjungi Instagram @ tjiliwoeng untuk informasi pendaftaran (Gratis) atau telusuri #laskarkarung, seputar kegiatan mewujudkan sungai Ciliwung bersih dan Bening.


Read More

Artikel Lainnya

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta.jpg

Kuliner

Kedai Ini Hadirkan Sajian Kopi Butter di Pasar Kranggan Yogyakarta

05 July 2022, 17:48

Kedai Terang Bintang di Pasar Kranggan Yogyakarta memiliki menu yang bisa dikatakan masih jarang ditemukan di kedai kopi lainnya di Kota Gudeg, yakni kopi butter.

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone yang Ramah di Kantung.jpg

Bisnis

Tak Sampai 1,5 Juta, realme Kembali Hadirkan Smartphone Ramah Kantong

05 July 2022, 13:47

Perusahaan realme terus menggandeng para konsumennya yang menginginkan ponsel pintar dengan harga terjangkau dan kali ini hal itu direalisasikan melalui produk realme C30.

Tiga Mahasiswi ITB Menangi L’Oréal Brandstorm 2022 Global Tech Track

Pendidikan

3 Mahasiswi ITB Ini Berhasil Sabet Juara L’Oreal Brandstorm 2022 'Tech Track'

05 July 2022, 11:44

Para mahasiswi ITB berhasil membanggakan almamaternya usai meraih gelar juara di salah satu kategori kompetisi tingkat global L’Oreal Brandstorm 2022.

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri.jpg

Berita Kawasan

Rayakan HUT ke-432, Warga Kota Medan Disajikan Hiburan Hingga Pemecahan Rekor Muri

04 July 2022, 15:35

Pada pekan kemarin warga Kota Medan melihat langsung berbagai rangkaian perayaan HUT ke-432 Kota Melayu Deli yang berisi hiburan, termasuk menyaksikan langsung wali kotanya manggung!


Comments


Please Login to leave a comment.