Soto ayam Pak manOK3.jpg

Kuliner

Soto Khas Semarang Pak Man, Kuliner Favorit Para Pejabat

Kuliner Soto memang merupakan salah satu comfort food yang bisa dimakan kapan saja tak mengenal waktu. Kota Semarang juga memiliki soto khasnya yang pada umumnya berkuah kuning bening dengan rasa gurih dan disajikan menggunakan mangkuk keramik kecil. Dari banyaknya penjual soto yang ada di kota Semarang, salah satu yang legendaris adalah warung Soto Ayam Khas Semarang Pak Man yang telah berdiri sejak tahun 1978.

Warung Soto Ayam Khas Semarang Pak Man ini merupakan salah satu warung yang melegenda karena rasanya yang gurih dan ringan. Karena kelezatan dan racikan soto Pak Man yang tak pernah berubah sejak dulu inilah, kini soto Pak Man telah memiliki lima cabang yang tersebar di sekitar kota Semarang diantaranya di Jalan Pamularsih Raya, Jalan Veteran, Ruko Tlogosari Raya, Jalan Perintis Kemerdekaan, dan Jalan Wuryanto Raya Gunung Pati dengan warung pusatnya berada di Jalan Purwosari.

Soto ayam Pak manOK.jpg

Menariknya saat tiba di warung soto ini, pengunjung akan disambut dengan pikulan soto sebagai tempat meraciknya. Dengan dandang besar yang berisi kuah kaldu yang selalu panas, mangkok-mangkok keramik berbaris rapi disebelahnya dengan isian nasi putih, bihun, suwiran daging ayam, daun bawang, bawang goreng, perkedel dan irisan tomat. Jika ada pembeli yang datang, mangkok soto akan langsung disiram dengan kuah kaldu sehingga pengunjung tak menunggu lama.

Rahasia kualitas soto ini tetap terjaga dan memiliki rasa yang sama disetiap cabangnya adalah karena setiap harinya bumbu dari pusat akan dikirimkan ke lima cabangnya sehingga nantinya para pegawai di tiap cabang tinggal meraciknya sesuai dengan standar soto Pak Man. Tak perlu ditanya berapa mangkuk soto yang terjual, karena biasanya dalam sehari soto yang terjual bisa mencapai ratusan mangkok. Bahkan salah satu cabangnya di jalan Veteran bisa menghabiskan empat panci besar kaldu ayam kampung setiap harinya.

[Baca Juga: Paduan Kuah Kuning dan Rempah pada Semangkuk Soto Ayam Lombok]

Tahukah pointers, ternyata Soto Ayam Khas Semarang Pak Man ini telah menjadi kuliner langganan para pejabat di tanah air lho. Dari presiden Joko Widodo dan istri pada 2018 lalu, Menteri BUMN Erick Thohir hingga Menteri Keuangan Sri Mulyani pada Maret 2021 lalu. Dalam laman instagramnya Sri Mulyani yang pernah bersekolah di SMAN 3 Semarang ini menjadikan soto Pak Man kuliner favoritnya karena banyak pelengkapnya. "Soto (Semarang) ini khas sekali karena pernak-perniknya yang banyak dan enak, seperti perkedel, tempe, dan sate kerang," ujarnya.

Soto ayam Pak manOK2.jpg

Satu porsi soto ayam pak Man dibanderol dengan harga Rp16.000 dimana pelanggan bisa meminta nasi terpisah atau dicampur. Layaknya soto, pastinya ada beragam lauk sebagai pelengkap seperti sate ayam, sate hati, rempela, telur puyuh, usus, tempe, perkedel, usus goreng, tahu bakso, lunpia dan lainnya. Belum lengkap rasanya jika tidak menambahkan sambal yang terbuat dari cabai rawit segar. Dengan bumbu utama bawang putih dan kemiri, soto pak Man akan semakin mantap jika diberi tambahan jeruk nipis serta kecap mais.

Rasanya satu bangkok soto pak Man tak cukup mengenyangkan karena porsinya yang kecil, tapi jangan khawatiir karena umumnya para pelanggan soto pak Man menghabiskan dua mangkok per orangnya karena rasanya juga lezat. Jadi bagaimana pointers, tertarik mencoba Soto Khas Semarang Pak Man? Warung soto ini buka setiap hari dari pukul 07.00 WIB hingga pukul 19.00 WIB. Jangan lupa masukkan Soto Khas Semarang Pak Man ini dalam list wisata kulinermu ya pointers.


Read More

Soto Khas Semarang Pak Man

Restoran Soto Ayam

+6281235192008
None

Artikel Lainnya

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi.jpg

Bisnis

Jelang Imlek 2022, Ini Curhatan Pengrajin Barongsai di Tengah Pandemi

18 January 2022, 16:06

Walau menjelang perayaan Imlek 2022, pengrajin barongsai di Kota Tangerang mengaku kesulitan menjual produknya akibat pandemi COVID-19.

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu .jpg

Pendidikan

Gaungkan Budaya Literasi, SMPN 6 Yogyakarta Dirikan Tugu

18 January 2022, 15:01

SMPN 6 Yogyakarta menghadirkan tugu khusus dengan tujuan menggaungkan budaya literasi di sekolahnya.

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun.jpg

Pendidikan

Pemprov DKI Jakarta Siap Gelar Tantangan Baca Jakarta 4 Kali Setahun

18 January 2022, 14:02

Dengan tujuan semakin mendorong geliat minat baca di Ibu Kota, program tantangan Baca Jakarta di tahun 2022 ini siap digelar lebih banyak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya.

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad.jpg

Pendidikan

Bahas Kampus Merdeka, Mendikbudristek Temui Mahasiswa Unpad

18 January 2022, 13:03

Mendikbudristek Nadiem pada pekan ini berkunjung ke Unpad untuk membahas mengenai penerapan program MBKM di universitas negeri tersebut.


Comments


Please Login to leave a comment.