Spanduk Parkir Gratis Dipasang di Kantor Wali Kota Jakarta Utara

Berita Kawasan

Spanduk Parkir Gratis Dipasang di Kantor Wali Kota Jakarta Utara

Beberapa hari terakhir, muncul kabar yang menyebut masyarakat resah dengan adanya pungutan liar (pungli) di area parkir motor Kantor Wali Kota Jakarta Utara. Bahkan ada yang sampai geram dengan menyatakan, Wali Kota Jakarta Utara Syamsuddin Lologau terkesan tutup mata terhadap praktik pungli tersebut. Mendengar keluhan tersebut, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara mengambil langkah dengan memasang spanduk parkir gratis.

Pemkot Jakarta Utara menegaskan, sebenarnya tidak warga tidak perlu membayar biaya parkir sepeser pun saat pakir kendaraan di lingkungan kantor wali kota. Sayangnya, ada petugas pengamanan dalam atau Pamdal yang “nakal” dan acap kali menagih masyarakat Jakarta Utara yang pakir motor di area parkir tamu.

Spanduk Parkir Gratis Dipasang di Kantor Wali Kota Jakarta Utara

Demi mencegah aksi pungli tersebut kembali terjadi, Pemkot Jakarta Utara memasang lima spanduk yang bertuliskan “Parkir Kendaraan Bermotor di Lingkungan kantor Wali Kota ADM. Jakarta Utara GRATIS.” Spanduk-spanduk tersebut dipasang di beberapa titik yang mudah dilihat oleh masyarakat yang datang ke kantor Wali Kota Jakarta Utara.

Sebagaimana dilansir dari antaranews.com (25/7/2019), Wakil Wali Kota Jakarta Utara Ali Maulana Hakim menjelaskan, pemasangan spanduk tersebut dilakukan guna menyamakan persepsi bahwa tidak ada aksi pungli di lingkungan kantornya. Hal ini berlaku untuk mobil dan motor.

[Baca Juga: Kantor Wali Kota Jakarta Utara Kini Sediakan Taman Penitipan Anak]

Dengan pemasangan spanduk itu, Wakil Wali Kota Jakarta Utara berharap masyarakat juga dapat terlibat dalam proses pengawasan terhadap aksi pungli di area parkiran. “Jadi betul-betul dalam rangka gerakan saber (sapu bersih) pungli ke semua elemen, pemangku kepentingan dan aparat diminta memperhatikannya. Kita meminta masyarakat mengawasi,” ujar Ali.

Selain spanduk, masyarakat juga akan diberikan kartu parkir saat akan parkir kendaraan di kantor Wali Kota Jakarta Utara. Pada kartu parkir itu juga ada informasi yang menegaskan bahwa Anda tidak akan dipungut biaya parkir. “Parkir di kantor wali kota gratis untuk masyarakat dan berlaku di kantor-kantor kelurahan dan kecamatan,”sambungnya.

[Baca Juga: PKK Jakarta Utara Olah Sampah Spanduk Kampanye Jadi Tas]

Ali menambahkan, Pamdal di lingkungan kantor Wali Kota Jakarta Utara bertugas untuk mengamankan kendaraan dan seharusnya menolak segala bentuk pemberian. Ia bahkan siap menindak tegas jika ada petugas Pamdal yang masih melakukan pungli.

Sebenarnya semenjak awal Februari 2019, Pemkot Jakarta Utara telah menerapkan kartu dan stiker parkir gratis untuk mencegah pungli. Stiker diberikan kepada aparatur sipil negara yang bekerja di lingkungan kantor Wali Kota Jakarta Utara sedangkan kartu parkir untuk masyarakat yang ingin mengurus pelayanan atau perizinan di sana. Tapi sebelum spanduk dipasang, petugas Pamdal disebut melakukan pungutan saat masyarakat akan hendak keluar dari area parkir.


Read More

Artikel Lainnya

Semarakan 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week.jpg

Bisnis

Semarak 2022 PMPL SEA Championship, realme Gelar Esports Week

30 September 2022, 15:45

Untuk merayakan pertandingam 2022 PMPL SEA Championship, realme memutuskan menghadirkan promo lucky draw bertajuk realme Esports Week.

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung - Copy.jpg

Bisnis

Peresmian Selma Ciledug, Konsumen Diberikan Edukasi Kesehatan Jantung

30 September 2022, 13:44

Pada momen pembukaan cabang Selma terbaru di daerah Ciledug, ritel mebel di bawah naungan Kawan Lama Group itu menggelar program edukasi kesehatan jantung.

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat - Copy.jpg

Bisnis

Romokalisari Adventure Land Bawa Berkah untuk UMKM Setempat

30 September 2022, 11:42

Ternyata Romokalisari Adventure Land yang belum lama ini diresmikan disebut berhasil meningkatkan pemasukan para pelaku UMKM di sana.

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaa n.jpg

Bisnis

Rayakan Peningkatan Okupansi Berkat tiket.com, RedDoorz Berikan Penghargaan

29 September 2022, 19:46

Usai berkolaborasi selama empat tahun terakhir, tiket.com baru-baru ini mendapatkan penghargaan dari RedDoorz yang memandang perusahaan OTA itu berhasil membantu peningkatan industri pariwisata di Tanah Air.


Comments


Please Login to leave a comment.