SPBU Apung Akan Beroperasi Pertengahan Maret di Kepulauan Seribu

Berita Kawasan

SPBU Apung Akan Beroperasi Pertengahan Maret di Kepulauan Seribu

Setelah pembangunannya direncanakan pada Oktober 2019, SPBU Apung di sekitar Pulau Karya, Kepulauan Seribu Utara akan siap beroperasi pada pertengahan Maret 2020.

PT Pertamina beserta Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu telah menggelar rapat untuk pengoperasiannya pada Rabu (4/3/2020) di Kantor Mitra Praja, Jakarta Utara, dilansir dari beritajakarta.id (4/3/2020)

Pada pertemuan tersebut, Sales Brand Manager PT Pertamina Bima Kusuma Aji mengungkapkan bahwa operator serta sarana dan prasarana untuk SPBU ini sudah siap, kini hanya perlu menunggu titik koordinat penempatan kapal di Pulau Karya.

SPBU Apung Akan Beroperasi Pertengahan Maret di Kepulauan Seribu

“Kemungkinan pertengahan Maret ini sudah bisa beroperasi melayani nelayan Kepulauan Seribu," ujarnya.

SPBU Apung tidak akan berwujud fisik seperti SPBU pada umumnya. SPBU itu akan berupa kapal tanker. Pada penerapannya, PT Pertamina akan membawa bensin menggunakan kapal tanker di sekitar pulau tersebut.

Mengutip Kompas.com, SPBU dipilih berada di sekitar Pulau Karya karena pulau tersebut ada di tengah-tengah Kepulauan Seribu sehingga mudah diakses oleh masyarakat.

[Baca Juga: Pulau Karya Ternyata Jadi Lokasi Penentu Awal Ramadan]

Proses pengadaan SPBU ini melalui tiga tahap.Bupati Kepulauan Seribu mengajukan permohonan kepada Gubernur DKI Jakarta, kemudian gubernur mengajukan kepada PT Pertamina.

Sebelumnya, Pemerintah Kepulauan Seribu meminta dua SPBU dihadirkan di Kepulauan Seribu, namun PT Pertamina baru dapat mengabulkan satu SPBU.

Selama ini tidak ada pengisian bensin resmi di Kepulauan Seribu. Masyarakat perlu membeli bahan bakar dengan berlayar ke Jakarta. Oleh karena itu, harga bensin tidak menentu, tergantung jarak tempuh dan cuaca.

[Baca Juga: Persiapan Tanggap Darurat Bencana di Kepulauan Seribu]

Pulau Karya merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu, seperti Pulau Pramuka dan Pulau Panggang. Pada pulau ini, terdapat Gedung Markas Polisi Resor Kepulauan Seribu, dikutip dari detik.com (4/3/2020). Pepohonan dan rumah-rumah dinas yang tak selalu ditempati, serta bentangan lahan pemakaman menjadi objek penghias pulau ini.

Baru-baru ini, tepatnya Januari 2020, Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu memperkenalkan destinasi wisata baru di pulau tersebut, yaitu Pantai Cikaya. Fasilitas yang terdapat di destinasi ini di antaranya wahana bermain anak-anak, outbond, dan jembatan kayu.


Read More

Artikel Lainnya

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YP K.jpg

Pendidikan

Puluhan Karya Seni Mahasiswa ISBI Kota Bandung Dipamerkan di Galeri YPK

24 June 2022, 16:06

Bertajuk Archipelago, puluhan karya seni dari mahasiswa ISBI dipamerkan di Galeri YPK Kota Bandung hingga 30 Juni 2022.

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif.jpg

Bisnis

Kreatif! Warga Bandung Cari Cuan dengan Olah Sampah Plastik Jadi Produk Kreatif

24 June 2022, 14:04

Dengan brand Newhun, warga di Kota Bandung berhasil mengolah limbah sampah plastik bisa menjadi produk jam tangan.

Terintegrasi dari MRT Hingga Ojol di Ibu Kota, Masyarakah Diajak Unduh Apps JakLingk o.jpg

Berita Kawasan

MRT Hingga Ojol Ibu Kota Terintegrasi, Warga Diajak Unduh Apps JakLingko

24 June 2022, 11:02

Pemprov DKI mengajak masyarakat Ibu Kota mengunduh apps JakLinko guna mempermudah serta menghemat waktu untuk memanfaatkan berbagai transportasi di Jakarta bahkan termasuk mendapatkan tiket malam puncak HUT Jakarta ke-495.

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space.jpg

Hobi dan Hiburan

Nostalgia Lagu Hits Boyzone dan Westlife, Boyzlife Akan Tampil di Bengkel Space

23 June 2022, 17:30

Duet Boyzlife disebut akan diboyong untuk tampil pada 7 Agustus 2022 nanti untuk menampilkan lagu-lagu hits kedua anggotanya ketika masih di grup boyband Boyzone serta Westlife.


Comments


Please Login to leave a comment.

  • Emma 2 years, 3 months lalu
    emma

    kecewa dengan agen betting yang pernah anda jumpai tidak sesuai expetasi, langsung bergabung bersama kami yang tidak akan mengecewakan anda, dan berani memberikan banyak pilihan bonus sesuai yang anda inginkan, buktikan sekarang juga di poker165,co / situsjadul,com :)