cov.jpg

Kuliner

Spot Wisata Kuliner Anti Mainstream di Malang Raya

Malang merupakan kawasan di Jawa Timur yang diapit oleh beberapa pegunungan di sekitarnya. Hal tersebut pun membuat iklim di Malang sangat sejuk dan nyaman untuk dikunjungi. Banyaknya wisatawan yang berkunjung ke Malang setiap tahunnya. Membuat banyak pemodal dan pengusaha memanfaatkannya sebagai peluang bisnis yang menggiurkan.

Tak ayal, beragam jenis bisnis pun bermunculan di Malang Raya. Di antaranya adalah bisnis di bidang perhotelan, pariwisata, hingga kuliner. Untuk urusan bisnis kuliner, sudah menjadi rahasia umum jika Malang menjadi salah satu destinasi wisata kuliner yang ada di Jawa Timur. Beraneka ragam jenis kuliner di Malang Raya akan menyambut para pecinta kuliner dengan sejuta citarasa yang menggugah selera.

Namun, ada beberapa destinasi kuliner di Kota Malang yang jarang diketahui oleh khalayak ramai tetapi menyimpan keunikan tersendiri, baik dari segi rasa meupun konsep yang dibawa. Khusus untuk pecinta kuliner di Malang, berikut ini adalah lima spot kuliner anti mainstream di kawasan Malang Raya.

2.jpg

1) Warung Pedas Tangkilsari

Warung yang mulai ramai diperbincangkan sejak tahun 2015 ini berlokasi di Jl. Raya Tangkilsari, No.37, Kertowinangun, Jatisari, Kecamatan Tajinan, Kabupaten Malang. Warung ini terletak di area yang sangat luas dan dapat menampung hingga ratusan orang. Dikenal dengan nama warung pedas, karena memang semua menu di warung ini mempunyai citarasa pedas.

Beragam menu seperti seafood, ayam, jeroan, dadar jagung, dengan cara masak yang bervariasi dijual dengan harga yang relatif terjangkau, yaitu berkisar antara Rp1.000 hingga Rp30.000 saja.

1.jpg

2) Pecel Tenan

Kuliner unik satu ini berlokasi di Dusun Jabon, Mangliawan, Kecamatan Pakis, Kabupaten Malang. Tepatnya berada di sekitar kawasan Wisata Air Wendit. Selain menu nasi pecelnya yang lezat, konsep yang diusung Pecel Tenan juga terbilang unik. Warung sederhana ini mengusung konsep Jawa yang sangat kental. Hal itu dibuktikan dengan ornamen bertuliskan aksara Jawa yang dipajang di setiap sudut warung.

Yang unik, pasangan suami isteri yang sekaligus merupakan pemilik warung juga berdandan dengan pakaian tradisional Jawa, sehingga menimbulkan kesan tradisional yang mendalam. Untuk menu nasi pecelnya hanya dibanderol dengan harga Rp8.500 saja. Sedangkan varian minuman seperti bir Jawa, teh sereh, dan kopi tenan, dijual dengan harga Rp3.500 saja.

3.jpg

3) Kopi Kauman

Spot kuliner selanjutnya adalah sebuah coffee shop yang berlokasi di Jl. Merdeka Barat, No.9, RW.3, Kauman, Kecamatan Klojen, Kota Malang. Yang unik, coffee shop ini berlokasi di sebuah gang sempit di tengah-tengah Kota Malang. Meskipun berlokasi di sebuah gang yang sempit, namun coffee shop ini tidak pernah sepi pengunjung. Banyak yang bilang jika lokasinya tersebut yang menjadi daya tarik dari coffee shop ini.

Beragam varian menu kopi maupun non kopi di kedai ini akan menemani hari pengunjung, sembari menikmati suasana sub-urban Kota Malang. Menu-menu seperti Red Velvet, Americano, Single Origin, dan juga Caffe Latte dibanderol dengan kisaran harga Rp15.000 saja.

4.jpg

4) Sego Banting Cak San

Yang satu ini adalah kuliner sederhana dengan citarasa yang sangat lezat. Sego Banting Cak San berlokasi di Jl. Terusan Ambarawa, Gg. 1, No. 8B, Sumbersari, Kec. Lowokwaru, Kota Malang. Kulinernya cukup sederhana yaitu berupa sego banting dengan lauk sederhana berupa mie dan juga sambel goreng tahu tempe.

Harganya pun sangat murah, karena hanya dibanderol dengan harga Rp3.000 saja per porsi. Bahkan kelezatan dan citarasa sederhana dari Sego Banting Cak San telah mengundang food vlogger sekelas Nex Carlos untuk turut mencicipi kelezatannya.

5.jpg

5) Es Ketan Hitam Tanimbar

Es Ketan Hitam Tanimbar bisa dikatakan sebagai warung es legendaris di Malang karena konon sudah eksis sejak tahun 1950-an silam. Seperti namanya, lokasinya berada di Jalan Tanimbar, tepat di depan SMK Negeri 4 Malang.

Alih-alih menggunakan es batu, minuman ini justru menggunakan air santan yang dibekukan. Kemudian diisi dengan ketan hitam, dawet berwarna merah, dan disiram sirup. Pelengkapnya disajikan pula selembar roti tawar dengan sirup merah diatasnya.

Itulah lima kuliner anti mainstream yang bisa ditemui di Malang Raya. Spot kuliner tersebut bisa dikunjungi bersama keluarga, ataupun saat berkunjung singkat di Malang Raya.


Read More

Artikel Lainnya

Penanjakan

Berita Kawasan

Sensasi 8 Derajat dan Sunrise yang (Nyaris) Tidak Terlihat di Penanjakan

21 September 2021, 21:09

Sejak dini hari, tempat ini sudah mulai dikunjungi masyarakat, beberapa bersama pasangan, keluarga, atau pun rekan-rekannya.

Desa Wisata Edelweis

Berita Kawasan

Desa Wisata Edelweis, Tempat Baru dengan Hamparan Bunga Abadi

21 September 2021, 20:08

Baru sekitar satu bulan disediakan café bagi pengunjung di tempat ini. Sebelumnya, tempat ini hanya berupa perkebunan saja.

Permudah Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Dilunc urkan.jpg

Kesehatan

Konsultasi Dokter Spesialis via Telemedicine, AlteaCare Resmi Diluncurkan

21 September 2021, 19:07

Dengan menggandeng RS Mitra Keluarga, AlteaCare permudah pasien, khususnya dengan penyakit kronis, berkonsultasi dengan dokter spesialis tanpa perlu keluar dari rumah.

Laque Outfit 3.jpg

Kecantikan dan Fashion

Model Baju Kekinian Ala Drama Korea? Cek di Laque Outfit

21 September 2021, 18:08

Sedang mencari aneka outfit ala Drama Korea? Cobalah untuk melihat-lihat di Laque Outfit, sebuah toko Butik di Bandung.


Comments


Please Login to leave a comment.