Stand Kecamatan Kembangan Kenalkan Produknya di Walkot Farm 4.0

Berita Kawasan

Stand Kecamatan Kembangan Kenalkan Produknya di Walkot Farm 4.0

Pada 13 Maret 2020, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Barat meresmikan Walkot Farm 4.0 yang berdiri di halaman kantor Wali Kota Jakarta Barat. Area hijau ini dilengkapi dengan fasilitas urban farming, area bermain anak, pusat informasi mengenai ikon Jakarta Barat, dan yang paling unik adalah stand setiap kecamatan yang ada di wilayah ini. Salah satunya adalah Kecamatan Kembangan yang stand-nya berhasil memenangkan juara pertama dalam penilaian kompetisi stand di Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat.

Lokasi stand dari Kecamatan Kembangan sendiri berada di area tengah Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat. Selain memiliki bangunan saung yang menyerupai rumah adat Betawi, stand ini juga memiliki kolam yang dilengkapi ikan-ikan serta area duduk di bagian sampingnya untuk para pengunjungnya.

Stand Kecamatan Kembangan Kenalkan Produknya di Walkot Farm 4.0

“Kita berkolaborasi semua potensi yang ada di Kembangan. Salah satunya adalah Saung Joglo di mana satu kelurahan kita ada namanya Joglo. Lalu ada petani bonsai juga makanya kita sebutnya Warung Bonsai. Jadi semua potensi-potensi yang ada, kearifan lokal yang ada di Kembangan, kita coba buat minaturnya di sini,” jelas Camat Kembangan Joko Mulyono kepada PingPoint.co.id pada sela-sela peresmian Walkot Farm 4.0 di Kantor Wali Kota Jakarta Barat, Jalan Kembangan Raya No.2, Kecamatan Kembangan, Jakarta Barat (13/3/2020).

[Baca Juga: Terbuka untuk Umum! Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat Diresmikan]

Menurut Joko, pihaknya membutuhkan waktu sekitar satu minggu untuk menciptakan konsep stand Kecamatan Kembangan di Walkot Farm 4.0 Jakarta Barat. Dengan waktu yang seadanya itu, kemudian pihak Kecamatan Kembangan pun bahu-membahu dalam waktu setengah bulan untuk merampungkannya. Usaha mereka pun berbuah manis dengan berhasil menyabet juara pertama dalam kompetisi stand Walkot Farm 4.0.

Isi dari stand ini disebut Joko sudah diatur sedemikian rupa agar membuat pengunjung yang datang ke sini mengetahui mengenai berbagai potensi yang ada di Kecamatan Kembangan. Dari mulai batiknya, petani kembang, hingga hasil olahan herbalnya.

[Baca Juga: Mengenal 5 Ciri Khas Rumah Tradisional Betawi]

“Pertama kita ada sentra batik Betawi namanya Rumah Batik Gobang, ada di sini contoh batik-batiknya yang sudah dibuat. Batik ini agak berbeda dengan konsep batik yang sudah pernah ada, jadi dia versi klasiknya. Jadi dengan warna-warna gelap yang dicampur dengan ornamen-ornamen Betawi, ini ada di kita di Srengseng,” sebut Camat Kembangan itu.

Kemudian di stand tersebut, Kecamatan Kembangan juga menghadirkan hasil petani bunga serta bonsai yang sudah eksis sejak lama di sana. Untuk hasil olahan yang siap konsumsi, di stand ini juga ada teh kelor dan kopi gobang. “Jadi kita tampilkan semua di sini supaya masyarakat juga tahu ada hal-hal seperti yang bisa dimunculkan,” pungkasnya.


Read More

Artikel Lainnya

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasiona l.jpg

Kecantikan dan Fashion

Jelang JFW 2023, Ini 8 Desainer yang Karyanya Tembus Panggung Internasional

07 October 2022, 14:07

Setidaknya ada delapan desainer yang rencananya hadir di JFW 2023 dengan karya yang sudah digunakan para selebriti internasional.

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 2 0.jpg

Bisnis

Resmi Dijual 7 Oktober 2022, Ini Harga Infinix Zero Ultra dan Zero 20

07 October 2022, 10:03

Pekan ini secara resmi Infinix Indonesia memboyong produk flagship-nya ke Indonesia dengan harga mulai dari Rp3 jutaan.

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya.jpg

Hobi dan Hiburan

Konser Justin Bieber Diundur Hingga Tahun 2023, Ini Cara Refund-nya

07 October 2022, 07:35

Pihak promotor akhirnya mengeluarkan pernyataan resmi bahwa konser Justin Bieber pada tahun ini akan diundur sampai tahun 2023 dengan penonton diperbolehkan untuk mengajukan refund.

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta.jpg

Pendidikan

Pelajar Ikut Beraksi di Perayaan HUT ke-266 Kota Yogyakarta

06 October 2022, 18:54

Dari mulai pelajar SMP hingga dalang cilik, generasi muda Jogja terlihat turun ke jalan untuk merayakan HUT ke-266 Kota Yogyakarta pada pekan ini.


Comments


Please Login to leave a comment.