Hasil Penelitian Bantah Teori Konspirasi COVID-19

Bisnis

Startup Ini Pantau Perkembangan COVID-19 dengan Alogaritma

Perusahaan modal ventura East Ventures kembali mengucurkan pendanaan awal atau seed funding untuk perusahaan startup. Perusahaan yang mendapatkan pendanaan ini adalah Bonza dengan fokus bisnisnya bergerak dalam bidang analisa big data. Menariknya, Bonza juga ternyata ikut membantu pemerintah dalam menelisik kasus COVID-19 di Indonesia dan menggunakan metode alogaritma matematika dalam menciptakan model untuk memantau penyebaran virus SARS-CoV-2 di Nusantara.

Perusahaan startup Bonza didirikan Elsa Chandra dan Philip Thomas ketika keduanya masih bekerja di Traveloka. Di mana keduanya mengetahui bagaimana pentingnya analisa model big data terhadap pengambilan keputusan di perusahaan mereka bekerja dulu. Dari sinilah keduanya memandang terdapat peluang untuk mendirikan startup yang dapat melayani kebutuhan perusahaan lain terkait big data.

[Baca Juga: Gandeng 2 Investor Danai Delman, Qlue Lirik Big Data]

“Kami percaya ada gap yang signifikan antara riset terdepan di dalam bidang machine learning dan AI dengan implementasinya di lapangan. Kami melihat Bonza sebagai jembatan untuk menutup gap tersebut. Misi kami adalah membantu perusahaan menerjemahkan data yang mereka punya dari berbagai sumber, baik terstruktur maupun tidak, mengintegrasikan data tersebut, kemudian menggunakan solusi artificial intelligence dan machine learning, untuk membantu mereka mengambil keputusan dalam skala yang optimal,” ujar Co-Founder Bonza Elsa Chandra, sebagaimana dikutip dari rilis yang diterima PingPoint.co.id (26/5/2020).

Selain fokus untuk memberikan layanan analisa big data-nya untuk perusahaan lain, Bonza juga saat ini berusaha membantu pemerintah terkait penanganan COVID-19. Hal ini dilakukan dengan mengadaptasi model Effective Production Number (Rt). Model ini disebut dapat digunakan dalam menunjukkan laju infeksi virus SARS-CoV-2 di berbagai provinsi Nusantara.

[Baca Juga: East Ventures Pimpin Pendanaan Seed Funding ke BukuWarung]

Dengan kecepatan serta tren yang bersifat variatif, pihak Bonza berharap model Rt dapat dijadikan salah satu acuan pemerintah dalam menerapkan strategi sekaligus mengevaluasi apakah kebijakan yang diterapkan hingga kini efektif. Mengingat model ini disebut sebagai parameter epidemiologi yang dapat digunakan dalam mengukur lajur pertumbuhan penularan virus dan dalam hal Rt Bonza adalah virus SARS-CoV-2.

Startup Ini Pantau Perkembangan COVID-19 dengan Alogaritma

Sebagai gambaran terkait model ini, Anda bisa merujuk ke gambar di atas dengan data yang diambil pada 25 Mei 2020. Mengambil contoh adalah grafik dari DKI Jakarta, Rt di Ibu Kota berada di tingkat 0,99 dengan tingkat kepercayaan 90 persen (lihat warna abu-abu di grafik) sehingga rentangnya berada di angka 0,64 dan 1,3. Contoh kedua adalah wilayah Jawa Timur dengan angka Rt berada di tingkat 1,32 dan tingkat kepercayaannya 90 persen sehingga rentangnya berada di antara 1,02 dan 1,57. Lantas apa makna angka-angka ini?

Berdasarkan model Rt itu bila angkanya >1 maka ini mengindikasikan rata-rata seseorang yang berstatus carrier virus menularkan COVID-19 ke lebih dari satu orang dan ini berarti lajunya masuk kategori tinggi. Jika Rt = 2 maka rata-rata seorang carrier menularkan ke dua orang pasien serta ini akan terus bertambah dengan dua orang itu menularkan ke empat orang lainnya dan hal tersebut akan terus berlanjut. Sehingga menurut model dari Bonza bila angka Rt di wilayah itu lebih dari 1 maka disinyalir kasus yang muncul dapat lebih banyak di sana.

Startup Ini Pantau Perkembangan COVID-19 dengan Alogaritma

Sedangkan bila angka Rt < 1 dalam model tersebut maka rata-rata seorang carrier menularkan virusnya terhadap kurang dari satu orang. Bila ini terjadi maka jumlah penularan pun terbilang minimum dan dengan seiring berjalannya waktu infeksi virusnya pun dapat terhenti. Sedangkan dalam model ini juga terdapat area berwarna abu-abu yang disebut menggambarkan kemungkinan/kepercayaan 90 persen bahwa estimasi angka Rt yang sesungguhnya berada dalam rentang tersebut. Bila jumlah tes COVID-19 meningkat maka kepercayaan terhadap estimasi pun semakin meningkat dan memicu sempitnya area abu-abu tersebut.

"Bonza juga telah bergerak dengan cepat, menggunakan keahliannya untuk mendukung upaya pemerintah dalam menahan laju penyebaran COVID-19, menggunakan algoritme matematika untuk menampilkan peta Rt seluruh provinsi Indonesia dan regional Asia Tenggara.," tambah Co-Founder dan Managing Partner East Ventures Willson Cuaca dari sumber yang sama.


Read More

Artikel Lainnya

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Vaksinasi, Pemkot Surabaya Siap Sweepin g.jpg

Kesehatan

Pastikan Anak Terlindung dari Campak via Imunisasi, Pemkot Surabaya Siap Sweeping

27 January 2023, 13:57

Banyaknya kasus campak di wilayah perbatasan Surabaya-Madura, mendorong Pemkot Surabaya untuk bergerak secara agresif demi memastikan anak-anak Kota Pahlawan sudah mendapatkan imunisasi campak.

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak.jpg

Kesehatan

Selama 2022 Ada Puluhan Suspek Campak, Dinkes Kota Yogyakarta Dorong Imunisasi Anak

27 January 2023, 10:55

Dinkes Kota Yogyakarta meminta agar orangtua melindungi buah hatinya dari ancaman penyakit campak dengan segera datang ke puskesmas untuk mendapatkan imunisasi.

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur In i.jpg

Bisnis

East Ventures Pimpin Pendanaan Awal untuk Startup Manufaktur Ini

26 January 2023, 15:30

Baru-baru ini perusahaan startup manufaktur Imajin disebut berhasil meraih suntikan pendanaan awal yang dipimpin East Ventures.

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus.jpg

Pendidikan

Ukur Kemampuan Bahasa Indonesia Mahasiswa, Dosen Unpad Hadirkan Tes Khusus

26 January 2023, 13:28

Tim dosen Unpad berhasil membuat inovasi tes khusus yang dapat menunjukan bagaimana kompetensi mahasiswa dalam berbahasa Indonesia.


Comments


Please Login to leave a comment.